Wardi pusing delapan keliling karena Suzuki Satria FU  -150 miliknya payah hidup. Dislah beberapa kali, tetap ogah hidup. Pas  dicek kondisi setelan karburator sesuai standar pabrik. Kondisi motor  pun sangat terawat. Laughing
Coba inget sekali lagi. “Kejadian kayak gitu setelah motor dicuci. Main siram aja. Air masuk ke tutup dan lubang busi,” kejadian tersebut nyata terjadi pada Wardi
Air masuk ke tutup dan busi lantaran jarak sasis dan kepala silinder  renggang. Air mudah masuk karena celah yang renggang dan posisi mesin  vertikal (gbr. 1). Air bisa masuk langsung ke silinder head. “Ini beda  sama Suzuki Raider 125. Rapat sama batang (sasis, red) tengah,”.
Tambahan lagi desain lubang busi di kepala silinder ada got. Plus celah antara kepala busi sama lubang. Air merembes dari situ. Air ngendap. Api busi enggak bisa besar waktu dislah. Makanya susah nyala.
 
Coba inget sekali lagi. “Kejadian kayak gitu setelah motor dicuci. Main siram aja. Air masuk ke tutup dan lubang busi,” kejadian tersebut nyata terjadi pada Wardi
Tambahan lagi desain lubang busi di kepala silinder ada got. Plus celah antara kepala busi sama lubang. Air merembes dari situ. Air ngendap. Api busi enggak bisa besar waktu dislah. Makanya susah nyala.
saran sih bisa aja per 8.000 km lubang busi satria FU  dicek dan dibersihkan. Tapi, antisipasi dini bisa kok dilakoni. Tutup  got lubang busi dengan isolasi (gbr. 2). Termasuk juga kepala busi (gbr.  3).
0 komentar:
Posting Komentar