FIAT-BMW Beraliansi

Augusta B Sirait

INILAH.COM, Jakarta - Dua produsen raksasa Eropa, yaitu Fiat dan BMW mengumumkan kerjasama mereka dalam pengembangan dan produksi mobil-mobil baru, komponen, dan mesin.

“Saat ini kami sedang menganalisa kemungkinan kerjasama dengan Fiat Group untuk joint use dalam hal komponen dan sistem pada kendaraan Mini dan Alfa Romeo,” ungkap Kepala Brand Development BMW Friedrich Eichiner.

Sermentara itu, bos Fiat Sergio Marchionne sebelumnya telah menyebutkan indikasi arah kerjasama pihaknya dengan BMW baru-baru ini kepada jurnalis di acara peluncuran Fiat Abarth 500 bahwa aliansi ini akan terealisasi dalam waktu dekat. “Proposal kerjasama dengan BMW adalah batu lompatan yang sangat signifikan dalam strategi kami beraliansi,” ujarnya.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa kedua perusahaan akan bekerjasama dalam rangka pengembangan proyek Fiat Grande Punto, generasi ketiga BMW Mini, dan Alfa Romeo Mito. Kerjasama ini kabarnya akan membantu kedua perusahaan dalam rangka memangkas ongkos produksi.

Fiat sebelumnya telah bekerja sama dengan PSA, Suzuki, Tata, Ford dan baru-baru ini dengan GM. Sementara itu BMW berkolaborasi dengan Peugeot-Citroen untuk memproduksi mesin. [O1]

sumber :INILAH.COM

0 komentar:

4otomotif modifikasi