Membobok Knalpot Standar Motor

Membobok knalpot standar memang dapat menciptakan kinerja mesin yang maksimal namun di samping itu juga membobok knalpot dapat membuat pemakaian konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak,Nah dalam membobok knalpot standar sebaiknya di serahkan kepada ahlinya supaya kinerja mesin dapat meningkat dan tidak membuat komponen lain cepet rusak,Biasanya pembobokan knalpot mengikuti perubahan settingan seperti karburator yang berguna untuk menyesuaikan settingan mesin,Nah sebaiknya sebelum knalpot di bobok hendaknya sobat bikers memikirkan untung ruginya membobok knalpot supaya tidak menyesal nantinya,Ok Bro.
Read more >>

4Runner Termasuk Andalan Toyota untuk Pasar 2010

Bagi penyuka SUV Toyota built up seperti Prado, kini ada versi facelift yang baru di-launching sebelum Lebaran. Kemudian ada New Lexus yang diperkenalkan di Frankfurt Motor Show, Jerman, yang kini tengah berlangsung. Terakhir, Toyota 4Runner (baca: Four Runner) yang dipersiapkan untuk pasar 2010.

Tercatat sebagai generasi kelima sejak pertama dilempar ke pasaran pada 1984, mempunyai dimensi lebih lebar, lebih panjang, dan lebih tinggi dari model sebelumnya. Pengembangan bentuk menjadi lebih besar oleh Toyota agar kendaraan SUV ini bisa mengangkut teman-teman dan keluarga.

Rencananya 4Runner 2010 tersedia dalam tiga model, yakni berpenggerak dua roda (4 x 2, belakang), kemudian 4 x 4 part time, dan 4 x 4 full time dilengkapi locking center differential. Menariknya, kendaraan ini bisa mengangkut 7 penumpang karena terdapat bangku baris ketiga, meski bukan standar.

Dari ketiga model tersebut, untuk model 4 x 4 dibekali mesin 4.0L V6 bertenaga 270 dk dengan transmisi otomatis 5-speed ECT. Sedangkan yang 4 x 2 bermesin 2.7L 4 silinder, transmisi otomatis hanya 4-speed ECT dengan tenaga 157 dk.

Ketika pertama kali diluncurkan 1984, kemunculan 4Runner bisa dibilang sebagai revolusi. Saat itu mobil dilengkapi teknologi 4WD pada Toyota pick up. Khusus pada generasi kelima ini merupakan kelanjutan dari akarnya dan sampai generasi keempat telah terjual 1,5 juta unit. Toyota 4Runner merupakan kombinasi sosok yang besar dan bisa menjelajah ke mana saja dan di medan apa saja dengan sistem 4 x 4-nya.

"Sebagai warisan dari 1984, Toyota 4Runner baru dengan sasis pick up (mid-size truck) ini lebih mengutamakan kenyamanan, kemudahan, dan performa," ujar Bob Carter, Group Vice President and General Manager Toyota Division. Makanya, lanjut Bob, sosok generasi kelima ini lebih kekar dari Highlander dan kemampuan lebih dari FJ Cruiser. Bodi yang sekarang lebih kuat karena konstruksinya berada di atas rangka.
Read more >>

Produk Motor Keluaran Terbaru

Walaupun krisis global belum usai namun beberapa pabrikan sudah mulai mengenalkan varian varian terbaru tentang produk kendaraan roda dua,Produk kerluaran terbari ini memang memiliki desain yang sangat cantik dan tentunya harapan bagi pihak pabrikan adalah inovasi produk produk mereka di sukai oleh semua kalangan masyarakat,Salah satu pemicu industri otomotif khususnya Roda Dua adalah karena kendaraan roda dua tentunya lebih efisien dan juga pastinya lebih murah ketimbang kendaraan Roda Empat yang tentunya tidak semua orang mampu untuk membelinya,Nah bagi sobat Bikers pecinta Motor sebaiknya menunggu Launching Produk produk motor kerluaran terbaru.
Read more >>

Lamborghini Reventon Perpaduan F1 dan Pesawat Tempur

Lamborghini, merek mobil asal Italia, memperkenalkan supersportcar, Reventon Roadsters, di pesta akbar otomotif di Jerman (63th Frankfurt International Motor Show 2009). Katanya, sedan dengan eksterior yang terinspirasi dari pesawat tempur ini hanya diproduksi 20 unit di pabrik Sant'Agata Bolognese di Bologna, Italia. Wajar bila kehadirannya ekstra eksklusif, baik dari segi tenaga, maupun figur performanya.

Dari segi desainnya, supersportscar ini banyak terinspirasi dari bentuk pesawat tempur F15 milik NATO. Ini tampak dari rongga udara lebar di bagian depan dan belakang. Selain itu, supersportscar ini juga dilengkapi pintu model gunting, dan side skirt yang lebar. Selain itu, pilihan warna abu-abu yang dinamai Reventon Grey membuat kesan sangar di mobil ini makin terbentuk.

Dimensi mobil berlambang banteng ini memiliki panjang 4,7 meter, lebar 2,1 m, tinggi 1,1 m, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 2,7 m. Kedua penumpang, ketika duduk di dalam, sangat dekat dengan tanah. Namun, berkat penggunaan air suspension, bagian depan bisa ditinggikan 40 milimeter untuk menghindari rintangan.

Mobil ini dibuat menggunakan bahan kombinasi antara serat karbon dan besi baja ringan. Dengan begitu, Reventon memiliki tampilan rigid sekaligus bergaya. Bobot bersih 1.690 kilogram (kg) atau hanya 25 kg lebih berat dari model coupe yang sebelumnya ada di pasaran.

Lambo mengusung mesin berkapasitas 6.500 cc 48-valve V12 yang mampu menghantarkan tenaga masif sebesar 670 dk pada putaran mesin 8.000 rpm. Torsi maksimum mencapai 660 Nm (487 lb-ft) yang keluar pada 6.000 rpm.

Seluruh tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan ke sistem berpenggerak semua roda (all-wheel drive). Untuk menempuh 0-100km/jam, Lambo ini cuma perlu waktu 3,4 detik. Kecepatan maksimum dicapai pada 330 km/jam.

Interiornya merupakan perpaduan dari konsep pesawat tempur, F1, dan kenyamanan. Panel instrumen tak lagi mengusung 100 persen model analog yang klasik yang biasa digunakan pada mobil sport. Namun, tiga panel LCD sudah diaplikasikan di dasbor untuk meningkatkan kadar futuristiknya.

Satu unit Lamborghini Reventón Roadster akan dibanderol senilai 1,1 juta euro (atau sekitar Rp 15,9 miliar) di luar pajak, dan akan mulai dipasarkan tahun depan.
Read more >>

Kabel Cuk Plunger

Kabel Cuk plunger biasanya di gunakan pada motor jenis Dua Tak,Kabel cuk sendiri mempunyai dua jenis model yaitu model kupu kupu dan plunger,Kabel Cuk model plunger biasanya menggunakan kabel dan juga menggunakan tuas untuk menggerakkannya sehingga akan menutup lubang udara karburator secara otomatis,sebenarnya model cuk jenis plunger rada ribet dalam penggunaannya karena harus senantiasa di rawat supaya piston cuk tersebut dapat bekerja dengan baik atau judu sering di lumasi dengan oli supaya gerak naik turun atau menutup dan membukanya dapat berjalan dengan lancar,Oke bro bagi yang punya motor dengan model cuk seperti ini kudu sering membersihkan atau merawat kabel dan tuasnya biar awet.
Read more >>

Vision EfficientDynamics: Konsep Hibrida Sport Diesel BMW

Popularitas mobil hibrida tampaknya kian menarik. Hal tersebut tampak dari mobil sport konsep yang akan ditampilkan BMW pada Internationale Automobile Austellung (IAA) yang ke-63 atau Frankfurt Motor Show 2009, yang akan diselenggarakan pada 17-27 September ini.

Mobil konsep yang akan diperkenalkan BMW adalah sport 2 + 2 yang mengandalkan sistem penggerak hibrida. Dalam hal ini, sistem itu adalah mesin diesel dan motor listrik. Dijelaskan, mobil konsep terbaru produsen asal Muenchen ini merupakan visualisasi teknologi BMW ActiveHybrid plus, simbol mobil sport masa depan yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Kuat & Irit. Untuk memperoleh kinerja konsumsi bahan bakar yang irit dan emisi yang rendah, para ahli BMW mengadopsi teknologi atau konsep mobil kecil ke kelas premium. BMW menyebutnya VissionEfficientDynamics.

Konsepnya adalah mobil hibrida menggunakan mesin turbo diesel tiga silinder dan dua motor listrik. Dalam hal ini, BMW menggunakan hibrida seri. Hanya motor listrik yang dipasang pada setiap as roda depan belakang, yang menggerakkan mobil.

Dengan kedua as roda diengkol oleh mesin, BMW pun menyebut mobil ini berpenggerak semua roda atau all-wheel drive (AWD). Tenaga yang bisa dihasilkan oleh motor listriknya, 262 kW (356 PS) dan torsi maksimum 800 Nm.

Mobil ini mampu sprint dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 4,8 detik. Adapun kecepatan top yang bisa dicapai adalah 250 km/jam. Ini pun dibatasi secara elektronik. Sementara itu, konsumsi bahan bakar dari mobil berdimensi panjang 4.600 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.240 mm ini (dengan mode EU) adalah 3,76 liter/100 km atau 26,6 km/liter. Sementara itu, emisi CO2, 99 gram/km.

Plug-In. Untuk meningkatkan efisiensi atau biaya operasional yang murah, BMW merekayasa mobil ini sebagai hibrida plug-in. Sel baterai lithium polimer yang digunakannya bisa dicolokkan langsung ke stop kontak rumah di Eropa yang menggunakan listrik dengan standar tegangan 220 volt. Dengan tegangan tersebut dan arus pengisian 16 ampere, waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang baterai hanya 2,5 jam. Selanjutnya, bila menggunakan tegangan 380 volt, 32 ampere, pengisian aki hanya butuh waktu 44 menit. Cukup menarik!

Tak kalah menarik, kemampuan mobil menempuh jarak dengan tangki solar penuh (25 liter) plus baterai adalah 690 km. Untuk baterai saja, jarak yang dapat ditempuh 50 km. Mobil juga dilengkapi dengan brake energy regeneration (BER) atau yang banyak dikenal secara umum dengan KERS.

Lampu. Bagian ini menggunakan material teknologi ringan yang inovatif pada interior. Itu antara lain head-up display (HUD) tiga dimensi. Atap dan kaca pintu dibuat dari polikarbonat yang secara otomatis jadi lebih gelap bila kena sorot cahaya.

Untuk membuat penampilannya gaya, pintu mobil dibuka dengan gaya sayap burung camar (gullwing) yang membuka ke atas samping. Desain bodinya diadopsi dari Formula1 sehingga nilai aerodinamika, render-nya 0,22.

Teknologi inovatif lain yang dibanggakan BMW pada mobil ini adalah lampu dengan pencahayaan yang sangat terang. Di samping itu, lampu ini juga memberikan simbiosis penerangan yang unik di sekitarnya.

Tak kalah menarik, kombinasi desain lampu LED di depan dan belakang mobil, menurut BMW, akan menciptakan tren desain masa depan. Pasalnya, lampu tersebut terintegrasi atau menjadi kesatuan desain seluruh bodi mobil. Bahkan, lampu belakang juga berfungsi sebagai deflektor. Karena itulah, BMW berani mengatakan bahwa VissionEfficientDynamic hibridanya unik!

Read more >>

McLaren MP4-12C, "Supercar" dengan Teknologi Canggih

McLaren Automotive (MA) memperkenalkan mobil konsep supercar terbarunya MP4-12C, 9 September 2009. Setelah berbulan-bulan media mengintai pengujian sedan sport dengan bodi yang terbungkus, akhirnya dapat menyaksikan tampilan sesungguhnya.

Sebelumnya, MP4-12C ini dikenal dengan sebutan P11 sebagai penerus kesuksesan dari supercar McLaren sebelumnya, McLaren F1 SLR. Dipasarkan 2011 dan bersaing sama Porsche 911 Turbo dan Ferrari 458 Italia.

Ada beberapa teknologi F1 diadopsi, membuat MP4-12C unggul dari kompetitornya dalam hal inovasi. Seperti struktur bodi monosok dari bahan serat karbon dan brake steering system. Teknologi yang terakhir ini membantu pengemudi bisa mengeliminasi gejala understeer dan roda belakang spin dengan menekan pedal rem kedua. Sekaligus mengurangi kecepatan mobil.

Mesin dipasang berkapasitas 6.0L V8 twin-Turbo yang mempunyai tenaga 600 sampai 700 dk. Transmisi dilengkapi dengan 7 tingkat perrcepatan (7-speed) dan mampu menembus kecepatan tertinggi 320 km/jam.

Menariknya, di dalam mobil bisa menggunakan komputer karena dilengkapi wi-fi. Tak cuma itu, suspensi bisa menyesuaikan sendiri dengan kondisi jalan. Trus, buka pintunya model ke atas.

"Perusahaan tidak hanya membangun mobil. Utamanya, lebih kepada brand," jelas CEO MA Ron Dennis, mantan bos tim F1 McLaren. Dalam 6 tahun ke depan, lanjutnya, Anda bisa melihat 3 model MP4-12C. Kelahiran mobil ini tak lain untuk mengingatkan kesuksesan MP4-12C di arena ajang balap F1 pada 1997.

Bila Ferrari dalam satu tahun mampu memproduksi 6.000 unit, untuk MP4-12C ditargetkan 4.000 unit. Soal harga, diperkirakan sekitar Rp 2,4 miliar (246.000 dollar AS), paling tinggi dibanding kompetitornya Porsche 911 yang dipatok Rp 971,6 juta (98.000 dollar AS), dan akan segera di-launching. Harga itu masih kalah tinggi sama Ducati Veyron 1,7 juta dollar AS dan masih lebih murah dari pendahulunya McLaren SLR (455.500 dollar AS).
Read more >>

Land Cruiser Prado "Facelift" Makin Canggih!

Toyota Motor Corporation (TMC) kemarin meluncurkan Land Cruiser Prado hasil rancang ulang atau facelift. Bagian yang dirancang ulang adalah lampu depan dengan desain baru serta kabin yang lebih lega karena bertambahnya ruang antara jok depan dan deretan kedua. Di samping itu, struktur rangka dan bodi juga diperkokoh.

Yang tak kalah menarik adalah tambahan peranti canggih yang membuat pengemudi Prado makin nyaman dan mengasyikkan saat menyusuri berbagai kondisi jalan, mulai dari aspal mulus, sampai off-road.

Di Indonesia, Land Cruiser Prado tidak dipasarkan oleh Toyota Astra Motor. Kendati demikian, penggemar dan jumlah Prado yang berseliweran di jalanan Ibu Kota cukup banyak. Ini membuktikan bahwa SUV yang dulu dikenal sebagai "baby" Land Criuser ini cukup banyak penggemarnya.

Multi-terrain Monitor. Fitur teknologi khusus Prado adalah Kinetic Dynamic Suspension System (KDSS) yang membuat peredaman yang dihasilkan mobil sesuai dengan kondisi permukaan jalan. Versi terbaru, ada tambah berupa Multi-terrain Monitor.

Multi-terrain Monitor menayangkan gambar dari kamera yang ditempatkan di keempat sisi kendaraan. Dengan cara ini, pengemudi dapat melihat kondisi permukaan jalan pada 6 area di sekelilingnya, depan, belakang, samping depan, serta belakang kanan dan kiri.

Dengan menggunakan KDSS, stabilitas Prado makin mantap saat meluncur di jalan aspal maupun merayap di off-road. Untuk yang terakhir, Prado dilengkapi pula dengan crawl control. Hasilnya, kemampuan merayap Prado di berbagai medan off-road menjadi semakin mantap.

Interior. Kaca depan menggunakan material yang bisa meredam suara. Dengan cara tersebut, suara angin dari depan bisa dicegah masuk ke kabin. Hebatnya lagi, seluruh bodi disempal dengan bahan peredam suara sehingga kabin benar-benar tenang.

Usaha Toyota memberikan peredam suara yang hebat itu berhubungan dengan sistem audio canggih yang digunakan pada Prado. Toyota menyebutnya "Super-Live Sound System", dirancang berdasarkan tema pengembangan dotou, yaitu amplifier 465 watt dan 14 speaker yang ditempatkan secara optional di seluruh kabin.

Sistem mampu menghasilkan ruang akustik dengan nada bas impresif, suara tinggi yang jernih dan jauh lebih dalam dibandingkan dengan sistem tata suara Surround 5.1. Seperti audio mobil masa kini, bagian interior Prado juga dilengkapi dengan jack untuk iPod atau pemutar MP3.

Juga ada sistem Smart Entry dan Start yang digunakan untuk membuka dan mengunci pintu depan dan belakang hanya dengan memegang handel pintu. Fitur lainnya, sistem start dan stop mesin melalui tombol.

Mesin. Dua mesin yang ditawarkan Toyota pada Prado adalah 2,7 liter (2TR-FE) dan 4,0 liter (1GR-FEV6). Mesin yang disebutkan terakhir, 1GR-FE, menggunakan teknologi Variable Valve Timing-Intelligent (VVT-i) ganda.

Sistem mengontrol waktu kerja katup isap dan buang (buka dan tutup) secara otomatis sesuai dengan kondisi kerja (putaran dan beban). Tambahan lain, Toyota menggunakan pelatuk katup tipe roller. Dengan cara ini, Toyota mengklaim bahwa tenaga mesin bertambah sampai 20 kW (27PS) dan mengirit bahan bakar 0,4 km/liter.

Mesin 1GR-FE dipasangkan dengan transmisi 5 Super ECT sequential shfitmatic transmission. Transmisi ini memungkinkan pengemudi serasa melaju dengan transmisi manual. Di samping itu, mesin baru ini dapat menggunakan bensin reguler (92).

Penggerak. AWD atau “full-time-wheel drive system” (gardan tengah dilengkapi LSD Torsen) pada seluruh tipe. Sistem langsung menentukan distribusi tenaga ke roda depan dan belakang sesuai dengan kecepatan, kondisi permukaan jalan, akselerasi, membelok dan sebagainya.

Versi paling top, TZ-G dilengkapi dengan AVS (Adaptive Variable Suspension System) atau NAV/AI-AVS). Versi ini menggunakan sistem suspensi udara yang dikontrol secara elektronik. Namun hanya bekerja pada suspensi belakang.

Toyota juga memasang tombol "multi-terrain select" pada setir. Tujuannya untuk memudahkan pengemudi memilih mode, yaitu “MUD & SAND”, “LOOSE ROCK”, “MOGUL” dan “ROCK” dan mengontrol traksi buat mengoptimalkan tenaga dan rem untuk mendapatkan kinerja yang mantap di off-road.

Fitur Lain. Toyota memasang perlengkapan yang disebut Multi-terrain ABS. Dengan alat ini, kinerja rem pada berbagai kondisi jalan, misalnya jalanan berdebu, kerikil, dan pasir, tetap mantap.

Sistem lainnya adalah Downhill Assist Control (DAC) yang bertugas menjaga kecepatan kendaraan dan memastikan stabilitas ketika meluncur di turunan. Di samping itu, juga ada Hill-start Assist Control (HAC). Sistem bekerja dengan mengontrol minyak rem ketika pengemudi berpindah menginjak rem ke pedal gas. Tujuannya mencegah kendaraan mundur, terutama saat diparkir di permukaan jalan menanjak dan licin.

Di Jepang, Land Cruiser, 6 varian, ditawarkan dengan harga mulai dari 3.150.000 yen dan hingga paling mahal 4.750.000 yen. Mau konversi ke rupiah? Pada kondisi sekarang kalikan harga tadi dengan Rp 110.
Read more >>

Wuih, Fortwo Bermesin Listrik Tapi Ada Suara

Brabus, salah satu rumah modifikasi ternama asal Jerman yang di Indonesia cukup dikenal dengan aksesori dan body kit khusus sedan-sedan Mercedes. Kali ini, mereka coba memberi sentuhan pada si mungil Fortwo yang oleh Daimler sudah disulap dengan bertenaga listrik.

Brabus menamai kreasi mobil konsepnya Brabus Ultimate High Voltage dan pertama kali dipamerkan di Geneva Motor Show 2009. Mobil dua penumpang ini ditenagai baterai lithium dan sebuah motor listrik ciptaan Tesla Motors. Mampu melesat 9,8 detik ketika dicoba berakselerasi 0-100 km/jam. Salah satu kelebihan Fortwo, pengurangan bobot 'tubuh' kendaraan.

Umumnya kendaraan dengan teknologi listrik atau hybrid, tak mengeluarkan suara. Tidak demikian dengan Fortwo. Brabus menambahkan generator yang mampu menghasilkan efek suara seperti mobil keluaran Amerika bermesin V8, keren bukan.

Dari produk yang dipamerakan pada Geneva Motor Show, mobil kaum urban ini diberi sentuhan warna krem, lampu utama LED, fender yang lebih berisi, sideskirt tegas, dan velg berukuran 18 inch berkelir senada dengan body. Untuk interior, kenyamanan dihadirkan melalui bahan kulit di sekujur ruangan, dengan sentuhan warna kuning muda di monitor display yang menciptakan sensasi lembut nan elegan.

Dikutip dari situs resminya www.brabus.com, rumah produksi komponen otomotif ini menawarkan berbagai paket lain khusus untuk mobil listrik dari daimler ini. Setiap konsep ditawarkan dengan model yang berbeda seperti, Smart Brabus Taylor Made, Brabus Ultimate 112 R, Brabus Ultimate 112, Smart Fortwo Coupe, dan Smart Fortwo Cabrio.
Read more >>

Renault Twizy, Mobil Listrik Segesit Motor 125 cc

Mobil listrik makin fokus menjadi target produsen mobil untuk segera direalisasikan. Menurut mereka, mobil listrik adalah kendaraan masa depan ramah lingkungan alias tidak mengeluarkan emisi saat digunakan. Inilah yang tergambar pada Frankfurt Motor Show 2009 (IAA ke-63) yang berlangsung saat ini.

Renault – meski di Indonesia tak lagi memperkenalkan produk terbarunya - pada IAA ke-63 kali ini, seakan-akan tidak sabar, ingin segera memproduksi mobil listrik secara massal. Empat mobil konsep listrik ditampilkan dengan fitur dan kinerja yang sangat menarik. Yaitu Twizy, Zoe, Fluence dan Kangoo.

Menurut produsen asal Prancis itu, pada 2011 mereka sudah bisa memasarkan mobil listrik yang dibuat bersama aliansinya, Nissan dari Jepang. Hebat!

Salah satu dari keempat mobil listrik tersebut yang cukup menarik sebagai alat mobilitas dalam kota yang makin macet, susah parkir dan penuh polusi adalah Twizy.

Konsep mobil listrik Twizy dinilai Renault sebagai tanggapan inovatif menghadap tantangan kebutuhan mobilitas kota-kota. Mobil kecil ini juga dinilai Renault sebagai pengganti sepeda motor atau skuter yang kurang aman. Pasalnya, mobil ini sangat kompak, lincah dan praktis.

Ffitur khusus yang dinilai sangat hebat oleh Renault adalah rekayasa bodi. Dijelaskan, bodi direkayasa dengan konsep kepompong. Tujuannya untuk memberikan perlindungan “first class” untuk pengemudi dan penumpangnya.

Di samping itu, kendati menggunakan empat roda, pengemudi dan penumpang Twizy duduk berbaris seperti naik sepeda motor.

Sumber penggerak Twizy adalah motor listrik bertenaga 15kW dan torsi 70 Nm. Dengan konsep ini, selain mudah dikemudikan, k emampuan Twizy berakselersi pada lalu lintas padat dalam kota atau pun luar kota, sama dengan sepeda motor 125 cc.

Read more >>

Tips Motor Buat Mudik

Bagi para bikers yang ingin mudik dengan menggunakan sepeda motor sebaiknya kudu memahami Tip sederhana berikut ini,Tujuannya adalah semoga sobat bikers tidak mengalami kendala di perjalanan,Nah untuk Tips yang pertama mungkin sudah tidak asing lagi bagi sobat bikers,yaitu hendaknya sebelum berangkat mudik Motor kudu di servis dulu dan kalo perlu sekalian aja motor di TuneUp supaya kondisi motor tidak mengalami gangguan selama perjalanan,Tips yang kedua adalah Jangan terlalu banyak membawa barang di motor karena akan menyulitkan sobat bikers sendiri atau kalo perlu sediakan bagasi khusus untuk meletakkan semua barang barang sobat sehingga tidak mengganggu,Tips yang ketiga adalah kembalikan aksesoris seperti semula,misalnya bagi sobat yang memasang footstep underbone sangat di sarankan untuk mencopotnya kemudian memasang footstep standar sobat,Nah sobat bikers demikian Tips yang sederhana ini dan semoga bermanfaat untuk kita semua,Ok Bro.
Read more >>

Renault Zoe, Mobil yang Dapat Mengikuti Suasana Hati Pengemudi

Salah satu dari empat mobil listrik yang dipajang Renault di Frankfurt Motor Show saat ini, yang cukup menarik adalah Zoe. Pasalnya, konsep mobil ini desainnya berbeda dibandingkan dengan yang sudah ada.

Penampilannya mirip dengan cross-over masa kini. Uniknya, mobil ini tak punya kaca belakang. Untuk memantau suasana di belakang, digunakan dua kamera hemat energi yang berfungsi sebagai mata. Gambar selanjutnya ditayangkan pada spion dalam. “Dijamin tak ada blind spot,” jelas Renault dalam rilisnya.

Eksterior. Fitur eksterior Zoe, spoiler belakang nongol dan befungsi sebagai sayap ketika melaju di atas 90 km/jam. Tugasnya, meningkatkan efisiensi aerodinamika. Spoiler tersebut ditaburi dengan LED yang berfungsi sebagai lampu rem dan didesain menyatu dengan sirip-sirip hiu atap mobil.

Atap, difungsikan sebagai membran pelindung agar penumpang tetap segar dalamnya. Tepatnya mencegah panas atau suhu rendah merambat ke interior. Malah energi yang terbuang dari sistem penyegar udara dapat diambil lagi melalui sel photovoltaic sarang lebah.

Di depan dan belakang, Zoe dilengkapi dengan polyurethane gel untuk melindungi lampu berupa diode elektroluminesen hemat energi (electroluminescent diode) yang mengeluarkan cahaya biru.

Gel tersebut ternyata kulit kedua dari mobil. Tugasnya, melindungi komponen bodi yang mudah rusak bila kena benturan. Juga ada saluran udara pada kedua sisi mobil untuk mendinginkan baterai. Udara dilepas melalui dua kanal belakang dengan ukuran besar.

Tak kalah unik dan menarik adalah cara membuka pintu depan dan belakang. Pintu depan membuka dengan gerakan model gunting, sedangkan pintu belakang model kupu-kupu. Pintu belakang ini bila terbuka dapat digunakan memasukkan barang berukuran besar ke bagasi.

Interior. Desain dudukan kursi depan mobil ini tidak lazim alias unik. Bentuknya mirip mangkok dan tidak simetris. Tempat duduk belakang malah dicantolkan ke atap dan dapat dilipat mendatar.

Dashboard rapi dan bersih. Sebagian interior dilapisi dengan membran mirip mineral. Untuk mendapatkan informasi dan kontrol lainnya, digunakan layar sentuh TFT berukuran cukup lebar yang ditempatkan di dalam gelembung kaca.

Suasana Hati. Pusat informasi menayangkan berbagai informasi, antara lain data navigasi, indikator pengisian baterai dan jarak tempuh untuk energi baterai yang tersisa. Suasana interior dapat disesuaikan dengan selera.

Pencahayaan interior bisa sesuai dengan suasana hati (mood) dan dipilih secara otomatis melalui sensor yang mengubah warna cahaya sesuai dengan pakaian pengemudi.

Informasi dipresentasikan dengan sebuah avatar yang ditampilkan pada layar TFT. Avatar dapat menyesuaikan diri dengan selera pengemudi (pria, wanita, dan dapat diunduh dari internet) yang memberikan informasi kondisi lalu lintas dan rute. Juga dapat menunjukkan tempat pengisian baterai terdekat.

Juga ada kunci hands free yang dapat dipersonafikasi. Caranya dengan memasukkan chip sesuai pilihan pembeli, misalnya fitur kunci otomatis pintu dan mesin.

Bantu Konsentrasi. Sistem AC dilengkapi dengan fungsi hidrat, detox, dan wangian-wangian aktif. “Pokoknya, kendati pengemudi dan penumpang mobil ini telah melakukan perjalanan jauh, kesegaran mereka tetap terjaga. Bahkan, ibarat orang baru saja keluar dari spa,” jelas Renault tentang fitur terakhir. Hebat betul!

Hidrat berupa semprotan kabut dengan zat aktif khusus untuk me-rehidrat kulit. Aromanya menimbulkan sensasi yang menyenangkan.

Detox adalah sensor toksik yang memantau kualitas udara, menutup ventilasi bila diperlukan, menyaring zat berbahaya, dan membuat kulit jadi segar. Selanjutnya adalah aroma aktif yang bekerja secara elektrik. Alat ini mengembuskan aroma wangi sesuai dengan mood atau suasana hati pengemudi saat itu.

Menurut Renault, dengan cara ini bisa menciptakan suasana tenteram pengemudi dan meningkatkan konsentrasi mengemudi di malam hari. Ketiga fungsi tersebut dikembangkan bersama dengan Biotherm®, dari Divisi Produk Mewah L'Oréal.

Sumber Penggerak. Mobil ini menggunakan motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga 70 kW dan torsi 226 Nm. Penampilannya gagah karena menggunakan roda ban 21 inci. Dipastikan bisa dimuat empat penumpang dewasa dan nyaman untuk perjalanan luar kota.

Untuk pengisian baterai ada tiga opsi: standar, 4-8 jam; cepat, hanya dalam 20 menit; dan sistem Quickdrop hanya tiga menit. Hebat!

Dimensi
Panjang mm
4.100
Lebar mm
1.840
Tinggi
1.516

Jarak sumbu roda mm

2.065

Rek Depan & Belakang mm

1.626
Berat kg
1.400
Ban
185/55R-21

Kecepatan top

140 kpj

Sumber Penggerak

Tipe
Listrik
Transmisi
Inverter maju & mundur

Tenaga maks. (kW/PS)

70/95
Torsi maks. (Nm)
225
Baterai
Lithium Ion
Jarak tempuh
160 km
Read more >>

Rossi Akan Beralih Ke Balap Mobil

Rossi akan beralih ke balap mobil demikian kabar yang berkembang saat ini,namun benar tidaknya kabar tersebut kita tunggu saja kabar selanjutnya mengenai kepastian jadi tidaknya Rossi pindah ke balap mobil setelah kontraknya dengan yamaha berakhir tahun depan,Dan pastinya kalo rossi benar benar pindah ke balap mobil tentunya persaingan di MotoGp akan berkurang mengingat Rossi telah beberapa kali menjuarai balapan ini.
Read more >>

Figo, Mobil Kecil Ford untuk Pasar Asia Pasifik

Mobil murah rakyat India, Tata Nano, bakal mendapat saingan. Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford Motor Co (FMC), memperlihatkan produk mobil kecilnya (small car), Figo, di India. Mobil ini dibuat di pabriknya, di Chennai, India.

Chief Executive Officer Ford Alan Mulally menjelaskan, India akan menjadi basis produksi mobil kecil dengan menyuntikkan dana sekitar 500 juta dollar AS. Dengan demikian, kapasitas produksi di Negeri Sari itu meningkat menjadi 200.000 unit per tahunnya.

Pabrik ini akan diarahkan juga untuk memproduksi mesin bensin dan diesel bagi pasar lokal dan ekspor di kawasan Asia Pasifik dan Afrika.

"Produk terbaru kita, Ford Figo, menunjukkan seberapa serius kita di India. Produk ini sebagai wujud dari komitmen untuk melengkapi semua produk kami yang hebat di semua segmen. Kami sangat yakin, Figo akan menjadi produk yang diinginkan konsumen di India, dan bernilai tinggi,” papar Mulally seperti dikutip worldcarfans.com

Figo, yang menganut filosofi desain baru new kinetic language, diproduksi menggunakan platform generasi kelima Ford Fiesta keluaran tahun 2008. Hatchback ini membidik segmen B-car, yang pangsa pasarnya di India mencapai 70 persen dari total pasar.

Tampilan grill depan hingga garis di kedua sisi bodi mencerminkan kendaraan bergaya modern dan produk Ford sebelumnya, Mondeo dan Fiesta. Beberapa fitur dan teknologi yang sama juga akan disematkan ke dalam Figo untuk meningkatkan performa.
Read more >>

Honda Otocontest 2009

Honda Otocontest 2009 (HOC 2009) berlangsung Sabtu dan Minggu 12-13 September 2009 di areal Pantai Kuta, Bali. HOC 2009 berlangsung di sepuluh kota, termasuk salah satunya di Pulau Dewata. Selain di Kuta, Bali rangkaian kontes ini telah berlangsung di kota-kota lainnya seperti di Surabaya, Solo, Jember, Malang, Lampung, Bandung dan Banjarmasin.
Yang menarik dari kontes ini,jumlah peserta yang terdaftar mencapai 245 unit sepeda motor. Jumlah ini cukup fastastis, yang berarti memecahkan rekor jumlah peserta untuk kategori kontes modifikasi motor satu merk di tanah air. Selain peserta perorangan dan klub dari Bali,kontes kali ini juga diramaikan dengan kehadiran sejumlah peserta dari luar daerah seperti dari Pasuruan, Banyuwangi, Malang, Blitar, Surabaya, dan Balikpapan.

Peserta dikenakan biaya pendaftaran 50 ribu rupiah/ kelas yang diikuti, kecuali untuk kelas Pemula dan Pelajar mendapatkan keringanan biaya hanya 35 ribu rupiah/ kelas. Ada sebelas kelas yang diperlombakan, diantaranya Kelas Pemula, Pelajar, Bebek Modif, Sport Modif, Funky, Matic Custom, Matic Fashion, Airbrush dan Kelas Ekstrem. Erik Pasca Nugraha, Supervisor Promosi Honda Astra Motor Region Bali mengatakan dipilihnya lokasi Pantai Kuta guna menunjukkan ciri khas Bali sebagai daerah pariwisata.
Gelaran HOC 2009 juga semakin semarak dengan pergelaran Honda-tainment, berupa Gamezone, Parade Band, Modern Dance Competition, pemilihan Miss Honda, Fashion Show dan beragam Quiz berhadiah.
Selain tersedia hadiah berupa trophy dan sejumlah uang, juara pertama dari masing-masing kelas juga berhak maju ke babak Grand Final, yang rencananya berlangsung awal Oktober mendatang di Kota Surabaya. Hadiah utama pada babak Grand Final yakni satu unit sepeda motor Honda Revo.

Haasil-hasil HOCS BALI 2009 :

BEST NOMINEE
The Best Honda Blade : Blade - scrut.180 Alexis Custom - Banyuwangi
The Amazing Blink-blink : Vario - scrut.03 Sukarnoto - Bali
The Best Ceper Style : Supra - scrut.49 I Putu Tasta Yendra - Bali
The Classic Customizing : C.70 - scrut.218 Tewel Gaskin - Bali
The Best Mix And Match : Astrea Star - scrut 71 Agus Suriawan - Bali
The Best Cutting Stiker : Supra - scrut.34 Wayan Yoga Semadi Putra - Bali
The Rookie's Costless Modify : C.70 - scrut.106 Hendro - Bali
The Furtherest Moto : CS1 - scrut.165 Yoga Java Modified - Balikpapan
The Best Matic's Low Rider : Vario - scrut.64 I Made Sutama - Bali
The Best Club Performance : GPS Racing Bali
The Ultimate Street Performance : The 6PE Bali
The Amazing Dragbike Look : Supra - scrut 131 Vika Hanjani - Bali
The Amazing Roadracing Look : Revo - scrut 77 Ikhsan- Bali
The Best Racing Accessories : Grand - scrut.16 I Wayan Nora - Bali
The Sparkling IBE Custom : Vario - scrut.130 Bayu - Bali
The Engine Customizing : Supra - scrut.08 I Gn. Putra Darma - Bali
The Best Tracker Look : GL-Max - scrut.161 Rizal - Bali

KELAS CS1
1 CS1 PT. Dwitara Surabaya
2 CS1 Yoga - Java Modified Balikpapan
KELAS AIRBRUSH
1 Vario Rianto - Wijaya Motor Bali
2 Grand I Wayan Adi Bali
3 Vario Yudith Permana Bali
KELAS SUPRA X125
1 Supra Agus Umbara - GPS Bali
2 Supra Dian Sutrisna Bali
3 Supra Andy Bali
KELAS SPORT MODIFY
1 Tiger Taufik Bali
2 CB100 I Nyoman Gede Aditya Bali
3 S90 Rian Cahyadi - Aboben Bali
KELAS MATIC FASHION
1 Vario Daniel Febrianto Bali
2 Vario I Gede Astawa - GPS Bali
3 Vario Anang Nugroho Solo
KELAS PELAJAR
1 C70 IGA. Agung Anggreni Bali
2 Beat I Made Septiadi Bali
3 Supra IGN Weda Adi Niscaputra Bali
KELAS EXTREME
1 Tiger Siswanto Semarang
2 C70 Andika Tagasi Blitar
3 Supra Agus Umbara Bali
KELAS MATIC CUSTOM
1 Beat Kadek Deny Bali
2 Beat Aries Putra Nganjuk
3 Vario Taufik Bali
KELAS PEMULA
1 Kirana Siswanto Semarang
2 Karisma PT.Dwitara Surabaya
3 Vario Dian Sutrisna Bali
KELAS FUNKY
1 Tiger Decky MBS Surabaya
2 Karisma Jimmy Gunawan Bali
3 Megapro Japet Pasuruan
KELAS BEBEK MODIF
1 Supra Nanda Tagasi Blitar
2 Blade Hidayat Sutanto Banyuwangi
3 Grand I Nengah Budiana Bali




ny : eka_dot


Read more >>

Tata Nano Diserbu Orang Kaya India

Tata Nano, mobil kecil seharga 2.500 dollar AS atau sekitar Rp 25 juta tak habis-habisnya membuat kejutan di India. Kejutan terakhir, mobil yang semula ditargetkan oleh Ratan Tata sebagai pengganti sepeda motor bagi masyarakat kelas bawah ternyata malah diserbu kaum elite atau orang kaya di negara dengan jumlah penduduk terbanyak nomor dua di dunia itu.

Akibatnya, karena orang kaya berani bayar mahal, harga second Nano naik sampai 30 persen dari harga barunya. Hal tersebut dilaporkan oleh situs otomotif Drive, Australia, kemarin. Fenomena ini menyebabkan “mobil rakyat” India tersebut akan sulit menjaga status sebagai mobil murah.

Dilaporkan, orang kaya India berani membayar di atas harga pasaran untuk mendapatkan Nano. Pasalnya, mobil yang juga dijuluki Econobox ini telah menciptakan tren dan simbol status.

“Orang kaya India menginginkan Nano untuk menunjukkan kesombongan. Penyebabnya, Nano masih baru di pasar India,” ungkap Arif Fazulbhoy kepada Drive. Varian Nano yang permintaannya sangat tinggi adalah tipe XL. Varian ini dilengkapi AC dan central lock.

Di lain hal, Tata Motors baru dapat mendistribusikan 100.000 unit Nano sampai akhir tahun depan (2010). Sementara itu, jumlah pembeli pada daftar tunggu mencapai 200.000 orang.

Untuk ini, Tata Motors melakukan undian untuk memilih 100.000 pembeli pertama Nano. Karena jumlah daftar tunggu pembeli yang masih tinggi itu pula, diperkirakan permainan mark-up harga terus berlanjut tahun depan.
Read more >>

Hasil MotoGp San Marino

Hasil MotoGp Seri San Marino mengukuhkan Valentinno Rossi di tempat pertama atau podium pertama,Tentu saja hasil ini sangat menggembirakan bagi Rossi sendiri karena hasil ini semakin membuat jarak perolehan angka dengan saingan rekan setimnya Jorge Lorenzo yang harus puas di posisi kedua dan dengan demikian hasil balapan kali ini cukup puas bagi Valentinno Rossi sendiri.
Read more >>

Audi e-tron, Mobil Sport Listrik Murni

Audi, produsen Jerman yang lagi naik daun di tengah krisis keuangan dunia, pada IAA ke-63, yang dibuka buat wartawan, kemarin, menghadirkan mobil konsep yang dijadikan proyek mercusuar masa depan, yaitu e-tron.

Hebatnya, e-tron adalah mobil sport performa tinggi yang benar-benar mengandalkan listrik sebagai sumber penggeraknya. Menurut Audi, mobil dua pintu ini menggunakan empat motor listrik, masing-masing dua pada setiap as roda depan dan belakang. Dengan konsep ini, Audi menyebut mobil konsep dengan dua tempat duduk ini sebagai "quattro" murni.

Tenaga yang dihasilkan dari motor 230 kW(313PS) dan 4.500 Nm saat sprint 0-100 km/jam menghasilkan catatan waktu 4,8 detik. Pada akselerasi pertengahan, 60-120 km/jam, e-tron hanya butuh 4,1 detik. Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion, dengan kandungan energi 42,4kWh, dan bisa dipakai menempuh jarak 248 km. Ternyata, teknologi mobil listrik berkembang dengan cepat.
Read more >>

BMW 520i Berbaju Buatan Amerika

Anda pasti mengira BMW 520i ini produksi 2008 atau 2009. Justru pada "akta kelahiran" (STNK), tercatat tahun produksi 2004. Tampilan bisa elegan lantaran Ab-Ab, si pemilik, menjejalkan body kit buatan luar di bagian tertentu di eksterior.

Karena asal mobil tersebut dari Jerman, body kit pun tentu dari sana juga. Sebut saja Hamman atau AC Schnitzer. Tentu modifikator di Tanah Air sudah begitu akrab dengan nama-nama itu.

Namun, Ab-Ab justru menyematkan produk dari brand yang masih asing di telinga kita, seperti Lumma Design, Radenergie, dan Kelleners. Brand-brand tersebut dari Amerika, dan sangat populer di negerinya. Produk dari negeri Paman Sam ini dipilih karena mampu membius pola pikir Ab-Ab, selain karena dia juga pernah bermukim 3,5 tahun di sana.

"Selain belum ada yang pakai, body kit Lumma modelnya kelihatan gahar, tapi soft. Medium kalau dibanding sama Hamman atau AC Schnitzer," ujar Ab-Ab. Meski begitu, dia bisa dibilang sebagai pionir dan pembuka pola pikir terhadap brand-brand yang kurang populer.

Body kit Lumma Design yang jadi pilihan Ab-Ab mengikuti bentuk varian modifikasi M5 bernama CLR500RS. Dibangun untuk mengimbuhkan kemampuan mesin, tampilan, dan kekuatan sasis, pemasangan dilakukan via perangkat modifikasi keluaran Lumma.

Ciri kental CLR500RS adalah bodi yang lebar pada fender, sekaligus sanggup menopang velg 21 x (10 + 11,5) inci. Otomatis, hal ini berimbuh pada penampilan bumper depan dan belakang yang juga lebar. Karena Ab-Ab tak suka wide body, maka hanya perlu sidikit proses pengepasan pada body kit. "Gue mau yang simpel aja. Terlalu racing kelihatannya nanti, kalau di-wide body," tegasnya.

Untuk mendapatkan itu, cetakan body kit asli dari Lumma Design dirombak dengan memotong sisi-sisi yang menekuk ke fender. Lantas, bentuknya tinggal disesuaikan dengan versi non-wide body, seperti terpasang pada BMW 520i ini.

Selain Lumma, coba lirik velgnya. Perangkat itu juga asal Amrik, berlabel Radernegie. Tampilannya menawan, dengan bibir krom di sekelilingnya, sesuai aura seri 5 yang terkesan klasik dan modern. Namun, Ab-Ab harus me-roll sepatbor karena menggunakan velg 20 inci dengan lebar 9 + 10 inci.

Lalu, produk Kelleners tersemat di mana? Silakan lirik ke ujung knalpot yang sudah menjadi dua pasang.
Read more >>

L1, Hibrida Diesel dan Motor Listrik dari VW

Selama ini, mobil hibrida umumnya menggunakan kombinasi motor listrik dan mesin bensin. Namun, Volkswagen dari Jerman tampil beda dengan menawarkan hibrida yang dikawinkan dengan mesin diesel dan motor listrik. Hasilnya, so pasti konsumsi bahan bakar makin irit!

Hebatnya lagi, mesin diesel yang digunakan hanya berkapasitas 800 cc. Teknologi yang diusung adalah turbocharger diesel direct injection (TDI). Kalau sudah begini, harapan yang diinginkan Volkswagen adalah konsumsi bahan bakar superirit dipastikan bisa dicapai. Menurut VW, untuk jarak 100 km, L1 hanya membutuhkan 1,38 liter solar alias 72,5 km/liter.

Wuah ueenak sekali, kantong tak akan jebol kendati jalanan makin macet! Tak kalah menarik, pencemaran atau C02 yang dikeluarkan sangat rendah, hanya 36 g/km.

Semua performa itu diperoleh berkat teknologi yang digunakan, antara lain bodi yang beratnya cuma 124 kg. Itu bisa diperoleh karena dibuat dari plastik yang diperkuat dengan serat karbon atau carbon fibre reinforced plastic (CFRP). Dengan ini pula, berat total L1 hanya 380 kg.

Aspek lain yang mendukung kinerja tersebut adalah hambatan angin atau Cd yang rendah, hanya 0,195! VW mengklaim, mobil ini cocok digunakan sebagai kendaraan sehari-hari dan akan menjadi mobil teririt di dunia. Untuk memindahkan tenaga mesin ke roda, digunakan transmisi 7 kecepatan DSG yang dipasang di roda belakang.

Keunikan lain dari mobil ini adalah proporsinya. Panjang L1 3.813 mm sama dengan VW Fox, tinggi 1.143 mm, mendekati optimalisasi aerodinamika Lamborghini Murciélago. Lebarnya hanya 1.200 mm, pas sebagai kendaraan praktis di daerah urban yang makin macet.

Pada kondisi standar, “ECO Mode”, mesin TDI L1 mampu menghasilkan tenaga 20kW atau 27 PS @4.000 rpm. Selanjutnya, pada “Sport Mode”, untuk mencapai kecepatan tertinggi, tenaga mesin naik menjadi 29 kW (39 PS) @4.000 rpm. Torsi maksimumnya cukup besar, yaitu 100 Nm @1.900 rpm.

Fitur lainnya adalah sistem Stop-Start. Mesin akan mati dengan sendiri bila mobil berhenti dan akan hidup kembali jika pedal gas ditekan. Dengan kinerja seperti itu, VW berencana segera memproduksinya. Sayang, waktunya belum dipastikan!
Read more >>

4otomotif modifikasi