Hindari Injak gas dan Rem Bersamaan
MOBIL bertransmisi otomatis memiliki perbedaan mendasar dengan mobil manual, mulai dari bentuk fisik persneling, pengoperasian, hingga karakter laju mobil.Pada mobil manual, terdapat tiga pedal pengendali di lantai mobil, yakni pedal gas, rem, dan kopling. Gas dan rem diinjak kaki kanan dan kopling dengan kaki kiri. Sedangkan pada mobil matik hanya dua pedal, yakni gas dan rem. Keberadaan dua pedal sering membuat orang salah menginjak rem dengan kaki kiri dan gas dengan kaki kanan.
Seharusnya kedua pedal itu tetap dioperasikan dengan kaki kanan. Mobil matik mengharuskan kaki kiri pengemudi nganggur sepanjang perjalanan. Menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan bisa merusak transmisi matik karena kopling dalam kondisi berputar, tetapi daya geraknya ditahan.
Alih-alih menunjukkan posisi gigi 1, 2, 3, 4, 5, dan R seperti pada mobil manual, tongkat transmisi matik menunjukkan posisi P (park/parkir), R (reverse/mundur), N (neutral/netral), dan D (drive/jalan ke depan) secara berurutan. Pada beberapa mobil, kombinasi ini ditambah posisi D1 atau S dan D2 atau L (mobil bergerak, tetapi ditahan pada gigi 1 atau 2, dibutuhkan saat tanjakan terjal, turunan tajam, atau melintasi kondisi jalan licin).
Biasakan men-start mesin mobil dengan persneling pada posisi P dibarengi menginjak rem (pada beberapa mobil, mesin tak bisa di-start bila posisi persneling tak di P dan rem tak diinjak). Selalu injak rem saat memindah persneling
sumber : medankita.com
kategori
- aksesoris mobil (2)
- aksesoris motor (5)
- Artikel (150)
- ban mobil (2)
- ban motor (3)
- BMW (23)
- byson (3)
- Chevrolet (18)
- download (14)
- ducati (2)
- Ferrari (6)
- fu (21)
- gambar mobil (2)
- gambar motor (7)
- Honda (46)
- Info seputar teknik otomotif sepeda motor (4)
- karburator (3)
- kawasaki ninja (5)
- knalpot (4)
- majalah otomotif (4)
- Mercedes-Benz (14)
- Mitsubishi (20)
- mobil (3)
- modifikasi mobil (2)
- modifikasi motor (2)
- motor (4)
- otomotif (4)
- penjualan sepeda motor (5)
- rizla (20)
- satria (23)
- satria f (25)
- satria fu (30)
- satria fu rizla (22)
- satria fu150 (23)
- sepeda motor (8)
- sepeda motor bekas (5)
- suzuki (27)
- suzuki axelo (5)
- suzuki satria f150 (22)
- suzuki skydrive (4)
- Tips (194)
- tips performance (21)
- Toyota (56)
- velg (2)
- yamaha vixion (6)
Tips Mengendarai Mobil Trasmisi Matic
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
tips oto bulan ini
-
►
2011
(145)
- Desember (20)
- November (21)
- Oktober (28)
- Agustus (2)
- Juli (11)
- Juni (1)
- Mei (4)
- April (1)
- Maret (3)
- Februari (3)
- Januari (51)
-
►
2009
(507)
- Desember (5)
- November (8)
- Oktober (17)
- September (20)
- Agustus (58)
- Juli (52)
- Juni (70)
- Mei (214)
- April (11)
- Maret (22)
- Februari (17)
- Januari (13)
-
Pagiii Broders,maw nulis sedikit ah,sekalian berbagi mengenai knalpot apa aja yang cocok bwad satria fu ,cuz gk sedikit jg yg nanyain ...
-
Suzuki punya varian matik pertama dengan meluncurkan Spin 125 pada Agustus 2006. Motor transmisi CVT itu dilauncing di pabrik perakit...
-
Sial..!” umpat Toni S, warga Ciledug, Tangerang yang juga pengguna Suzuki Satria FU keluaran 2006. Gimana enggak keki, lagi buru-bur...
-
Pasang Puli CVT Laher dan Penyesuaian Rollernya Pasang seperti layaknya puli standar Puli rumah roller yang diluncurkan Kawahara Racing a...
0 komentar:
Posting Komentar