Venza, Andalan Baru Toyota

Ajang Detroit Motor Show 2008 sungguh menjadi kesempatan bagi para produsen otomotif terkemuka di dunia untuk memamerkan kreasi-kreasi terbaiknya. Toyota yang ikut ambil bagian dalam perhelatan ini pun tak ketinggalan. Dengan seri crossover baru, Venza, pabrikan Jepang ini pun siap menembus lebih dalam ke pasar otomotif Amerika Serikat.

Venza dikembangkan dengan platform Camry, sebuah varian Toyota yang telah lebih dulu sukses dipasaran. Kenyamanan sedan, digabungkan dengan kepraktisan dan tujuan multiguna dari sebuah SUV. Venza memang diposisikan di antara Camry dan SUV Highlander. Model ini mempunyai ciri khas dengan grille chrome dan relief memanjang hingga ke buritan. Produk anyar ini disasarkan pada konsumen yang mendambakan fleksibilitas ruang, -khas SUV-, namun tetap irit bahan bakar, tanpa mengorbankan kenyamanan, seperti yang dimiliki sedan.

Menurut Bob Carter, Toyota Division Group Vice President dan General Manager Toyota AS, kendaraan 5 seaters ini mengusung mesin 2.7 liter, empat silinder atau 3.5 liter V6. Keduanya dipasangkan dengan transmisi matik 6-speed sequential. Versi V6 punya kemampuan towing hingga 3500 pounds, setara dengan kemampuan Nissan Murano ataupun Ford Edge, yang menjadi rival Venza di kelas ini.

Venza akan menggunakan sistem penggerak roda all-wheel drive dan front wheel drive. Untuk versi V6 menggunakan roda berukuran 20 inci, sedangkan versi 2.7 liter menggunakan roda ukuran 19 inci. Model ini hanya dipasarkan di kawasan Amerika Utara mulai akhir tahun ini, dengan target 70.000 unit per tahun.

0 komentar:

4otomotif modifikasi