Bos Toyota akan diganti

TOKYO, SELASA — Merosotnya penjualan mobil di dunia akibat sengatan krisis ekonomi global tak hanya membuat Toyota Motor Corp (TMC) berancang-ancang mem-PHK sekitar 3.000 karyawan kontrak. Salah satu produsen mobil terbesar di Jepang ini juga berencana merestrukturisasi manajemennya di top levelnya.
TMC akan mempromosikan Akio Toyoda menjadi presiden TMC pada April 2009 menggantikan Katsuaki Watanabe. Calon pemimpin TMC itu sekarang ini menduduki posisi executive vice president dan masih keturunan keluarga pendiri. Demikian harian Jepang Asahi melaporkan, Selasa (23/12).

Laporan penggantian ini, yang tidak mengutip sumber, muncul sehari setelah TMC mengumumkan kerugian operasi tahunan yang pertama kali. Faktor lainnya, menurunnya penjualan yang sangat tajam dan menguatnya yen terhadap dollar AS yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah 70 tahunnya.
Juru bicara Toyota mengatakan belum ada yang diputuskan. Kalau Akio naik, Watanabe yang memimpin Toyota sejak Juni 2005 akan menjadi vice chairman. Akio sendiri merupakan cucu pendiri perusahaan, Kiichiro Toyoda, yang bertanggung jawab atas operasi perusahaan di luar negeri dan di Jepang.
Ini merupakan pertama kalinya dalam hampir 14 tahun bahwa anggota keluarga pendiri Toyoda yang akan menjabat sebagai presiden perusahaan. Akio dijadwalkan akan menghadiri konferensi pers pada Kamis di Tokyo dalam acara peluncuran bersama mobil dengan Daihatsu Motor Co.

sumber : antara

0 komentar:

4otomotif modifikasi