Teknologi Terkini Nissan Di Mal Kelapa Gading

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memamerkan teknologi terkininya di Mal kelapa Gading, Jakarta Utara, selama seminggu (Dari 20 – 25 Agustus 2008). Terbuka untuk umum ditampilkan berbagai pengembangan teknologi yang dilakukan Nissan terhadap kendaraan yang diproduksinya, baik yang dipasarkan sekarang maupun untuk yang akan datang. Nissan menyebut pameran ini dengan "Nissan Technology Square" (NTS).

Pameran diresmikan oleh Presdir NMI, Norio Ota (19 Agustus 2008). Untuk mendukung pameran ini, NMI menghadirkan dua ahli teknologi Nissan langsung dari Jepang, Hideyuki Sakamoto dan Takahiko Uchimura.

Menurut Nario Ota, NTS merupakan bagian dari aktivitas CSR (Corporate Social Responbility) Nissan secara global. "Indonesia merupakan negara kedua yang dipilih untuk menyelenggarakan pameran ini, setelah Taiwan pada Mei lalu," terang Hideyuki Sakamoto, Wakil Presdir Nissan Motor Co. Ltd. Penyelenggaraan pameran betujuan agar masyarakat Indonesia bisa memahami lebih dalam menggenai teknologi otomotif terkini, khususnya yang dikembangkan oleh Nissan.

Teknologi tersebut dipamerkan dalam bentuk alat peraga interaktif. Dengan ini pengunjung dapat melihat, mengoperasikan, merasakan langsung manfaat teknologi tersebut. Penjelesan tentang cara kerja dan aplikasi teknologi diperagakan melalui film dan grafik. Hasilnya, publik bisa melihat dan merasakan langsung manfaat teknologi tersebut.

Jenis teknologi yang dipamerkan tersebut, antara lain Zone Body, Nissan Green Program 2010, Safety Shield, Pre-crash Seatbelt, All mode 4x4-i, Arround View Monitor, Intelligent Key dan Scracth Shield. Juga ditampilkan PIVO2 dalam skala 1: 4 merupakan kendaraan konsep yang mengandalkan tenaga listrik. Kendaraan ini pertama kali ditampilkan di Tokyo Motor Show tahun lalu. Teknologi yang dibanggakan Nissan pada mobil konsep ini adalah motor listrik yang langsung dipasang pada keempat rodanya.

Teknologi yang dipamerkan:
1. Pre-crash Sealbelt. Sabuk pengaman yang langsung mengencang saat rem dioperasikan secara mendadak.
2. Arround View Monitor. Alat untuk membantu pengemudi untuk melihat kondisi di sekitarnya, terutama saat parkir.
3. Scratch Shield. Cat yang bisa kembali mulus – bila mengalami goresan kecil – dengan menyiramnya dengan air hangat.
4. Zone Body. Kombinasi bagian bodi yang kuat dan bisa remuk (untuk menyerap energi) untuk melindungi penumpang bila terjadi tabrakan.
5. Safety Shield. Teknologi pengaman yang mencegah pengemudi dari situasi berbahaya dan mengingatkannya untuk kembali ke kondisi aman.
6. Adaptive Front Lighting System. Lampu yang bisa mengubah arah sorotan sesuai dengan putaran setir.
7. All mode 4x4-i. Teknologi yang mampu mengontrol kerja sistem 4x4 sesuai dengan kondisi medan dan sudah digunakan Nissan pada X-Trail 4x4.
8. CVT (Continuously Variable Transmission). Teknologi digunakan Nissan pada mesin V-6, 3.500 cc.
9. Peraga konsep aerodinamika. Di sini bisa dilihat perbedaan mobil yang dirancang secara aerodinamis dengan yang tidak, saat meluncur dalam air.

0 komentar:

4otomotif modifikasi