Jerman Persiapkan Satu Juta Mobil Listrik

Sekalipun kondisi pasar otomotif dunia merosot akibat sengatan krisis ekonomi global, pemerintah tetap jalan dengan megaproyeknya, yakni pembuatan mobil bertenaga listrik dan hybrid. Kedua jenis kendaraan ini mulai diproduksi pada 2020 sebanyak 1 juta unit.

“Tujuannya, kami mencoba mengurangi ketergantungan pada fosil bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang,” komentar Menteri Lingkungan Jerman, Sigmar Gabriel, Rabu (26/11). Langkah untuk melakukan penelitian sebuah proyek nasional di bawah 10 tahun, lanjut menteri sangat relevan sekali.

Untuk proyek itu, sebuah perusahaan konsorsium telah menganggar dana sekitar Rp 5,7 triliun. Dari jumlah itu, sekitar Rp 1 triliun untuk penelitian baterei lithium sebagai sumber penggerak mobil. “Masalah ini akan segera dibahas dengan kabinet federal,” ujar Sigmar.

Pemerintah sangat mendukung dengan kendaraan bebas polusi ini, tak lain ingin mengurangi polusi. Dari total unit produksi, Jerman sendiri, perkiraan menteri membutuhkan sekitar 20% atau 200 ribu unit.

0 komentar:

4otomotif modifikasi