Toyota All New Corolla Altis V A/T, Munculnya Era Kebangkitan Corolla

Sudah sewajarnya, liburan panjang akhir pekan lalu dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat-tempat hiburan di Jakarta. Tapi justru pada kesempatan itu tim kami mengisinya dengan menguji lineup terbaru Toyota, New Corolla Altis 1.8L V A/T berkelir Beige Metallic yang dibanderol dengan harga Rp. 309,5 juta on the road Jakarta.

Saat kunci kontak kami terima dari PT. Toyota Astra Motor (TAM), pertama yang kami lakukan adalah memupus bayang-bayang Camry dari generasi Corolla ke-10 ini. Pasalnya agar dalam pengujian nanti kami tidak mensejajarkannya dengan sedan yang memiliki tingkat lebih tinggi dari Altis. Lalu apakah benar kehadiran New Altis dengan berbagai fitur-fitur terkini menjadikannya satu level dengan sedan premium?

Sepintas aura kemewahan plus keunggulan detail-detail yang revolusioner, langsung terasa saat melihat sisi eksteriornya. Dan memang, aura New Camry beberapa kali muncul kala mencermatinya. Mengakomodir filosofi global design Vibrant Clarity, tampilan New Altis seolah mewakili sosoknya yang dinamis dan sporti. Bodi yang padat dengan lekukan garis berkarakter, mempertegas kesan orisinalitas dari sebuah sedan menengah. Secara keseluruhan dari detail desain ini All New Altis memiliki nilai cofficient of drag yang cukup baik dengan 0,295, dan angka ini sedikit lebih baik dari generasi pendahulunya.

Saat kami mengatur posisi duduk yang paling pas, sambil lalu BeritaATPM.com coba menyapu seluruh isi ruang kabin. Kesan stylish, dan elegan yang bertaburkan kemewahan plus mudah dalam pengoperasian panel-panelnya, memberikan sugesti bagi bahwa New Altis nyaman saat dikendarai. Sayangnya pengaturan kursi secara elektrik hanya terdapat pada jok driver. Meski begitu Toyota mengklaim sistem ini merupakan yang pertama di kelasnya. Tak ketinggalan untuk keselamatan pasif terinstal 5 sabuk pengaman dan juga dual SRS airbag untuk penumpang depan.

Setelah sabuk pengaman terpasang dan posisi spion diatur sesuai jarak pandangnya, mesin langsung kami hidupkan. Performa mesin 1ZZ-FE 4 silinder DOHC 16 valve VVTi berkapasitas 1.8 liter sedikit menyapa ruang kabin. Namun masih dalam batas wajar, terlebih setelah terdengar alunan musik dari audio system yang terdengar syahdu. Selepas dari kantor TAM, mobil segera diarahkan ke jalan bebas hambatan menuju Pondok Indah untuk menjajal akselerasinya.

Ternyata handling dan stabilitasnya saat berpindah jalur dan menyalip mobil di depan cukup baik pada kecepatan 80 - 100 km/jam. Meski begitu kami sedikit mengkoreksi sisi limbungnya, ketika dicermati besar kemungkinan muncul dari sistem suspensinya yang berkarakter medium soft.

Saat BeritaATPM.com mencoba performa, tampaknya akselerasi yang dihasilkan All New Altis tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Menurut data spesifikasi yang kami dapatkan, tipe mesin memang tidak ada perubahan namun keluaran tenaga sedikit lebih kecil. Dan tercatat untuk berakselerasi 0 hingga 100 km/jam, New Altis membutuhkan waktu 10,9 detik. Selain itu, saat memacu kecepatan maksimal, CBU Thailand ini dapat menyentuh 190 km/jam. Sebenarnya masih ada sedikit tenaga yang harusnya dapat dimaksimalkan, hanya mengingat kondisi jalan saat itu kami urung melakukannya. Keselamatan tentunya menjadi hal yang utama. Acungan jempol juga layak dilayangkan untuk grip ban Dunlop yang melekat mantap dengan aspal.

Kinerja pengereman juga tergolong bekerja dengan sempurna. Dengan dukungan ABS, EBD dan BA posisi dan kecepatan kendaraan dapat dikontrol dengan mudah baik saat jalan kering maupun basah.

Puas memacu performa, BeritaATPM.com keluar dari jalan tol dan selanjutnya melakukan pengujian di jalan-jalan umum. Di sini karakter suspensi medium soft sangat berguna dalam meredam guncangan, terlebih melewati jalan ibukota yang belakangan rusak. Selain itu, teraplikasinya sensor lima titik pada bagian depan dan belakangnya cukup memberikan kami jarak aman dengan kendaraan lain dan juga ketika melakukan parkir. Walau hal tersebut mengharuskan kami sedikit berdamai dengan bunyi yang terkadang sering terdengar.

Di akhir pengujian, BeritaATPM.com menyimpulkan, All New Altis layak dijadikan salah satu Best Buy di kelas mid sedan. Hal ini didasari dari basic produk dan kelengkapan fitur yang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Belum lagi resale value dan after sales service yang tentunya tak perlu diragukan lagi dari Toyota. Namun akhir kata, pilihan kembali berada di tangan Anda



Toyota All New Corolla Altis V A/T


Harga (OTR) Jakarta
Rp. 309,5 juta
Dimensi (P x L x T)
4.540 x 1.760 x 1.465 mm
Wheelbase
2.600 mm
Radius Putar
5,3 m
Tipe Mesin
1ZZ-FE 4 silinder sejajar, 16-katup DOHC, VVT-i
Kapasitas
1.794 cc
Tenaga Maks.
141 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maks.
188 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi Manual
Otomatis 4-percepatan
Kapasitas tangki
55 liter
Suspensi Depan
Mac Pherson Strut with coil spring & stabilizer
Suspensi Belakang
Torsion Beam with coil spring & stabilizer
Rem Depan
Cakram Berventilasi ABS+EBD
Rem Belakang
Cakram V A/T
Ukuran Ban
205 / 55 R16

0 komentar:

4otomotif modifikasi