Sepeda Motor Baru

Penjualan Sepeda Motor Meningkat
Pabrikan Bersaing Munculkan Model Baru


Sepeda motor tipe terbaru diperkirakan akan muncul pada pameran sepeda motor "The 2nd Jakarta Motorcycle Show" yang berlangsung 4-12 September mendatang di Jakarta. Pada pameran itu tampil berbagai merek paling beken asal Jepang yang mendominasi pasar yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki, juga beragam merek motor produksi RRC dan Taiwan.

Berdasarkan informasi para eksekutif pabrikan terkemuka asal Jepang kepada "otokir", diperoleh bocoran bahwa model baru atau "face lift" berbagai model/tipe yang sudah eksis akan dipajang pada kesempatan itu.

Dari 4 pabrikan terkemuka itu, Honda bisa disebut yang paling "pelit" untuk urusan meluncurkan model baru karena permintaan pasar untuk berbagai tipe yang diproduksi saat ini tetap tinggi. Dalam benak pikiran para ahli strategi pemasaran motor berlambang sayap ini, tidak perlu meluncurkan model baru. Alasannya, model lama pun sudah laku keras. Bahkan konsumen harus antre untuk mendapatkan model tertentu.

Contohnya untuk model sport Honda Tiger, sejak dipasarkan di Indonesia tepatnya 10 tahun lalu (1994), hingga kini nyaris tak pernah berubah kecuali hanya mengalami "face lift" (make up baru).

Untuk model bebek, juga tak ada perubahan drastis, kecuali pemunculan model baru Honda bebek Karisma 125 cc yang diluncurkan 2002. Itu pun diadopsi dari produk Thai Honda Motor, yaitu Honda "Wave". Hanya untuk konsumen Indonesia tetap ketinggalan karena motor jenis ini di Thailand sudah diluncurkan dengan sistem "injector" (pengganti karburator). Itu menjadikan "Wave" sebagai motor terkecil di dunia yang memakai sistem injection.

Menurut sebuah sumber, pada pameran motor di Jakarta itu, PT Astra-Honda akan memamerkan Honda Karisma yang memakai injector. Namun belum diketahui, apakah konsumen sudah bisa memesannya atau belum. Model lainnya Honda CBR 160R yang penampilannya mirip Honda RC211V (990 cc) di arena MotoGP, tapi kapasitasnya mini hanya 1/4-nya.

Sementara pesaing utama lainnya yaitu Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) akan meluncurkan model yang sudah ada tapi dengan varian lain seperti Yamaha Mio sport dan Nouvo sport. Model lainnya Scorpio dengan warna strip baru.

Menurut Mr. Ishiguro, salah satu petinggi dari R & D Yamaha yang bertugas di YMKI, Yamaha kini tengah berupaya meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia khususnya jenis bebek generasi baru seperti Nouvo dan Mio. Jenis motor bebek itu mempergunakan sistem trasmisi CVT (continues variable transmission) yang tadinya hanya dipakai pada jenis skutmatik (skuter otomatis).

Terbukti skutmatik yang rodanya kecil (seperti skuter) kurang di sukai konsumen Indonesia karena kondisi jalannya kurang baik.

Jenis Nouvo dan Mio kini amat laris penjualannya sementara skutmatik yang diproduksi Kymco penjualannya masih di bawah.

Untuk jenis sport Yamaha mengaku belum akan meluncurkan model baru dari jenis 4 tak. Pabrikan itu cukup puas dengan Scorpio-nya. "Kami konsentrasikan untuk sepeda motor bebek seperti Vega, Jupiter (4 tak) saja, sedangkan jenis 2-tak hanya F1Z ," ujar Ishiguro.

Kawasaki Motor Indonesia yang menduduki urutan ke-4 untuk pasar motor, menurut kabar akan meluncurkan model baru dengan merombak besar besaran pada penampilan model bebek Kaze-R yang telah beredar sejak 1995.

Penampilan baru Kaze-R diharapkan akan membuat konsumen motor lebih berminat membelinya, karena selain kapasitas mesinnya ditingkatkan dari 111 cc menjadi 125 cc juga ada berbagai fitur baru.

Bagi yang ingin harganya lebih ekonomis tersedia Kawasaki Blitz Joy juga dengan kapasitas mesin 125cc. Untuk jenis sport ada Ninja 150 (2 tak) dan motor jenis chopper yaitu Eliminator.

Untuk jenis build up akan hadir pula pabrikan dari Eropa seperti Ducati dengan model barunya 999R, Aprilia dengan RS 125 dan RS 250. Begitu pula Cagiva dengan V-Raptor 1000, Mito 125 dan Stella 125. Sedangkan Harley Davidson (AS) mungkin akan menampilkan Road King Classic, Electra Glide, dan V"ROD-A serta B. (ovi/bk) **

0 komentar:

4otomotif modifikasi