Ferrari Uji Ethanol pada F430 Spider

Seiring dengan kampanye penyelamatan lingkungan yang tengah berdengung di seluruh penjuru dunia, produsen mobil Ferrari saat ini tengah bereksperimen untuk menggunakan ethanol pada mobil-mobil mereka. Diharapkan bahan bakan ramah lingkungan ini mampu menekan angka emisi dan meningkatkan penghematan konsumsi bahan bakar.

Senin (14/1), pihak Ferrari menyatakan sedang mengembangkan mesin untuk F430 Spider, agar dapat berjalan dengan E85, yakni bahan bakar ethanol berkadar 85 persen. Dengan bahan bakar ini, mesin menghasilkan emisi karbon dioksida yang lebih rendah 5 persen. Sementara, tenaga yang dihasilkan meningkat hingga 10 persen.

Namun, proyek ini sesungguhnya tidak membahas bagaimana konsumsi bahan bakar yang berjalan selama ini dapat diubah. Tujuan proyek ini bagi Ferrari adalah mencapai target untuk momotong kadar emisi dari mesin-mesinnya hingga 40 persen di tahun 2012.

Sementara, F430 Spider Biofuel pada North American International Auto Show yang berlangsung di Detroit, dipamerkan bersama dengan dua model lainnya, termasuk, 430 Scuderia, yang sudah dapat dipasarkan tahun ini pula.

0 komentar:

4otomotif modifikasi