Lexus RX350 Crossover Supermewah

Lexus Indonesia hari ini meluncurkan produk terbarunya, yaitu RX350, crossover mewah, 4 x 4, di Lexus Gallery, Jakarta. Harga yang ditawarkan untuk mobil ini Rp 1,1 miliar on the road di Jakarta.

Meski begitu, pada bulan mendatang, menurut Jodjana Jody, Division Head Sales Lexus, kemungkinan harganya akan naik. Pasalnya, nilai tukar yen yang makin membubung. Ia memperkirakan, nantinya harga crossover mewah ini bisa mencapai Rp 1,2 miliar.

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini sudah ada 50 unit RX350 yang diimpor langsung dari Jepang. “Sebanyak 30 unit sudah terjual dan siap dikirim,” ungkapnya. Dijelaskan pula, pesanan dari konsumen Indonesia sudah masuk sejak Desember tahun lalu.

Paling Cepat
Peluncuran RX350 dilakukan langsung oleh Johnny Darmawan, Indonesian Lexus Principal didampingi Shinji Fujii dan Chief Engineer Lexus RX Takayuki Katsuda yang langsung didatangkan dari Jepang. Meski Lexus didirikan di Indonesia pada November 2007, menurut Johnny Darmawan, kini posisinya sudah menjadi tiga besar pemasar mobil premium di Indonesia.

Juga dijelaskan, di kawasan Asia, Indonesia merupakan pasar Lexus yang paling cepat berkembang. Penjualannya sama dengan negara yang lebih dahulu memperkenalkan Lexus, seperti Thailand dan Brunei. Buktinya, selama 2008, Lexus berhasil membukukan penjualan 241 unit atau pasarnya meningkat 524 persen.

“Bila dulu kita tertinggal dari Thailand, sekarang penjualan kita lebih banyak,” jelas Johnny Darmawan. Karena itu, kini banyak distributor Lexus dari negara lain belajar pada Lexus Indonesia yang mengusung tema, “Small, Beautiful dan Exclusive”.

Kendati Lexus telah menuai sukses di Indonesia, Darmawan tidak mau menyebut target pasti penjualan produk yang baru saja diluncurkannya. “Kita tidak membuat target seperti menjual mobil lain. Kalau diharapkan, kita bisa menjual 100 unit pada tahun ini,” jelasnya.

Disukai Wanita
Konsep yang diusung All New Lexus RX350 adalah desain L-Finesse. Versi terbaru ini, dimensinya lebih besar dan menciptakan ruang yang lebih lega. “Ini sesuai dengan masukan yang kami terima dari konsumen dan wartawan,” jelas Johnny.

Tak kalah menarik, menurut Takayuki Katsuda, di Amerika Serikat, pemakai RX350 lebih banyak wanita. Menurutnya, hal itu karena RX350 memberikan keleluasaan yang cukup bagi pengemudi wanita. Namun, ketika dikemukakan, mobil ini disukai wanita karena mampu memberikan “rasa aman” yang lebih baik ketimbang sedan, Katsuda pun setuju.

Berbagai teknologi mutakhir disertakan pada RX350. Di antaranya active torque control yang berfungsi mengontrol distribusi torsi ke roda depan dan belakang sesuai dengan situasi pengendalian dan jalan. Dengan cara ini, kerugian torsi bisa ditekan sampai 30 persen, membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit dan pengendalian makin stabil.

Juga ada teknologi VDIM atau Vehicle Dynamics Integrated Management untuk mengantisipasi kehilangan pengendalian pada berbagai situasi. VDIM menggabungkan ABS (antilock braking system) dengan brake assist, vehicle stability control (VSC) dan traction control (Trac). Juga ada fitur hill-start assist control untuk mencegah kendaraan mundur saat melaju di tanjakan dengan memanfaatkan tekanan rem.

Lexus RX350 mengandalkan mesin 3,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 277 PS@ 6.200 rpm dan torsi maksimum 35,5 kgm @ 4.700 rpm. Dimensi lengkapnya: panjang 4.770 mm, lebar 1.885 mm, tinggi 1.690 mm, jarak sumbu roda 2,740 mm, ground clearance 180 mm dengan bobot kendaraan saat kosong 2.085 kg.

Lebih lengkap tentang fitur pada RX350 akan dibahas pada “Produk Baru”.

0 komentar:

4otomotif modifikasi