Tips sistem bahan bakar


 
Karburator

Karburator salah satu komponen yang paling penting kalau motor kita ingin enakdiajak jalan. Harus rajin-rajin membersihkan karburator.
Caranya:

1. Bersihkan filter udara/penampung debu.
Lepaskan filter udara yang terpasang pada mulut karburator, lepas busa filterlalu bersihkan dengan cairan pembersih, kemudian biarkan kering sendiri. Jangandibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi, karena dapatmenyebabkan rusaknya pori-pori busa filter tersebut.
2. Bersihkan karburator.
Buka karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katupcuk/choke, kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidakgampang dol. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yangberisi cairan pembersih, biar gampang paka aja cairannya bensin. Lepas mangkokkarburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet, dan yanglainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung,tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat, agar nanti saat pemasangan tidakbingung mencarinya.
Jika sudah terlepas semuanya maka bersihakan karburator dengan kuas, lalusemprot lubang-lubangnya dnegan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halusuntuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer, Jangan terlalu banyakmengamplasnya, karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer.Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer danpengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
3. Setel tinggi pelampung.
Sebelum dipasang komponen-komponen karburator, jangan lupa untuk mengaturtinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong/stigmat.
4. Rakit karburator.
Pasang kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator danfilter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kongdisilangsam motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan caramemutar searah jarum jam smpai mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuaidengan standar mesin atau kondisi mesin motor kita.
Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator.Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalurendah atau pelan, hal ini dapat menyebabkan oli tidak dapat naik karena tidakterpompa akibat rendahnya putaran mesin.

NB : Utk jangka waktu pembersihan karburator jangan terlalu sering dilakukankrn dpt mmbwat baut cpt aus klo sering dibongkar pasang.

0 komentar:

4otomotif modifikasi