Mobil Irit Bensin Daihatsu

Tokyo - Setelah pabrikan lain seperti Toyota, Mitsubishi, Suzuki, dan Honda kini giliran Daihatsu yang mengumumkan inovasi yang akan mereka tampilkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2009 ini.

Seperti dilansir 4wheelsnews, Jumat (8/10/2009), di pagelaran otomotif terbesar di Jepang yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober sampai 4 November itu Daihatsu rencananya akan memamerkan sebuah mobil hatchback mungil ramah lingkungan yang mereka beri nama e:S yang merupakan singkatan dari eco & smart.

Kenapa disebut ramah lingkungan? Karena meskipun masih menggendong mesin bakar konvensional, e:S teryata sanggup berjalan sejauh 100 km hanya dengan meminum 3,33 liter bensin. Jadi tingkat efisiensi mobil mungil ini mencapai 30 km/liter.

Ini tentu merupakan terobosan bagus bagi usaha penyelamatan lingkungan. Apalagi
hasil tersebut didapat tanpa tambahan motor listrik seperti halnya mobil hibrid yang saat ini masih berharga cukup mahal.

Terlebih meskipun ukuran tubuhnya sangat mungil dengan panjang wheelbase hanya
2.175 mm, mobil ini ternyata masih mampu menampung empat orang dewasa untuk
diajak berjalan-jalan.

Apalagi bobot mobil ini pun terbilang ringan yakni hanya sekitar 700 kg saja. Sayangnya, ditel dari mobil ini baik dari sisi spesifikasi mesin maupun fitur secara resmi belum diumumkan oleh Daihatsu.

Syubhan Akib - detikOto

0 komentar:

4otomotif modifikasi