Nissan Targetkan sebagai Kendaraan Nol Emisi pada 2012

Banyak perusahaan mobil di dunia sudah menciptakan mobil berteknologi hybrid. Nissan Motor Company (NMC) malah menargetkan pada tahun 2012 mereka tercatat sebagai kendaraan teratas dengan nol emisi gas buang. Tak tanggung-tanggung, produk yang diunggulkannya, Nissan GT, kita ketahui sebagai sedan sport bertenaga besar. Mereka menyebutnya Nissan Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Hal itu disampaikan prinsipal Nissan di Jepang, Kamis (7/8), saat mengumumkan detail kendaraan prototipe bertenaga listrik dan hybrid elektrik. Untuk mobil tenaga listrik dipilih berpenggerak roda depan dengan motor 80 kW yang sudah mengalami pengembangan.

Keistimewaan dari sistem listrik itu dirancang dengan baterai lithium-ion. Penempatannya bukan di kabin atau tempat khusus seperti kebanyakan produk pabrikan lain, Nissan meletakkannya di bawah lantai.

Rencananya, mobil bertenaga listrik itu akan diperkenalkan pada 2010 dan dipasarkan paling cepat 2012. Selain dengan gerak roda depan, Nissan juga akan menciptakan HEV dengan gerak roda belakang. Bahkan, sistem tenaga penggerak menggunakan motor listrik yang disambungkan ke transmisi dan mesin.

Jadi, prinsip kerjanya sama seperti yang sudah diciptakan oleh Toyota. Baterai digunakan sebagai tenaga untuk mengamankan bahan bakar normalnya (bensin). Mesin dan baterai digunakan sebagai akselerasi yang halus. Pengisian baterai terjadi saat dilakukan deselerasi atau pengereman yang keras.

Untuk memproduksi baterainya, Nissan bekerja sama dengan NEC dan Automotive Energy Supply Corporation (AESC). Kedua perusahaan itu bersatu membuat baterai yang tidak hanya memiliki daya tahan bagus, tapi juga aman dan harganya kompetitif dibanding dengan hybrid baterai yang terbuat dari material nikel.

0 komentar:

4otomotif modifikasi