MotoGP Jepang

Rossi Menang, Rossi Juara Dunia

Motegi - Nasib buruk tidak mendatangi Valentino Rossi di Motegi. Sebaliknya, ia menorehkan hasil maksimal dan memenangi MotoGP Jepang, sekaligus memastikan merengkuh kembali titel juara dunia.
Pada balapan yang berlangsung hari Minggu (28/9/2008) siang WIB, Rossi berhasil finish di urutan pertama, mengalahkan rival utamanya yang juga juara musim lalu, Casey Stoner.
Dengan 312 poin yang telah dikumpulkannya, pembalap tim Fiat Yamaha itu sudah tak mungkin dikejar lagi oleh Stoner (220). Kalaupun Stoner memenangi tiga seri terakhir dan Rossi tak memperoleh tambahan angka lagi, tetap saja "The Doctor" yang tampil sebagai juara di akhir musim.

Ini berarti pula Rossi menambah koleksi gelarnya menjadi enam di kelas tertinggi Grand Prix. Ditambahkan satu titel di kelas 125cc dan 250cc, berarti ia total mengantongi delapan titel juara dunia.
Tahun lalu ia hanya menempati urutan ketiga di bawah Stoner dan Dani Pedrosa, sedangkan di tahun 2006 ia jadi runner up Nicky Hayden. ( a2s / a2s )

Read more >>

Senjata Baru Toyota, New Avanza dan Corolla Altis 2.0

Dengan telah diluncurkannya Daihatsu Xenia facelift, seharusnya juga diikuti saudara kembarnya, Toyota Avanza. Sumber dari PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan kalau mini MPV mereka baru akan diperkenalkan menjelang akhir Oktober. Pasalnya, kata sang sumber produksinya baru dimulai di atas 10 Oktober nanti.

Dari beberapa varian, Avanza 1.5 tipe S - bertransmisi manual dan otomatis - paling mewah. Perubahan tak hanya pada eksterior, baik bagian depan maupun belakang. Si sumber membocorkan kalau interior sedikit lebih mewah ketimbang pendahulunya.

Selain Avanza, PT TAM masih punya senjata untuk ditembakkan sampai akhir tahun ini. Otomtif.kompas.com sempat mencari tahu kebenaran informasi yang menyebutkan kalau TAM akan melansir Corolla yang telah bertranformasi, yakni Corolla Altis 2.0L.

Lagi-lagi, sumber dari TAM tidak mengiyakan. Namun ketika dibisikkan kalau TAM mau masukkan Altis 2.0L langsung dijawabnya, "Paling lambat akhir Desember atau bisa juga awal Desember ini," ujar sang nara sumber. Kalaupun Altis tak jadi tahun ini, kemungkinan lain Toyota Hilux D-Cab yang sudah otomotif.kompas.com informasikan Agustus lalu.

Read more >>

Ford Perkenalkan Escape Baru Yang Lebih Gagah

Menutup 2008 ini, PT Ford Motor Indonesia (FMI) akan memperkenalkan produk terbarunya, New Ford Escape. Ini sesuai dengan komitmen dari agen tunggal pemegang merek (ATPM) Ford di Indonesia itu. “Setiap tahun, kami ingin selalu menampilkan prroduk-produk yang fresh. Melalui New Ford Escape inilah kami membuktikannya,” jelas Marketing Director PT FMI, Davy Tuilan pada acara “Media Test & Ride” di Sukabumi, 17-18 September 2008.

Dibanding dengan model pendahulunya justru Escape baru lebih berkarakter dan gagah. Seperti dikatakan kepala perancang Escape, Paul Gibson, “Walau lekukan tajam pada kendaraan dikurangi, Escape tetap melukiskan kekuatan khas SUV sejati dengan desain yang lebih kontemporer dan terasa lebih urban.”

Memang, dari pengamatan Kompas.com, secara bentuk Escape baru hampir tak beda dengan model terdahulunya. Namun daru segi tampilan, hampir seluruh sektor di eksterior telah mendapat penyempurnaan. Dan perubahan ini terinspirasi oleh Ford Escape Expression yang pertama kali ditampilkan pada Tokyo Motor Show tahun lalu.

Seperti bagian depan, bentuk kap mesin baru. Tarikan garisnya menyatu dengan ujung gril yang menggunakan logo Ford yang bentuk ovalnya lebih besar. Lampu utama lebih aerodinamis dipadu dengan desain baru bumper, terutama pada desain rongga udara yang lebih besar.

Pada bagian bawah rongga udara dikasih skide plate untuk meredam benturan pada bumper depan. Desain rumah lampu kabut berbentuk trapisum terbalik justru jadi simetris dengan rongga mulut udarta. Dipadu dengan fender yang lebih gemuk dari pendahulunya dan dikasih aliran udara (air vent) di bawah kaca spion, inilah yang sangat membedakan dengan model lamanya.

Sama seperti depan, belakang pun tak luput dari sentuhan. Desain lampu utamanya lebih ramping dan melintang ke dalam dengan LED sebagai stándar. Bumper dikasih skid plate dan dilengkapi sensor parkir.

Tampilan kian manis dengan dipindahkannya antena ke bagian atas belakang dan dikasih spoiler – ini khusus untuk versi Limited. Yang dipaparkan spesifikasi di atas dari versi termewahnya, sementara FMI mengekluarkan dua varian lagi, yakni XLS (terendah) dan XLT (menengah). Jadi ada beberapa komponen tidak dijumpai di dua model ini.

Termasuk interior, meski desainnya sama, tapi untuk yang Limited dipermanis dengan memakai panel wood. Kemudian, pengemudi dan penumpang depan yang di Limited serta XLS sudah dilindungi kantong udara, termasuk dari sisi samping buat pengemudi yang di Limited.

Bagaimana dapur pacu? Untuk mesin masih sama persis dengan model sebelumnya, 2.261 cc 4 silinder DOHC 16V dengan VICS, TSCV, ETCS dan VVT.
Read more >>

Nissan Bentang Bengkel Siaga Sumatera-Bali

Untuk memperlancar pemudik yang mengendarai Nissan, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memberi layanan khusus 24 jam Nissan Rest Point (NRP) di 3 lokasi dan layanan Bengkel Siaga di sepanjang jalur mudik dari Sumatera, Jawa, dan Bali. “Di Nissan Rest Point (NRP) pemilik Nissan tidak hanya mendapatkan pelayanan perbaikan untuk kendaraannya, tapi juga bisa beristirahat dan menikmati snack dan minuman secara cuma-cuma,” kata Teddy Irawan, Deputy Director Sales & Marketing NMI, di Jakarta, Senin.

NRP mulai beroperasi 27 September-4 Oktober 2008 di Cikampek, Cisarua, dan Telaga Warna, Puncak. Layanan perbaikan yang dilakukan tidak dikenai biaya, kecuali penggantian suku cadang customer tetap dibebankan biaya sesuai harga suku cadang.

Bengkel Siaga mulai melayani pemakai Nissan selama libur Lebaran (28, 29, 30 September dan 3-4 Oktober 2008). Lokasinya bisa dijumpai di bengkel resmi Nissan di Jabodetabek, Jabar, Jateng, Jatim, Denpasar, Sumsel, dan Sumut. Pekerjaan yang bersifat perbaikan tetap dikenai biaya sebagaimana bengkel kerja normal.

Untuk kegiatan NRP dan Bengkel Siaga ini NMI bekerja sama dengan Telkomsel dengan kode akses 2323. Seluruh nomor telepon Bengkel Nissan Siaga telah didaftarkan di Telkomsel. “Pada saat darurat dan membutuhkan bantuan mekanik, customer Nissan yang menggunakan Telkomsel hanya perlu mengakses nomor 2323 dari ponselnya untuk mendapatkan sambungan otomatis langsung ke NRP atau Bengkal Siaga terdekat,” kata Teddy.

Di samping NRP dan Bengkel Siaga, Nissan juga tetap memberikan layanan ERA 24 Hour (Emergency Road Assistant) untuk wilayah Jakarta, Bandung, dan Surabaya pada 27 September hingga 4 Oktober. Khusus untuk wilayah di luar area jangkauan Bengkel Siaga, NRP, maupun ERA 24 H, NMI menyediakan layanan Nissan Siaga Mobile.

Lokasi jalur Nissan Siaga Mobile meliputi jalur antara Cikampek, Tegal, Pekalongan, sampai Rembang, dan Probolinggo sampai Situbondo. Setiap unit kendaraan Nissan Siaga Mobile ini didukung 2 teknisi Nissan dan perangkat teknis yang memadai. Mulai beroperasi 29-30 September 2008 selama 24 jam.

Teddy berharap, dengan adanya layanan ini para pemudik dapat lebih tenang dan aman selama perjalanan.


Waktu operasi: 27 September-4 Oktober 2008 (24 jam)
Lokasi:
1. Telaga Warna, Puncak, Jawa Barat
2. RM Jati Wangi, Cisarua, Jawa Barat
3. Jl Raya Cikopo (Komp Ruko Cikopo Megah, Cikampek, Purwakarta)

BENGKEL SIAGA
Waktu operasi: 28, 29, 30 September dan 3-4 Oktober (1-2 Oktober tutup)
Jam operasional: 08.30-16.30 waktu setempat

NISSAN REST POINT

Lokasi:
1. Nissan TB Simatupang (Jakarta)
2. Nissan Bumi Serpong Damai-BSD (Tangerang)
3. Nissan Sunter (Jakarta)
4. Nissan Roxy (Jakarta)
5. Nissan Radin Inten (Jakarta)
6. Nissan Cibubur (Jakarta)
7. Nissan Soekarno-Hatta (Bandung)
8. Nissan Cirebon (Cirebon)
9. Nissan Puri Anjasmoro (Semarang)
10. Nissan Jebres (Solo)
11. Nissan Mlati (Jogjakarta)
12. Nissan S Parman (Malang)
13. Nissan A Yani (Surabaya)
14. Nissan Gatsu (Denpasar)
15. Nissan Labuan Ratu (Bandar Lampung)
16. Nissan Istana (Palembang)
17. Nissan Gatot Subroto (Medan)


ERA 24 H
1. ERA 24 H – Jakarta
2. ERA 24 H – Bandung
3. ERA 24 H – Surabaya

Read more >>

Mitsubishi Luncurkan Toppo di Jepang

Mitsubishi Motor Corporation (MMC), Jepang, kemaren memperkenalkan kendaraan kecilnya terbarunya yang dinilai irit bahan bakar, Toppo. Peluncuran mobil ini dilakukan oleh perusahaan tersebuut da berkenaan dengan makin mahalnya harga bahan bakar di Jepang dan dunia, serta gencarnya isu emisi pemanasan global. Demikian dilaporkan oleh kantor berita Kyodo, Jepang.

Toppo adalah mobil kecil atau kota dengan mesin 660 cc . Bagian dalam mobil ini mencapai 1, 43 meter, merupakan mobil kecil paling tinggi di kelasnya. Demikian dikatakan oleh kantor berita tersebut.
"Tuntutan mobil irit bahan bakar terus meningkat sesuai dengan hasrat masyarakat untuk mengurangi emisi CO2 secara global dan harga bahan bakar yang makin mahal,”kata Presiden MMC, Osamu Masuko, dalam suatu temu media Tokyo.
Read more >>

Mercedes-Benz Tanam Virus Hibrida pada S 400

Produsen mobil kelas premium Jerman, Mercedes-Benz (MB), tidak tahan menghadapi serangan virus hibrida. KAMIS (18/9), perusahaan tersebut dari markas besarnya , di Stuttgart, Jerman, mengumumkan bahwa pada musim semi tahun depan akan memasarkan mobil mewah pertama di dunia dengan sistem penggerak hibrida, yaitu S 400 BlueHYBRID. Selanjutnya, setelah Eropa, mobil tersebut juga dipasarkan di China dan Amerika Serikat.

Dasar mesin S 400 BlueHYBRID sama dengan S 350, V6 dengan kapasitas 3.500 cc. Pengembangan yang dilakukan untuk produk baru ini dengan menambahkan motor listrik-magneto, transmisi otomatis 7G-TRONIC dengan tujuh kecepatan plus batere lithium-ion tegangan tinggi bersama sistem kontrol dan konversinya.

Paling Irit

Target Mercedes Benz mencangkokkan hibrida pada S 400 adalah untuk mengirit konsumsi bahan dan menurunkan emisi gas buang. Menurut perusahaan tersebut, setelah dilengkapi dengan sistem hibrida, konsumsi bahan bakar mobil mewah tersebut adalah 12,6 km/liter atau 7,9 liter untuk 100 km. Sedangkan emisi gas buangnnya, 190 gram/km. Tenaga yang dihasilkan mesin bensin mobil ini mencapai 220kW/299 PS dan torsi 385 Newton-meter.

Komponen hibrida yang dicangkokkan mendampingi mesin bensin, termasuk canggih dan merupakan tren aplikasi di masa yang akan datang. Caranya, pada transmisi otomatis, bagian yang biasanya ditempati oleh konverter, kini dihuni oleh unit komponen yang punya dua tugas, motor starter dan generator.

Saat mesin bensin akan dihidupkan, komponen tersebut berfungsi sebagai motor starter. Begitu mesin hidup, tugasnya beralih menjadi generator atau pembangkit tenaga listrik. Tak hanya sekadar itu, bila putaran mesin terlalu tinggi atau rem diinjak, generator tersebut memulihkan atau mengembalikan energi kinetik menjadi listrik yang selanjutnya di simpan di batere lithium-ion.

Selanjutnya, bila pengemudi tancap gas, bukan putaran mesin yang naik. Tetapi, mobil mendapat tambahan tenaga dari motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 15kW 9 20 PS). Motor listrik sendiri mendapatkan energi dari batere.

Ditambahkan, “recovery” energi pada S 400 BlueHYBRID tidak hanya berasal generator yang ditanam di transmisi, juga yang dipasang pada rem di setiap roda Dengan kombinasi seperti tersebut, plus tambahan sistem start & stop, MB pun menyatakanS 400 BlueHYBRID adalah mobil mewah paling irit di dunia saat ini!

Read more >>

Ultah ke-100 GM Perkenalkan Chevrolet Volt

Bersamaan dengan perayaan ultah ke-100, General Motors (GM) Senin (16/9) lalu memperkenalkan Chevrolet Volt. Sedan hybrid berbasis mesin bensin dan elektrik yang disebut E-REV (Extended-Range Electric Vehicle). “Volt merupakan simbol komitmen GM pada masa depan untuk memberi inovasi teknologi terbaik dari industri yang kami miliki guna merespon tantangan energi dan lingkungan,” ujar Rick Wagoner, GM Chairman and CEO.

Atas kesadaran fungsi
Desain Chevrolet Volt versi produksi ini diambil dari mobil konsep yang pertama kali diperkenalkan GM dalam North American International Auto Show 2007 di Detroit, Amerika Serikat. Unsur aerodinamikanya lebih baik dan efisien setelah disempurnakan lagi oleh para desainer GM.

Beberapa bagian dari mobil konsep diaplikasikan ke versi produksi - direnacanakan 2010 - diaplikasikan ke versi produksi. Di antaranya gril depan dibuat tertutup, kontur bodi atletis spion luar dan lekukan-lekukan bagian belakang.

Desain bodi yang membulat dipadu gril yang fungsional bertujuan memperlancar aliran angin. Termasuk bagian belakang dengan potongan patah serta ditempatkannya spoiler, berfungsi mempercepat keluarnya aliran angin. Adapun sudut jendela yang tampak agresif dirancang guna mereduksi turbulensi dan hambatan.

Kesempurnaan aerodinamika diraih setelah dilakukan pengujian oleh para perancang di terowongan angina (wind tunnel) ratusan jam. Tujuannya agar Volt versi produksi mampu mencapai target jelajah sejauh 64 km (standar EPA) tanpa menggunakan bensin dan memproduksi emisi.

Untuk perjalanan lebih dari 64 km, Volt digerakkan oleh baterai lithium-ion yang mempunyai 220 sel berdaya 16-kWh. Ketika energi baterai habis, mesin bensin/E85 (ethanol) akan mengubah fungsinya sebagai generator sekaligus penggerak sementara hingga daya listrik pada baterai terisi kembali.

Energi listrik baterai Volt juga bisa diisi di rumah. Untuk tegangan listrik 240V, pengisian baterai hanya butuh waktu tiga jam. Sedangkan tegangan 120V dibutuhkan delapan jam.

Interior
Volt menyediakan ruang yang lapang dilengkapi fitur-fitur keselamatan yang diharapkan konsumen pada sebuah sedan empat penumpang. Paduan warna interior, tata lampu dan trim, tak pernah ditemukan pada sedan Chevrolet sebelumnya.

Kontrol-kontrol modern dan material yang menarik, dua layar informasi, dan sebuah layar sentuh sensitif sebagai pusat informasi yang ada di kabin Volt tidak dimiliki kendaraan yang dijual di pasar sekarang ini. Kemudian system navigasi denngan hard drive plus Bluetooth untuk penggunaan telepon seluler.


Menariknya, dengan mesin elektriknya Volt mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 150 hp dengan torsi mencapai 370 Nm. Sementara kecepatan maksimum yang bisa diraihnya mencapai 160 km/jam. Ketika performa ini bermain, Volt tak memunculkan suara mekanis layaknya mobil bensin konvensional.

Chevrolet Volt direncanakan diproduksi di fasilitas pabrik GM di Detroit-Hamtramck awal tahun 2010 untuk model yang akan dijual khusus pasar Amerika Serikat. GM untuk sementara belum mengumumkan harga jual Chevrolet Volt.

Read more >>

Honda All-New City Bergaya Mobil Konsep

Inilah Honda City generasi ke-3 yang diberi nama “All-New City”. Resmi dijual ke publik sejak 10 September lalu. Thailand merupakan negara pertama yang meluncurkan All-New City. Hal itu bisa dimaklumi, karena di Negara Gajah Putih itulah City dibuat. Negara berikutnya adalah India.

Bagaimana dengan Indonesia? Belum ada konfirmasi pasti dari PT Honda Prospect Motor (HPM). Namun menurut berbagai pihak dari jaringan Honda, All-New City juga segera dipasarkan. Dikhabarkan pula, kini PT HPM lagi sibuk mengetes beberapa unit All-New City. Juga sudah mengantongi ijin impor CBU dari Departemen Perindustrian .

City pertama kali dipasarkan pada 1996. Kini dibuat di 7 negara dan dipasarkan ke 39 negara. Menurut pihak Honda, sampai Mei 2008, kumulatif penjualan City sudah satu juta lebih. Karena itulah, sedan ini dijadikan produk inti Honda di samping Civic, Accord, CR-V dan Jazz (Fit).

Mobil Konsep
Wajah All-New City berbeda jauh dibandingkan dengan pendahulunya New City. Penampilan sedan ini lebih gagah karena desain gril dan bumpernya dinamis. Bahkan bila diteliti lebih cermat, desain bagian depan sudah mengadopsi gril, bumper dan lampu mobil konsep Honda yang akan dipamerkan pada Paris Motor Show bulan depan, yaitu Honda Insight (hibrida), CR-Z (sport hibirida) dan FCX Clarity (hidrogen).

Dengan wajah barunya tersebut, City telah menjadi magnet bagi konsumen atau pengemar sedan kompak Honda di negara-negara Asia. Tak hanya konsumem Thailand membahas kemunculan All-New City ini, tetapi sudah sampai ke India, Pakistan, Malaysia dan tentu saja Indonesia.

Eksterior
Sebagai sedan kompak, dimensinya tidak berbeda jauh dengan New City. Untuk panjang dan lebar hanya berbeda dalam satuan milimeter. Dimensi yang cukup banyak mengalami perubahan hanya tinggi, 15 mm.

Dari depan, gril dan lampu, desainnya berubah total. Versi sekarang, lebih dinamis dengan gril krom berjenjang. Garis-garis gril terintegrasi dengan lampu depan membentuk busur panah. Bumper depan, berdimensi lebih besar memberikan kesan lebih bertenaga.

Samping, desainnya mengarah ke saudaranya yang lebih tua, Civic. Seluruh kaca samping atau pintu, di depan dan belakang, bagian atas melandai atau parabolik. Memberikan kesain lebih dinamis dan aerodinamika.

Di belakang, All-New City juga didesain ulang secara menyeluruh. Lampunya model baru, terdiri dari dua segmen, merah dan putih. Bagasi belakang lebih pendek, seperti Hyundai Avega.

Interior
Desain dan corak interior juga berubahtotal. Jok kini menggunakan warna hitam. Begitu juga dengan dashboard. Perpaduan ornamen atau aksetuansi pada All-New City memberi kesan ebih ekslusif dan mewah. Hal ini dilakukan Honda dengan menambahkan unsur krom pada bagian tengah dashaboard dan tempat tombol power window di pintu.

Panel instrumen juga mengalami perubahan. Pada sistem ini digunakan bulatan untuk indikator putaran mesin (paling kiri), speedomter (tengah) dan indikator mesin lainnya, misalnya, oli, suhu mesin dan sebagai pada (paling kanan). Komposisinya sama dengan All-New Jazz, namun detailnya berbeda.

Mesin
Sumber penggerak All-New City ternyata sama dengan All-New Jazz, yaitu mesin 1.500 cc, SOHC dengan i-VTEC (intelligent- Variable Valve Timing and Lift Electronic Control). Tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin tidak berbeda. Dibandingkan dengan New City, mesin All-New City lebih besar 10 PS. Tenaga maksimum yang dihasil mesin All-New City adalah 120PS 6.600 rpm. Tenaga maksimum diperoleh pada putaran lebih tinggi dibandingkan dengan VTEC New City, yaitu 110 PS/5.800 rpm. Sedangkan yang diperoleh pada putaran sama, 4.800 rpm, hanya 0,2 kg-m lebih besar. Versi i-VTEC torsinya 14,8 kg-m (145 Nm). Menurut Honda, mesin ini sudah mencapai standar emisi Euro-4.

Dimensi
Lebar 1.695 mm
Tingi 1470 mm
Jarak Sumbu Roda 2,550 mm
Trek depan dan belakang: 1.476 mm dan 1.459 mm
Berat: 1.150 kg
Radius putar 5.0 meter
Kapasitas Tangki 42 liter

Mesin
Tipe: 1.5L SOHC i-VTEC
Kapasitas: 1,497cc
Diameter x Langkah: 73.0mm x 89.4mm
Perbandingan Kompresi: 10.4:1
Tenaga Maks.Max. : 120ps (88KW) / 6,600rpm
Torsi maks.: 145Nm (14.8Kgm) / 4,800rpm
Transmisi: 5 Speed Auto (CVT, Grade Logic Control) dan Manual
Perbandiangan gigi: 2.995, 1.678, 1.066, 0.760, 0.551
Perbandingan gigi mundur: 1.956
Perbandingan gigi akhir: 4.562
Read more >>

Renault Ondelios: X-Over Hibrida dengan Fasilitas Bisnis

Renault mengumumkan akan menghadirkan mobil konsep terbarunya, yaitu Ondelios, cross-over (x-over) bertenaga hibrida, pada Paris Motor Show bulan depan. Mobil ini sekaligus dijadikan “top range” dari beberapa mobil konsep lainnya. Kehadiran Ondelios sekaligus gambaran visi Renault tentang x-over terkini, yaitu mobil yang menggabungkan unsur kenyamanan dan lingkungan.

Sangat Futuristik
Seperti mobil-mobil konsep dari produsen Perancis sebelumnya, Ondelios tampil sangat futuristik, baik dari penampilan maupun teknologi. Inspirasi kelahirannya berasal dari dunia penerbangan. Hasilnya adalah sebuah x-over berdimensi: panjang 4,8 meter dan tinggi 1,6 meter dengan Cd 0,29.

Tidak hanya itu, Renault sangat membanggakan estetika desainnya, terutama tata letak interior dan sistem tenaga hibridanya. Begitu juga dengan bentuknya. Pasalnya, seluruh permukaan mobil rata dan mulus, seakan kaca dan panel bodi menyatu tanpa sambungan.

X-over ini dirancang khusus sebagai lambang kemewahan untuk mereka yang suka melakukan perjalanan jauh. Karena itulah, desain dan fasilitas interior dibuat sama dengan kelas bisnis pada pesawat udara. Ini terlihat jok bertipe individual, untuk lima penumpang dan satu pengemudi.

“Ondelios adalah dinamika manusia modern. Dirancang bagi mereka yang ingin menikmati alam bebas,” jelas Patrick le Quement, Direktur Desain Renault. Karena itu pula, penggunaan gril aluminium yang disatukan dengan lampu depan melambangkan gerakan. Sedangkan unsur teknologi terkini diperlihatkan pada lampu depan jenis LED dengan umur pakai lebih lama dan irit energi.

Bumerang
Fitur Ondelios lain yang juga ditonjolkan adalah lampu belakang dengan bentuk bumerang. Lampu tersebut dipasang pada bodi, dilengkapi dengan ekstraktor yang mengontrol aliran udara dari sepatbor. Atapnya dibuat transparan agar dapat menghadirkan pencahayaan alamiah. Lantas, kaca depan yang landai dan kap mesin lebar menambah aksentuasi sekaligus membentuk keindahan sosok mobil ini.

“Kami menghadirkan mobil seakan-akan seluruh bodinya dibuat dari satu bahan. Bodi dan kaca menyatu. Dengan konsep tersebut, Ondelios hadir sebagai simbol keindahan dan menjadi media masa depan,” tambah Patrick.

Pintu model kupu-kupu yang sebagian besar dibuat dari bahan tembus pandang membuat penampilan Ondelios tambah elegan. Lantas warna biru hitam bodi yang menyatu dengan sempurna bersama kaca membuat seluruh tubuh mobil seakan-akan menggunakan satu warna.

Sosoknya makin gagah dengan pelek 23 inci dari aluminium berpola 7 jari-jari. Sedangkan ban, digunakan Michelin 255/40 Pilot Sport dengan telapak yang dirancang secara khusus untuk memperkecil deformasi kontak ketika menggelinding kendang.

Interior
Interior Ondelios menggunakan tiga deret jok. Sandaran jok dapat disetel rebah untuk memberikan kenyamanan, seperti posisi duduk atau istirahat di kelas bisnis pesawat terbang. Penumpang juga dapat menyelonjorkan kakinya.

Dengan engsel pintu di atap, penumpang bisa masuk dengan mudah ke interior karena pintu membuka ke atas. Jok deretan kedua dapat digeser ke depan dan dilipat untuk memberi akses kepada penumpang yang akan duduk di jok paling belakang

Komponen dashbord dirancang fungsional dan mudah digunakan. Antara lain, layar dengan skin aktif untuk menayangkan berbagai informasi. Digunakan pula layar monitor di bawah kaca depan untuk menayangkan menu dan gambar yang berbeda hasil pantuan kamera pengganti kaca spion luar. Tambahan lainnya, tiga monitor yang lebih besar untuk memberikan informasi tentang kerja mesin dan kendaraan. Setiap penumpang dapat pula menggunakan multi-media portabel secara sendiri-sendiri, baik untuk sharing data maupun main secara multi-player.

Irit
Sebagai kendaraan masa depan hemat energi dan ramah lingkungan, bahan bodi Ondelios berbeda dibandingkan mobil masa kini. Untuk ini, Renault memilih material dengan bobot ringan dan dapat didaur ulang, yaitu karbon. Pengganti kaca dipakai polikarbonat. Sebagai sumber tenaga, digunakan mesin diesel berkapasitas 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 205 PS (150kW) dan motor listrik berkemampuan 20kW. Masing-masing ditaruh di depan dan belakang.

Sistem hibrida mobil ini dapat menghasilkan akselerasi lebih cepat. Sedangkan rem dapat mengubah energi kinetik menjadi listrik pada baterai litium-ion dengan tenaga 4kW per jam. Mesin dieselnya dilengkapi dengan teknologi pengirit bahan bakar, yaitu stop-start.

Motor listrik dipasang pada as roda belakang. Motor ini akan memutar roda belakang bila sensor ESP mendeteksi ban kehilangan traksi. Dengan demikian, Ondelios bekerja seperti kendaraan 4 x 4. Selain tenaga mesin yang besar, torsinya juga kuat dan diperoleh pada putaran rata (flat), yaitu dari 1.700-3.800 rpm. Dengan kemampuan seperti itu, mesin diesel yang digunakan Ondelios memberikan kenyaman dan fleksibilitas selama melakukan perjalanan jauh.

Renault menyatakan, Ondelios mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam 7,8 detik. Kemampuan itu didukung dengan transmisi double kopling (twin clutch) 7 percepatan. Terakhir sebagai bukti irit bahan bakar dan ramah lingkungan, untuk jarak 100 km mobil hanya menghabiskan 4,5 liter solar atau 22 km per liter, dan emisi 120 g/km. Bolehlah Renault berbangga! Tapi, kapan bisa diproduksi secara masal?
Read more >>

The First and The Faster in North Sumatra

Punya tiga unit Honda S2000 dan semuanya sudah dimodifikasi. Tapi di antara ketiganya, "S2K inilah yang terbaik sepanjang hidup saya dan bermakna," bilang mahasiswa perguruan tinggi di Medan, Sumatra Utara ini. Roadster berbody kit C-West ini sangat memikat sebagai pemacu adrenalin.

Simak air bumper yang mampu melahap banyak oksigen serta carbon GT wing sebagai penyeimbang aerodinamis bagian buritan. Ditambah, sang pemilik kelahiran 6 Agustus 1988 ini lebih condong ke dapur pacu.

Tak ayal, mesin bawaan F20C 4 silinder DOHC VTEC diganti utuh dengan F20C Spoon spec bertenaga 350 hp. Pemakaian Vortec Supercharged yang berasal dari Amrik, dipercaya Tody sebagai pengompres tekanan pada ruang silinder. Efek penambahan Vortec Supercharged Liquid Cooler pada S2K menjadi persoalan mudah untuk menembus kecepatan 200 km/jam.

Besarnya tenaga, mau tak mau sistem penghenti laju ikut ditingkatkan. Braking pad 6 pot bikinan Spoon disematkan pada ruang dalam velg depan untuk menghentikan laju velg Prodrive GC-06H time atack Edition 18x8 inci dibalut Toyo Proxes 225/40R18. Hasilnya, perpaduan sinergis antar kedua sistem itu membuat hati Tody aman dan tenang. Selain itu, S2000 menjadi the first and the faster di Sumatra Utara.

Pantas kalau Tody berkesan dengan S2000 satu ini. Softtopnya diganti hardtop bikinan Mugen berbahan serat karbon dan jendela belakang berbahan polycarbonate yang bisa meminimalisir goresan. Harganya, sekitar Rp 28 juta kecil dibanding harga mobilnya. Yang dibanggakan karena hardtop itu hanya dibikin 100 unit.

Tanggung, karena mesin dan kaki-kaki sudah didandani, sekalian bodi. Sesuai dengan temanya street racing car, ubahan kulit juga diimplementasikan pada roadster ini. Warna dasar hitam dengan cat extreme colour yang didatangkan langsung dari Amrik. Termasuk hardtopnya.

Jangan kaget, harga satu kaleng cat Diamond Hologram untuk bodi seharga satu unit motor bebek. Hasilnya, Tody terkesima dan pantas terkesan.
Read more >>

Kaki Gajah Menahan Tiga Berlian

Manusia terus melihat sesuatu benda pasti akan terkenang. Begitu pula dengan Oke Hake, selama Agustus berkali-kali ia dipertemukan dengan mobil berkaki gajah. Mending kalau semuanya berlangsung di Jakarta, justru jumpanya di berbagai daerah.

Awalnya dari kedai velg dan ban Sarinade, Jakarta, menjelang akhir Agustus. Sebelum itu, ketika kelahiran Oktober 1979 ini ke Bandar Lampug juga melihat Jeep Commander beralas kaki 24 inci. Saat berada di Malang dan Surabaya, lagi-lagi banyak kendaraan D-Cab dan SUV berkaki gajah.

Memang, sekarang ini pemakaian velg superlebar cukup marak. Dari sinilah muncul ide sekaligus menjadi cita-citanya punya mobil bervelg lebar. Karena belum punya mobil, sampai ia membuat photoshop dengan rim gambot.

Dari beberapa merek D-Cab yang sudah beredar di pasar Indonesia, Oke menjatuhkan pilihan pada Mitsubishi Strada Triton Exceed. Pertimbangannya - dan cukup masuk akal - karena memiliki desain bodi yang unik, terutama lekukan pinggangnya.

Karena bentuk wheel arc dan desain bodi di sekitarnya, jangan sampai salah memasukkan velg dan ban. Pilihannya cuma dua,velg besar dengan ban tipis atau velg kecil dengan ban besar. Akhirnya, pebisnis garmen ini memilih city slicker dengan tampilan ala American Style.

Dari banyak macam merek, finalisasi tertuju pada Ferani F354C 26 x 10,5 inci yang dibalut dengan ban dari Korea, Kumho Ecsta 305/35R26. Pilihan velg itu, setelah ukuran 22 dan 24 inci dirasa kurang pas. "kalau mau adu gede, saya rasa 32 inci juga bisa tapi sudah tidak harmonis," papar Wibowo Santoso, bos Permaisuri Ban, Jakarta Selatan.

Apakah pemasangan ban bongsor itu mulus? kendalanya, suspensi Triton Exceed cukup lembut.Maklum karena varian termewah dari keluarga Strada ini menomorsatukan kenyamanan. Sokbreker standar masih dipertahankan, untuk meredam ban tipisnya. Di depan, bantalan standarnya lebih dominan bekerja memaksimalkan kinerja suspensi.
Read more >>

F1

GP Singapura Full Malam Hari
Andi Abdullah Sururi - detiksport

Jakarta - Akhir bulan ini dunia Formula 1 akan menorehkan sejarah di sirkuit jalanan Singapura karena seluruh balapan digelar di malam hari. Rencana mengadakan satu sesi sebelum matahari terbenam dibatalkan.

Sebelumnya sempat dimunculkan gagasan menampilka sesi latihan pertama di saat matahari masih menerangi kota, karena para pembalap masih buta sama sekali dengan sirkuit tersebut. Dengan satu sesi di siang atau sore, mereka bisa "berkenalan" lebih awal.

Namun pihak penyelenggara memutuskan semua balapan diadakan di malam hari. Sesi pembuka (free practice I) di hari Jumat (26/9/2008), dimulai pukul 19.00 waktu setempat. Sesi berikutnya digelar dua setengah jam kemudian.

Di hari kedua, Sabtu, latihan bebas terakhir dimulai di waktu yang sama, yakni jam 7 malam. Para pembalap lalu mengambil jeda selama tiga jam sebelum melakoni sesi kualifikasi pukul 22.00. Puncak balapan adalah hari Minggu mulai jam 20.00 waktu setempat.

Sebelum menyaksikan balapan jet darat paling bergengsi di dunia itu, menjelang sore hari sejak pukul 15.00, penonton bisa menikmati tiga balapan lain, yaitu Aston Martin Asia Cup, Formula BMW Pasific, dan Porsche Carrera Cup Asia. Khusus Formula BMW, ada pembalap Indonesia yang akan berlaga, yakni Ryan dan Rio Haryanto.

Sejumlah acara seremoni juga akan dipertontonkan untuk menyemarakkan hajatan spesial tersebut. Yang patut ditunggu adalah parade para pembalap F1 dengan 25 mobil klasik dari Malaysia dan Singapura. "Pemimpin" parade itu adalah sebuah mobil keluaran Rolls Royce yang tiba di Singapura pada 25 Juni 1926.

Panitia menyediakan 100 ribu lembar tiket per hari, tapi untuk sektor grandstand tersisa kurang dari 1.000 tiket lagi. Adapun semua tiket "berjalan kaki" sudah ludes.

Sebelum kehabisan, Anda yang berminat menonton langsung GP Singapura bisa memesan tiketnya di situs kesayangannya Anda ini. (Klik di sini)



Read more >>

A1GP

Indonesia Miliki 'Sirkuit Monaco' Sendiri
Rossi Finza Noor - detiksport

Jakarta - Serunya balapan F1 di Sirkuit Monaco bakal bisa dirasakan langsung oleh penggemar otomotif tanah air. Indonesia akan memiliki sendiri balapan di jalan raya yang terletak di Karawaci, Tangerang.

Kabar Indonesia bakal memiliki balapan jalan raya dan mengambil lokasi di Karawaci sebenarnya sudah lama berhembus. Namun kepastian akan kabar menggembirakan tersebut baru dipastikan Jumat (29/9/2008) dalam konferensi pers jelang kembalinya A1GP ke Indonesia yang digelar di Kemang Village, Jakarta.

Jalanan yang akan digunakan sebagai lintasan adu kebut berada di tengah kawasan Kota Lippo Village, Karawaci, Tangerang, dengan panjang lintasan mencapai 3,6 km. Seperti diberitakan sebelumnya balapan tersebut akan dihelat pada 6-8 Februari 2009.

"Kami sudah lama mengerjakan ini sejak November tahun lalu. Dan kami sangat bangga bisa mengumumkan tanggal penyelenggaraannya. Balapan di jalanan selalu berlangsung menarik, seperti Monako di (ajang) F1, mereka sangat ikonik," ungkap Senior Eksekutif PT Lippo, Gordon Benton.

Ini merupakan kali ketiga Indonesia menjadi tuan rumah balapan A1 setelah dua yang pertama pada 2006 dan 2007 di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Sementara tahun lalu Indonesia absen jadi tuan rumah.

Indonesia pantas berbangga dengan kedatangan kembali A1GP ke tanah air. Apalagi race tersebut merupakan satu-satunya yang berlangsung di jalanan musim ini. Sementara musim ini, A1 GP akan berlangsung sepanjang 11 seri.

Sayangnya bagaimana bentuk dan lay out sirkuit ini belum bisa dipublikasikan. Saat ini desain lintasan masih dalam tahap pemeriksaan ulang oleh perancangnya, Herman Tilke, di Jerman. Tilke merupakan arsitek ternama yang merancang banyak sirkuit top F1 di dunia seperti Sepang, Bahrain, Shanghai , Istanbul, serta sirkuit jalanan di Valencia dan Singapura.

Dalam waktu dua minggu ke depan desain tersebut akan dikirim ke Indonesia untuk di-aprove dan kemudian dipublikasikan pada media.
( din / krs )


Read more >>

A1GP

Dari Sentul ke Jalanan Karawaci
Rossi Finza Noor - detiksport

akarta - Setelah absen semusim, A1GP kembali mampir Indonesia. Jika sebelumnya di gelar di Sirkuit Sentul, untuk musim ini adu kebut beralih ke jalanan Kota Lippo Village, Karawaci, Tangerang.

Kembalinya A1GP ke tanah air pastinya menghadirkan kegembiraan tersendiri buat pencinta otomotif Indonesia. Meski tahun ini muncul Speed Car dan GP2 di Sirkuit Sentul, kemunculan kembali Kejuaraan Dunia Balap Mobil memberi lebih banyak pilihan hiburan.

Apalagi kali ini A1GP tak lagi digelar di sirkuit konvensional menyusul rencana digelarnya balapan di Kota Lippo Village, Karawaci, Tangerang. Ini menjanjikan tontonan balapan yang lebih seru dan menegangkan.

"Kalau buat Lippo memberikan sebuah sumbangsih bagi motorsport Indonesia adalah sebuah kebanggaan. Untuk menggelar balapan kita harus punya hotel, hospital (rumah sakit), dan berbagai fasilitas lain. Akses jalan juga harus lancar, karena itulah kita adakan di Lippo karena di dalam kota pasti sulit," ungkap Komisiaris PT Lippo, Agum Gumelar dalam konferensi pers di Kemang Village, Jakarta, Jumat (29/9/2008).

Dilanjutkan Agum, sebelumnya A1GP sempat direncanakan untuk tetap digelar di Sentul. Namun karena sirkuit terbaik di Indonesia itu sudah terikat kontrak dengan GP2 maka pilihan pun dijatuhkan pada Sirkuit jalanan.

Apalagi FIA (Federation Internationale de l'Automobile) sudah memberikan lampu hijau untuk digelarnya balapan jalanan tersebut. "Jadi FIA juga sudah memberikan persetujuan dan tadinya Sentul yang kita ajukan lebih dulu, namun masalahnya mereka sudah terikat kontrak dengan GP2. Jadi kita memilih mengadakan di sirkuitn jalan," pungkas Agum.

Sementara itu soal harga tiket untuk balapan yang akan digelar pada 6-8 Februari, pihak panitia hingga kini belum membuat keputusan. "Kalau masalah tiket akan kita bicarakan dalam waktu empat minggu ke depan. Harganya mungkin akan kita sesuaikan tapi pastinya tak semahal F1," ujar Senior Eksekutif PT Lippo, Gordon Benton. ( din / krs )

Read more >>

Wajah Baru Kijang Innova

Kijang Innova "dress up" telah muncul. Melihat penampilannya, tak terlalu banyak bagian yang mengalami perubahan. Pada eksterior, setelah diperhatikan dengan cermat, yang mengalami perubahan untuk seluruh tipe Innova adalah bumper depan, gril radiator, lampu dan bumper belakang. Perubahan lainnya, sesuai dengan tipe atau varian.
Untuk interior, sesuai dengan detail dikeluarkan PT Toyota Astra Motor (TAM), hanya konsol transmisi dibuat lebih tinggi dan jok dengan motif baru. Pergantian komponen interior lainnya, disesuaikan dengan tipe. Yang paling banyak banyak mengalami perubahan adalah tipe V, yaitu kontrol panel AC, audio, tombol setir plus tambahan wood panel pada bagian tengah dashboard dan sandaran tangan pada seluruh pintu samping.


Perubahan
Perubahan bentuk bemper depan dan gril radiator sebenarnya tidak mencolok. Gril misalnya, masih tetap menggunakan garis-garis harisontal. Sedangkan untuk bemper, ukurannya sedikit lebih besar dan juga ada perubahan. Di belakang, meski bentuk lampun tidak berubah, namun lampu mundur kini dibuat menyatu. Versi lama, lampu mundur ini terdiri dari dua bagian. Pada bumper, pada bagian bawah dibuat coakan dan ditambahi dengan lampu di kanan dan kiri.

Tipe E
Versi standar dengan harga paling rendah dibandingkan Innova lainnya. Bumper depan tidak dilengkapi lampu kabut, grilnya sewarna dengan bodi, spion hitam, handel pintu hiitam. Interior dua warna dengan setir tiga jari-jari. Ban yang digunakan: 195/70R-14.

Tipe G
Varian menengah dengan penampilan hampir mirip dengan tipe V. Grilnya dilapisi krom plus bumper depan yang dilengkapi dengan lampu kabut. Kaca spion dan handel pintu sewarna dengan bodi. Desain interiornya sama dengan tipe E. Tipe ini dilengkapi dengan captain seat, audio 2 DIN yang dapat memainkan MP3 dan WMA, parking sensor dan pelek alooy khusus.

Tipe V

Versi paling keren dan lengkap. Gril, kaca spion, dan handel dilapisi dengan krom. Interiornya juga lebih mewah. Paling menonjol tentu saja jok dan setir. Pada tipe G, setir dilengkapi dengan tombol audio. Juga ada wood panel melapisi bagian tengah dashboard dan sandaran tangan pada keempat pintu sampping. Perlengkapan standar lainnya adalah dual airbag, audio 2 DIN yang dapat memainkan MP3 dan WMA, CD changer dengan kapasitas 6 keping CD. Perbedaan lain tipe V dibandingkan dua varian lain adalah tombol AC yang menggunakan model pencet.
Selain perlengkapan di atas, Innova tipe V juga dilengkapi dengan ABS (anti-lock brake system). Untuk ban, menggunaan ukuran 205/65R-15 , sama dengan tipe G.

Mesin
Tidak ada perubahan pada mesin. Jenis yang ditawarkan dua, yaitu bensin 2.000 cc dan diesel 2.500 cc , turbo direct injection sistem pasokan bahan bakar "common rail". Kedua mesin ditawarkan untuk seluruh varian, baik tipe E, G maupun V. Juga ada dua pilihan transmisi juga disediakn dua untuk seluruh varian, manual dan otomatik.
Khusus untuk diesel, meski menggunakan common rail, menurut Achmad Rizal, Marcom Manager PT TAM, bisa saja menggunakan solar biasa. “Syaratnya, filter solar harus lebih sering dibersihkan atau diganti," jelasnya, berkenaan makin menciut atau susahnya mendapatkan Pertadex.

sumber : kompas online

Read more >>

Honda Tarik 500 Ribu Unit mobil

TOKYO,- Honda Motor Corporation (HMC) mengumumkan (4/9), kalau pihaknya menarik sekitar 581,353 unit yang terdiri dari 6 model minivan. Penarikan ini setelah ada laporan dari menteri transportasi, pertanahan dan infrastruktur, Jepang.
Kendaraan yang ditarik itu adalah Acty, Life, That's, Zest, Vamos dan Vamos Hobio yang diproduksi antara 2005 sampai Agustus 2007 ada kerusakan pada sistem pompa bahan bakar. Kendaraan yang menngalaminya diganti gratis.
Honda mengambil sikap ini setelah mendapat laporan dari kantor menteri transportasi
,infrastruktur dan pertanahan. Juga didasari 65 laporan menyebutkan ada mesin yang jebol akibat kerusakan pada pompa bahan bakar sejak 2006.

Penarikan ini tercatat kedua terbesar tahun ini. Tak cumka itu, Honda juga akan memperbaiki power steering terhadap 1.573 unit stattion wagonnya, yakni CR-V dan WGN yang diproduksi 2007.
Dalam kesempatan lain, Honda juga berupaya meningkatkan penjualan domestiknya menjadi 700.000 unit dalam tiga tahun mendatang. Hiroshi Kobayashi, selaku sales operation mengatakan, perusahaan Honda berupaya bisa mendekati penjualan pasar domestik 640.000 unit untuk tahun fiskal sampai Maret.
sumber : kompas.com
Read more >>

Adira Classic Car Show 2008

Jakarta, Buang jauh-jauh pikiran jika mobil-mobil lawas hanya cocok berada di tempat pembuangan mobil atau teronggok tak berguna di garasi. Faktanya mobil-mobil tersebut bisa memiliki kesan klasik nan abadi. Dengan body yang masih terawat dan warna yang berkilauan mereka tampil rupawan di Adira Classic Car Show 2008 yang diadakan di JHCC, Jakarta, 22-24 Agustus 2008 lalu.
Puluhan mobil dari berbagai zaman memenuhi Assembly Hall JHCC. Mulai dari mobil buatan era 1930-an hingga 2000-an semuanya hadir. Nama-nama beken seperti Ferrari, BMW, VW atau Mercedez seperti menunjukkan hasil karya mereka selama lebih dari puluhan tahun di hadapan ratusan pengunjung.
Tak ketinggalan pula mobil-mobil klasik yang kerap membawa para pejabat-pejabat di seluruh negara. Salah satu mobil yang yang beruntung pernah merasakan hak istimewa tersebut adalah Chrysler Windsor Limousine keluaran tahun 1947. Sementara itu pada salah satu sudut hall berjejer seri SL dari Mercedez dengan yang tertua adalah buatan tahun 1954.

Well, tak semua mobil hanya buatan Eropa saja. Mobil-mobil buatan Jepang seperti Toyota dan Nissan juga tersaji. Nissan dengan berbagai seri Skyline GTR-nya cukup mencuri perhatian beberapa pengunjung.
Sedangkan di sektor mobil Amerika Serikat hadirlah Ford F-Series keluaran tahun 1948. F-Series merupakan mobil dengan desain termodern di zamannya dan pernah menyandang status sebagai "best selling truck" selama 31 tahun. Hadir juga Cadillac Eldorado yang pertama kali diproduksi tahun 1953. Cadillac diklaim sebagai mobil tercanggih di zamannya karena ketika itu sudah menggunakan persneling otomatis dan atap yang bisa dibuka-tutup secara otomatis pula.
Jika Anda menyukai mobil-mobil bertipe muscle atau hot-rod, pameran ini juga menghadirkannya. Salah satu mobil muscle yang menyita perhatian adalah Pontiac GTO
1969. Ketika pada zaman itu seluruh produsen mobil di AS berkonsentrasi menggarap mobil dengan desain yang besar, maka Pontiac hadir dengan body yang lebih ramping tetapi memiliki mesin besar di dalamnya.
Dan tak ketinggalan pula mobil yang pernah disebut Enzo Ferrari sebagai "best car ever made", Jaguar E-Type. Oleh harian The Daily Telegraph pada tahun 2004, mobil ini juga pernah ditempatkan di posisi teratas 100 mobil tercantik yang pernah dibuat.
Jaguar E-Type itu bersanding di sebuah panggung dengan "mantan raja" ajang balapan Le Mans 24 Hour, BMW 328 keluaran tahun 1948. Ia pernah mendominasi balapan Le Mans pada tahun 1940-an. Oleh para jurnalis otomotif, mobil ini juga pernah dinobatkan sebagai salah satu di antara 25 mobil yang dilabeli "best car of the century".
Acara Adira Classic Car Show 2008 ini memang ditujukan untuk melestarikan kecintaan pada mobil-mobil klasik, selain tentunya memanjakan mata para pecinta otomotif.

sumber : kilasberita.com

Read more >>

4otomotif modifikasi