Mercedes Benz C-Class W204, Melintasi Jalan Sempit di Bali

JIMBARAN, 2 Februari 2008, pukul 11.00. Kelelahan karena menunggu pesawat terbang selama 14 jam di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Jumat (1/2), sehari sebelumnya, tak lagi tersisa. Suasana dan keindahan alam Bali membuat semangat untuk melakukan test drive Mercedes Benz C-Class W204 menggebu.

Di halaman depan The Intercontinental Resort, Jimbaran, 10 unit Mercedes Benz C200 Kompresor berjajar rapi. Para wartawan otomotif dari Jakarta segera menuju mobil sesuai urutan yang telah ditentukan. Rute yang akan ditempuh siang itu adalah dari The Intercontinental Resort, Jimbaran, menuju Maya Ubud Resort, Ubud, yang diperkirakan akan memakan waktu 1 jam 15 menit.

C-Class W204 memiliki dimensi, panjang 4,581 meter, lebar 2,020 meter, dan tinggi 1,447 meter. Dibandingkan dengan pendahulunya (C-Class W203), C-Class W204 lebih panjang 5,5 sentimeter (cm), lebih lebar 4,2 cm, dan lebih tinggi 2,1 cm. Jarak as roda depan dan belakang (wheelbase)-nya juga bertambah 4 cm. Meskipun demikian, berkat desainnya yang apik, dalam pandangan selintas C-Class baru terlihat ramping dibandingkan dari C-Class pendahulunya.

Tak sabar, mesin pun segera dihidupkan. Begitu pace car (kendaraan terdepan yang memimpin perjalanan) meluncur, secara berurutan ke-10 Mercedes Benz meninggalkan The Intercontinental Resort, Jimbaran.

Seakan tidak ingin membuang-buang waktu, pace car langsung dipacu dengan cepat. Langsung terasa bahwa performa C200 K W204 jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. C200 K W204 terasa lebih bertenaga dan lebih responsif. Melihat data yang ada memang C200 K W204 mengalami pertambahan tenaga maksimum dari 163 PK menjadi 184 PK pada 5.500 rpm. Torsi maksimumnya pun meningkat dari 240 Nm menjadi 250 Nm pada 2.800-5.000 rpm.

Yang paling asyik adalah pada saat C200 K W204 dipacu di ruas jalan yang sempit. Mobil terasa sangat gesit (agile) berkat agility control pada setir dan suspensi, yang dilengkapi selective damping system. Dan, wheelbase yang diperpanjang pun membuat C200 K W204 lebih stabil. Tanpa kesulitan iring-iringan C200 K W204 yang semuanya berwarna hitam itu melahap jalan sempit yang berliku.

Dengan pengaturan kickdown yang tepat, tenaga dan torsi mesin disalurkan ke roda belakang secara mulus. Jika ingin pengendaraan sport, tinggal mengaktifkan tiptronic (touchshift) dengan menggeser tangkai persneling ke kiri. Dengan demikian, pengendara dimungkinkan untuk menaikkan atau menurunkan gigi persneling secara manual.

Tanggal 2 Februari 2008 itu bertepatan dengan peringatan Kuningan di Bali sehingga beberapa ruas jalan menjadi sangat sempit karena banyaknya sepeda motor yang diparkir di tepi jalan di dekat pura. Akibatnya, perjalanan ke Maya Ubud Resort menjadi lebih lama daripada yang diperkirakan semula.

Dalam perjalanan kembali ke The Intercontinental Resort, Jimbaran, iringan-iringan memilih rute melalui jalan raya. Dengan demikian, kecepatan mobil pun bisa dipacu lebih tinggi. Tidak salah jika C-Class W204 disebutkan sebagai mobil yang bukan hanya nyaman bagi penumpang, tetapi juga mengasyikkan bagi pengendara (driver’s car).

Mercedes Benz Indonesia yakin bahwa C-Class W204 dapat diandalkan untuk bersaing dengan BMW Serie 3, Audi A4, dan Lexus IS. Dalam tahun 2007, C-Class mencetak prestasi yang membanggakan. C-Class mendominasi segmen mobil kompak premium dengan penjualan sebanyak 865 unit, atau 57 persen pangsa pasar. Di antara 865 unit C-Class yang terjual itu, 66 unit termasuk W204 yang mulai dipasarkan sejak bulan Juli 2007.

Masuki wilayah baru

Malam hari, para wartawan berkumpul dengan kalangan selebriti di KU DE TA, Seminyak, yang semuanya diminta menggunakan pakaian serba putih, untuk menghadiri pesta rahasia (C-Cret Party), yang diadakan di udara terbuka di tepi pantai. Ternyata, pada pesta itu dipajang C200 K W204 Avantgarde dengan warna putih mutiara. ”Dengan meluncurkan C-Class Avantgarde berwarna putih mutiara itu, Mercedes telah memasuki wilayah baru,” ujar Presiden Direktur Mercedes Benz Indonesia Rudi Borgenheimer. Di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar C-Class dipasarkan dengan warna silver atau hitam.

Warna putih yang merupakan warna tahun 2008 diharapkan dapat mengangkat penjualan C-Class W204 di kalangan muda, yang menjadi target utama. Dengan desain baru yang lebih sporty serta perbaikan performa mesin dan kegesitan, rasanya C-Class akan sulit ditandingi. Bersamaan dengan C200 K Classic, juga dipasarkan varian C200 K Avantgarde dan C230 V6 Elegance, Avantgarde, dan AMG. Kesemuanya diimpor secara completely knocked-down (CKD) dan dirakit di dalam negeri. C200 K Classic dijual dengan harga Rp 489 juta dan Avangarde Rp 564 juta, sementara C230 Elegance dijual dengan harga Rp 609 juta dan Avantgarde/AMG Rp 669 juta.

0 komentar:

4otomotif modifikasi