Sepeda Motor Jerman

Sachs Masuki Pasar Indonesia

Jakarta, 29 April 2008 00:18
Sepeda motor Jerman, "Sachs MadAss 125" memasuki pasar Indonesia dengan target pasar anak muda yang menyukai sepeda motor berdisain sporty dan futuristik.

"Tipe motor ini telah mencetak angka penjualan luar biasa di pasar Eropa, Australia, AS, serta di beberapa negara Asia seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia, sehingga kami yakin akan mencetak kesuksesan yang sama di Indonesia," kata Direktur SACHS Fahrzeug-und Motorentechnik GmbH (Sachs Germany), Hartmut Hühn, di Jakarta, Senin (28/4).

Sepeda motor tersebut akan diproduksi perusahaan otomotif Indonesia, PT Minerva Motor Indonesia (MMI), yang telah resmi melakukan kerjasama joint manufacturing dan co-branding dengan Sachs Germany.


Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Chief Executive Officer (CEO) PT MMI Kristianto Goenadi serta Hartmut Hühn pada saat peluncuran sepeda motor yang di Indonesia akan disebut dengan nama merk "Minerva Sachs MadAss 125". "Dengan kerjasama joint manufacturing dan co-branding ini maka pihak Sachs Germany akan memberikan dukungan teknis, baik untuk pengembangan mesin maupun proses manufaktur kepada PT Minerva," kata Kristianto.

Sepeda motor empat tak dengan menggunakan kopling tersebut akan dijual di pasar Indonesia dengan harga on the road (OTR) Rp13,95 juta per unit, padahal di pasar Eropa, termasuk di Jerman sendiri, harganya mencapai 2.000 euro per unit. "Harganya bisa kita tekan lebih murah karena sepeda motor ini diproduksi di Indonesia dengan komponen lokal 20 persen. Ke depan nanti kita harapkan komponen lokal mencapai 40 persen," kata Kristianto.

Dikatakan, pihaknya sadar pasar sepeda motor Indonesia telah dikuasai oleh produk-produk `motor bebek` merk Jepang.

"Karena itu kami tidak ingin bertarung head to head dengan mereka. Kami membidik segmen pasar anak muda yang menyukai disain sepeda motor Eropa yang sporty dan futuristik," kata dia yang menargetkan pada tahap awal setelah peluncuran dapat menjual Minerva Sachs MadAss 125 sebanyak 1.000 unit per bulan hingga akhir tahun 2008.

Dikatakan bahwa model MadAss 125 memiliki keunggulan teknis dibanding sepeda-sepeda motor yang ada di Indonesia, antara lain karena dilengkapi electric digital speedometer, disain tanki bahan bakar yang menyatu dengan badan sepeda motor, rem cakram ganda, serta telah memenuhi standar emisi Euro III.

Kristianto mengatakan bahwa pihak Sachs Germany berencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi sepeda motor untuk pasar Asia Tenggara. "Untuk tahap awal, pabrik kami yang berlokasi di Jonggol, Cileungsi, Jawa Barat, akan mampu memproduksi sebanyak 10 ribu unit per bulan, nanti perlahan-lahan akan kami tingkatkan menjadi 20 ribu per unit per bulan," katanya. [EL, Ant]
sumber :radar banten
Read more >>

BMW 1000 RR Bidik Superbike

JAKARTA (Suara Karya) : BMW AG melalui divisi sepeda motornya, MotorRad, mengenalkan motor balap terbarunya BMW 1000 RR. Motor balap ini bukan sekadar spekulasi. BMW akan memproduksi model tersebut mulai tahun 2009.

General Director of BMW Motorrad Hendrik von Kuenheim di Munich, Jerman, kemarin, menyatakan pihaknya segera akan memproduksi motor balap BMW 1000RR sebanyak 1.000 unit di awal tahun depan. BMW akan menggunakan kerangka dengan garpu depan motor yang baru dibandingkan motor standar BMW saat ini.

Motorrad tetap menjaga motor tetap kompak dan memiliki kemampuan power yang bagus layaknya motor body Yamaha R6 yang digunakan di ajang Superbike. Traksinya menggunakan fiber karbon, seperti yang digunakan motor-motor balap Superbike saat ini.

BMW berencana membidik 10 besar di arena Superbike 2009 dan tidak kalah jauh dari pabrikan motor balap asal Jepang dan Italia. (Adi)

sumber : suara karya online
Read more >>

Dony Tata, harapan indonesia di ajang MotoGP

Bagi penggemar balap Moto GP mungkin banyak yang belum tahu tentang profile Dony Tata Pradita, pembalap muda andalan Indonesia di ajang GP 250 cc tahun 2008. Nah bagi yang pengen tahu lebih jauh, bisa liat biodatanya di bawah ini:
Nama : DONI TATA PRADITA
Lahir : Sleman, 21 Januari 1991
Agama : Islam
Alamat: Pugung Lor no. 234 Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta 55284
Tinggi badan 168 cm
Berat badan 55 kg
Golongan darah O
Nama ayah Kiswadi
Nama ibu Haryani
Pendidikan - SD N Purwosari : Tahun 1997-2003
- SMP N 2 Mlati : Tahun 2003-2006
- SMA N Ngaglik : Tahun 2006-Sekarang (kelas 1)

DAFTAR PRESTASI BALAP

Tahun 2008
Pembalap reguler Tim Yamaha GP 250 cc

Tahun 2007

All Japan Championship 2007
Seri I 30 Maret Masuk 10 besar
Seri V 26 Agustus Finish ke-9
Seri VI 30 September Finish ke-5



Ikut 5 Seri Kejuaraan All Japan Road Race Championship
Motegi – Tochigi 29 Maret-1 April
Tsukuba - Chibaragi 11-13 Mei
Auto Police - Oita 25-27 Mei
Sugo - Sendai 24-26 Agustus
Okayama 28-30 September

MotoGP kelas 250 cc
Sepang 21 Oktober wild card

Tahun 2006

Event Yamaha Cup Race
- Juara 1 kelas Jupiter mx standar seri 1 & 3

Event Kejuaraan Nasional
- Juara 1 kelas 4 tak 110cc Seeded seri 1

World GP
- Wild card GP Sepang, Malaysia tahun 2006 (Finish urutan ke-26)

Kejurnas Motorprix tahun 2006

1. Seri 1
Tempat : Sirkuit PRJ Kemayoran Jakarta
Tanggal : 4 – 5 Maret 2006
Hasil :
Peringkat 1 kelas bebek 4 tak 110 cc Seeded

2. Seri 2
Tempat : Sirkuit Mandala Krida Yogyakarta
Tanggal : 25 – 26 Maret 2006
Hasil :
Peringkat 2 kelas bebek 4 tak 110 cc Seeded
Peringkat 4 kelas bebek 4 tak 125 cc Open
Peringkat 1 kelas khusus Jupiter MX

3. Seri 6
Tempat : Sirkuit stadion Maulana Yusuf serang Banten
Tanggal : 8 – 9 Juli 2006
Hasil :
Peringkat 8 kelas bebek 4 tak 110cc Seeded
Peringkat 9 kelas bebek 4 tak 125cc Open

4. Seri final
Tempat : Sirkuit Balipat Binuang Kalimanta Selatan
Tanggal : 24 – 26 November 2006
Hasil :
Peringkat 4 kelas bebek 4 tak 110cc seeded (MP1)
Peringkat 5 kelas bebek 4 tak 125cc Open (MP2)

Yamaha Cup Race Tahun 2006

1. Seri 1
Tempat : Sirkuit PRJ Kemayoran Jakarta
Tanggal : 25 – 26 Februari 2006
Hasil :
Peringkat 4 kelas bebek 4 tak 110 cc Seeded
Peringkat 3 kelas bebek 4 tak 125 cc Open
Peringkat 1 kelas Jupiter MX Standart

2. Seri 2
Tempat : Sirkuit Gazibu Bandung
Tanggal : 11 – 12 Maret 2006
Hasil :
Peringkat 2 kelas bebek 4 tak 110 cc Seeded
Peringkat 1 kelas bebek 4 tak 125 cc Open

3. Seri 3
Tempat : Park Circuit Kenjeran Surabaya
Tanggal : 1 – 2 April 2006
Hasil :
Peringkat 1 kelas bebek 4 tak 110 cc Seeded
Peringkat 1 kelas bebek 4 tak 125 cc Open
Peringkat 1 kelas Jupiter MX Standart

4. Seri 4
Tempat : Sirkuit Tawang Mas Semarang
Tanggal : 15 – 16 Juli 2006
Hasil :
Peringkat 5 kelas bebek 4 tak 110 cc Seeded
Peringkat 3 kelas bebek 4 tak 125 cc Open

5. Seri 5
Tempat : Sirkuit Mandala Krida Yogyakarta
Tanggal : 19 – 20 Agustus 2006
Hasil :
Peringkat 3 kelas bebek 4 tak 110 cc Seeded
Peringkat 5 kelas bebek 4 tak 125 cc Open
Peringkat 2 kelas Jupiter MX Standart

6. Seri 6
Tempat : Sirkuit Cargo Denpasar Bali
Tanggal : 2 – 3 September 2006
Hasil :
Peringkat 4 kelas Jupiter MX Standart
Keterangan : untuk seri ini hanya kelas Jupiter MX

7. Seri 7
Tempat : Sirkuit Lanud Wiriadinata cibeureum Tasikmalaya
Tanggal : 16– 17 September 2006
Hasil :
Peringkat 4 kelas bebek 4 tak 110 cc Seeded
Peringkat 8 kelas bebek 4 tak 125 cc Open
Peringkat 2 kelas Jupiter MX Standart

8. Seri 8
Tempat : Sirkuit PRJ Kemayoran Jakarta
Tanggal : 15 – 17 Desember 2006
Hasil :
Peringkat 10 kelas bebek 4 tak 110 cc Seeded
Peringkat 6 kelas bebek 4 tak 125 cc Open
Peringkat 1 kelas Jupiter MX Standart

Yamaha ASEAN Cup Race Tahun 2006

Tempat : Sirkuit PRJ Kemayoran Jakarta
Tanggal : 15 – 17 Desember 2006
Hasil :
Peringkat 3 kelas Asean Expert (Jupiter MX)
FIM ASIA ROAD RACING CHAMPIONSHIP
Seri : 3
Tanggal : 11 – 13 Agustus 2006
Tempat : Sirkuit Sepang Malaysia
Hasil :
Peringkat 8 kelas 4-Stroke Underbone 115cc

Tahun 2005

Event Yamaha Cup Race
- Juara 1 kelas 4 tak 110 cc seeded seri 1,3,5,7
- Juara 1 kelas 4 tak 125 cc terbuka seri 1,2,3,4,7
- Juara umum Yamaha Cup Race Tahun 2005 untuk kelas 4 tak 110 cc Seeded dan kelas 4 tak 125 cc terbuka

Event Yamaha Asean Cup Race
- 1st winner Asean Spark 135 (Expert)
- 2nd winner Asean Expert 110 cc

Event Kejuaraan Nasional
- Juara 1 Kelas 4 Tak 110 cc Seeded seri 1,2,3,4,7
- Juara 1 kelas 4 tak 125 cc terbuka seri 1
- Juara 2 Final Kejuaraan Nasional Tahun 2005

FIM Asia Road Racing championship Tahun 2005
- Juara 1 Underbone 4 stroke 115cc seri 1,2,3 & 4
- Juara Umum FIM ARCC Tahun 2005

World GP
- Wild card GP Sepang Malaysia Tahun 2005


Read more >>

Tips Mengendarai Mobil Trasmisi Matic

Hindari Injak gas dan Rem Bersamaan

MOBIL bertransmisi otomatis memiliki perbedaan mendasar dengan mobil manual, mulai dari bentuk fisik persneling, pengoperasian, hingga karakter laju mobil.Pada mobil manual, terdapat tiga pedal pengendali di lantai mobil, yakni pedal gas, rem, dan kopling. Gas dan rem diinjak kaki kanan dan kopling dengan kaki kiri. Sedangkan pada mobil matik hanya dua pedal, yakni gas dan rem. Keberadaan dua pedal sering membuat orang salah menginjak rem dengan kaki kiri dan gas dengan kaki kanan.

Seharusnya kedua pedal itu tetap dioperasikan dengan kaki kanan. Mobil matik mengharuskan kaki kiri pengemudi nganggur sepanjang perjalanan. Menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan bisa merusak transmisi matik karena kopling dalam kondisi berputar, tetapi daya geraknya ditahan.


Alih-alih menunjukkan posisi gigi 1, 2, 3, 4, 5, dan R seperti pada mobil manual, tongkat transmisi matik menunjukkan posisi P (park/parkir), R (reverse/mundur), N (neutral/netral), dan D (drive/jalan ke depan) secara berurutan. Pada beberapa mobil, kombinasi ini ditambah posisi D1 atau S dan D2 atau L (mobil bergerak, tetapi ditahan pada gigi 1 atau 2, dibutuhkan saat tanjakan terjal, turunan tajam, atau melintasi kondisi jalan licin).

Biasakan men-start mesin mobil dengan persneling pada posisi P dibarengi menginjak rem (pada beberapa mobil, mesin tak bisa di-start bila posisi persneling tak di P dan rem tak diinjak). Selalu injak rem saat memindah persneling

sumber : medankita.com

Read more >>

TRAC, Klub Motor Trail di Cepu

Pada Awal Berdiri Hanya Beranggota Tiga Orang

DARI kejauhan, terdengar bunyi knalpot sepeda motor digeber. Suaranya yang bersahut-sahutan, membuat orang menyangka ada sekelompok anak muda tengah beradu kecepatan sepeda motor yang dikendarainya.

Sangkaan seperti itu akan sirna, manakala tempat sumber suara tersebut didekati. Sore itu, sekelompok anak muda ternyata tengah berlatih kepiawaian mengendarai sepeda motor trail di medan yang tidak lazim.

Dikatakan tidak lazim, lantaran medan yang mereka jadikan tempat latihan itu adalah lahan kosong yang dipenuhi gundukan tanah. Namun meski tergolong berat, anak-anak muda tersebut terlihat enjoy "menaklukkan" medan tersebut.

Sesekali gas digeber lebih keras, ketika sepeda motor akan melompat. Wajah takjub dan tempuk tangan penonton pun terdengar bersahutan, saat roda sepeda motor menyentuh tanah dengan posisi tegak. "Ulangi sekali lagi, Mas," ujar Farid, salah seorang penonton.

Begitulah, aktivitas keseharian anggota Trail Adventure Cepu (TRAC). Setiap sore, lima hingga sepuluh anggota klub automotif yang baru berdiri 5 Desember 2004 itu berlatih bersama untuk meningkatkan keterampilan mengendarai sepeda motor jenis trail.

Dengan menggunakan sepeda motor yang sudah dimodifikasi di bengkel salah seorang anggota TRAC, mereka melahap menu latihan dengan baik.

"Kecuali Minggu, setiap sore kami latihan di tempat ini," tandas Teguh, koordinator TRAC, kemarin.

Dipilihnya tempat latihan di Yard Pertamina, Mentul Cepu, selain relatif jauh dari pemukiman penduduk, tempat itu juga dinilai cukup memadai untuk mengasah keterampilan. Gundukan tanah, sebanding dengan tanah lapang yang diperlukan ketika start sepeda motor.

Disambut Antusias

Dia menceritakan, TRAC lahir ketika dia pulang dari Yogyakarta. Didasari pemikiran keterampilan mengendarai sepeda motor yang diperolehnya dari salah seorang pembalap kenamaan di Yogyakarta, yakni Setyo Sunarso, harus tetap dikembangkan, dia memutuskan untuk mengajak salah seorang teman sekaligus kerabatnya, yakni Antok, mendirikan klub automotif.

Ajakan tersebut disambut dengan antusias. Antok kemudian mengajak temannya yang lain, yakni Guntur, masuk dalam klub yang dinamai TRAC tersebut.

"Pada awal berdiri, klub itu hanya beranggotakan tiga orang. Lama kelamaan, anggotanya bertambah banyak, hingga sekarang mencapai 24 orang," ujar Teguh.

Sadar tidak semua anggota klub memiliki sepeda motor trail dan keterampilan mengendarai yang sama, maka setiap sore anggota klub itu berlatih bersama. Dalam latihan itu, menurut Antok, tidak ada anggota klub yang merasa dirinya mahir mengendarai sepeda motor.

"Semuanya saling mengisi satu sama lain," katanya.

Dia mengatakan, bagi anggota klub yang berkeinginan memodifikasi sepeda motor hingga menjadi sepeda motor trail, disediakan pula bengkel modifikasi di daerah Ngareng, Cepu.

Menurut dia, dengan modal Rp 3 juta, sepeda motor tersebut dimodifikasi menjadi sepeda motor trail standar.

"Semua suku cadangnya tersedia. Kalau untuk trail standar, ban yang digunakan adalah produksi dalam negeri," ujarnya.

Menurut Antok, jika sepeda motor ingin dimodikasi lebih bagus lagi, maka biaya yang diperlukan minimal Rp 4,5 juta.

"Bergantung keinginan. Makin bagus, maka makin banyak biaya yang dihabiskan," katanya.

Guntur menambahkan, latihan rutin yang dilakukan selain untuk meningkatkan keterampilan, bertujuan pula mempersiapkan diri untuk mengikuti touring di kota lain dan mengikuti kejuaraan. Menurutnya, meski belum genap berusia satu tahun, beberapa anggota klub itu sudah menorehkan prestasi yang patut dibanggakan.

"Saat ada kejuaran tingkat Jateng di hutan Kota Randublatung, anggota klub kami ada yang menjadi juara satu, dua, dan tiga," ujarnya. (Abdul Muiz-17a)

sumber : www.suaramerdeka.com
Read more >>

Audi R8, titisan penguasa Le Mans


Roh Audi R8, juara lima kali Le Mans menitis ke sport car baru yang diluncurkan di Paris Motor Show. Diberi nama Audi R8 juga, model ini adalah sport car Audi pertama yang menempatkan mesin di tengah, dilengkapi sistem penggerak permanen 4WD Quattro dengan body aluminium Audi Space Frame.

Audi mengambil banyak pelajaran dari kiprahnya di Le Mans, balap ketahanan 24 jam paling prestisius di dunia. Di Le Mans, selain mensyaratkan peforma tinggi dan driving dynamic optimal, kunci penting lainnya adalah ketahanan beroperasi dalam jarak panjang dan kehandalan serta tentu saja disain ergonomis. Keunggulan-keunggulan itu yang diturunkan ke R8 versi jalan raya ini.


Sekilas langsung terlihat, Audi R8 menyorotkan kesan kuat dan punya potensi luarbiasa yang tersimpan dibalik tubuhnya yang atletis. Tubuhnya pendek dan lebar, khas mobil yang menempatkan mesin di belakang kabin penumpang. Posisi mesin di tengah-tengah ini membuat distribusi beban mendekati ideal yaitu 44% depan dan 56% belakang. Mesin yang ditempatkan di depan gardan belaakng ini mendapat pasokan udara dari mulut yang ditempatkan disamping mobil. Berdimensi lebar 1.90m, panjang 4.43m dan tinggi 1.25meter dan wheelbase 2.65m menyediakan ruang untuk penumpang dan mesin yang dipasang longitudinal.

Audi mengambil banyak pelajaran dari kiprahnya di Le Mans, balap ketahanan 24 jam paling prestisius di dunia


Bagian depannya dicirikan dengan grille trapezoidal khas Audi dengan lampu LED dan -yang baru- emblem 4 roda Audi dipasang di kap mesin, bukan di grille.
R8 adalah mobil produksi pertama yang menawarkan semua fungsi lampu utama -dipped beam, main beam, daytime running light dan indicator- berteknologi LED. Karena membutuhkan tempat jauh lebih sedikit dari lampu konvensional, LED memberi kebebasan tambahan bagi disainer untuk lebih kreatif. Disain lampu utama tiga dimensi dengan LED, sungguh menarik.

Lampu belakang, tentu saja, LED juga. Lampu rem ketiga dipasang di lebar atap, menjadi pembatas tutup mesin transparan. Rear spoiler akan keluar otomatis untuk menambah down force. Bila bergerak di kecepatan rendah, rear spoiler otomatis tenggelam lagi. Body full aluminium yang menggunakan konstruksi Audi Space Frame mengkombinasikan bobot ringan dan kekakuan maksimum menghasilkan power-to-weight ratio 3.71hp per kg.

Segalanya terpusat pada pengemudi

Arsitektur interiornya benar-benar driver-oriented dengan aneka kontrol mengelilingi pengemudi mulai dari dashboard hingga konsole tengah. Panel instrumen di konsole tengah agak miring mengarah ke pengemudi. Roda kemudi dengan bagian bawah gepeng jadi fitur khas di model ini, selain memudahkan keluar masuk. Segalanya terpusat pada pengemudi.

Pelapis standar kursi sport adalah kombinasi kulit/Alcantara dan optionalnya full leather. Alternatif lain, R8 menggunakan bucket seat yang disiapkan oleh Quattro GmbH. Ada cukup ruang untuk dua orang dengan tingkat kenyaman diatas rata-rata high performance sport car . Masih ada ruang dibalik kursi untuk menyimpan barang berkapasitas 100liter.

Mesin putaran tinggi delapan silinder dengan teknologi FSI yang menyemprotkan bensin langsung keruang bakar mampu memproduksi maksimal 420bhp pada putaran 7,800rpm. Torsi puncak 430 Nm dinikmati pada rentang lebar 4500 - 6000 rpm. Dan tidak kurang dari 90% torsi puncak sudah dinikmati sejak putaran mesin 3500rpm dan tidak habis hingga 7600rpm. Artinya, mesin delapan silinder ini menyediakan dorongan nyaris maksimum di semua kondisi pengendaraan.Putaran mesin maksimal 8,250 rpm.

Pengujian Audi di lintasan menghasilkan akselerasi 100km/jam dalam 4.6 detik dan top speed 301km/jam.

Audi menggunkan teknologi dry sump lubrication - yang jamak dipakai di mobil sport di lintasan balap. Ini memungkinkan mesin V8 dipasang lebih rendah, yang akhirnya menurunkan pusat gravitasi mobil dan meningkatkan driving dynamics.

Magnetorheological fluid

Dua pilihan transmisi, manual 6-speed atau optional Audi R Tronic sequential-shift gearbox. Disini pengaruh olahraga balap mobil ikut ambil bagian, lewat joystick pemindah gigi di center console dan khususnya paddle yang dipasang di roda kemudi sebagai fitur ergonomis. Teknologi 'Shift by Wire' memungkinkan perpindahan gigi dengan cepat dan dimensi gearbox kompak. Sport mode, dengan perpindahan gigi yang cepat, dijamin Audi mampu memberikan keasyikan mengemudi maksimal.

Sistem penggerak empat roda permanent, mendistribusikank power secara variatif ke gardan depan dan belakang lewat viscous clutch. Pada R8, sistem penggerak empat roda quattro di adaptasi khusus untuk distribusi beban gardan khas mobil dengan mesin tengah.

Geometri sasis Audi R8 dirancang menghasilkan pengedalian optimal, lincah, presisi dan halus. Sistem kemudi rack-and-pinion memberi feedback optimum untuk membantu pengemudi. Peredam dan per dirancang memberikan kenyamanan optimal sekaligus driving dynamic. Khususnya bila menggunakan optional 'Audi magnetic ride' adaptive damper system sebagai alternatif shock absorber gas.

Berlawanan dengan peredam cair, cairan magnetorheological bisa mengubah kekentalannya bila dipengaruhi medan magnet yang berbeda. Efeknya, karakter peredaman bisa diatur secara elektronis sesuai keinginan dan seketika. Caranya cukup mengatur besar tegangan/voltage pada elektromagnet.

Audi magnetic ride menggunakan sifat itu untuk menghadirkan daya peredaman paling tepat pada aneka situasi pengemudian, sehingga mengoptimalkan kenyamanan dan driving dynamic. Sebuah komputer yang dilengkapi teknologi sensor menetukan situasi pengemudian saat itu dalam hitungan milisekon. Pengemudi dapat memilih dua progam tergantung apakah dia ingin mengemudi dengan gaya sangat sport -dimana magnetorheological fluid diatur pada kekentalan rendah- atau sebaliknya lebih mengutamakan ride comfort.

Audi R8 menggunakan alloy 6palang 18 ich sebagai standar dengan optional 19 inch. Ban 234/40 untuk depan dan 285/35 untuk belakang.

Kelengkapan

Kelengkapan standar Audi R8 adalah lampu Xenon, lampu belakang LED dan daytime running light, Audio system dengan monitor 7 inch, anti-theft alarm. Optionalnya termasuk Bang & Olufsen sound system, dengan output 464watt dan 12 speaker yang didisain khusus untuk menghasilkan suara surround terbaik. Juga parking system, rear-view camera, radio/navigasi dan MMI Keypad (tombol tekan putar untuk memudahkan mengontrol aneka fitur).

Audi R8 diproduksi di Neckarsulm dari konstruksi bodyshell hingga perakitan akhir. Diproduksi oleh team kecil yang sangat ahli dan mengendalikan seluruh proses produksi secara presisi, teliti dan intens. Ini untuk memastikan setiap mobil yang dibuat (setiap hari maksimal 15 unit) akan memenuhi standar kualitas tinggi yang diharapkan dari sebuah mobil Audi. Mobil pertama akan dikirim ke pemesannya pada paruh pertama tahun depan. Audi belum mengumumkan harganya

sumber :www.mobilku.com
Read more >>

Volkswagen Indonesia Gelar Pekan Olahraga Khusus Media dan Eksekutif

Dalam rangka menyambut perjalanan api Olimpiade yang akan hadir di Jakarta pada 22 April 2008 nanti, Volkswagen Indonesia menggelar serangkaian kegiatan untuk memeriahkannya. Salah satunya adalah pekan olahraga khusus para media dan eksekutif bertajuk "Volkswagen Mini Olympic - Sport 'Till You Drop", di Gelanggang Olahraga Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (19/4) lalu.

Menurut Susilo Sudarman, CEO PT. Garuda Mataram Motor, tujuan diadakannya ajang ini agar semangat dan jiwa perhelatan olahraga bergengsi dunia ini dapat menyebar ke seluruh lapisan masyarakat. "Keterlibatan VW dalam even ini adalah untuk menunjukkan komitmen dan dukungannya terhadap sportivitas, kemampuan dan pencapaian tertinggi dalam masing-masing bidang. Khususnya bidang olahraga, yang sekaligus merefleksikan pembuktian dan kepercayaan dunia terhadap VW akan reputasi, performa dan estetika yang sudah mentradisi serta melegenda," tuturnya lebih lanjut.

Dalam pekan olahraga ini lebih dari 15 media baik dari cetak, televisi dan online turut berpartisipasi memeriahkannya. Adapun cabang olahraga yang diperlombakan antara lain futsal dan 3 on 3 basket. Tidak hanya itu, para siswi dari tingkat SMP dan SMU pun turut ambil bagian dalam kompetisi pemandu sorak (cheerleaders' competition). Dan kemeriahan even ini semakin komplit dengan hadirnya berbagai VW Combi dari klub Volkswagen Van Club.

Untuk menghibur para pengunjung, tersedia interactive games seperti Wining Eleven serta lomba menggambar khusus anak-anak dengan topik lingkungan hijau. Di akhir acara, VW Indonesia memberikan penghargaan berupa "Life Time Achievement" pada 10 olahragawan dan olahragawati tanah air yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Antara lain Chandra Wijaya, Toni Gunawan, Alan Budikusuma, Hendrawan, Taufik Hidayat, Susi Susanti, Lilis Handayani, Nurfitriani Saiman, serta Lisa Rumbewas.

Pada kesempatan itu juga, PT. Garuda Mataram Motor juga memperlihatkan produk terbaru yang beberapa waktu lalu dirilis, yaitu VW Transporter yang diperuntukkan sebagai mobil ambulans. Menurut Susilo "Kami mendapat banyak permintaan akan mobil Ambulans yang berbasis VW Transporter, baik dari rumah sakit maupun dari pihak institusi lainnya. Hal ini membuka kesempatan untuk menggali potensi lebih besar guna meningkatkan volume penjualan VW Comercial Vehicles. Sekaligus untuk meningkatkan brand awareness dan memperkuat eksistensi merek VW di Indonesia," papar Susilo.

VW Ambulans ini hadir dengan tiga tipe yakni, VW Ambulance Premium, Executive serta VVIP dimana masing-masing dibedakan dari peralatan kesehatan yang tersedia di dalamnya. Ketiga tipe tersebut bermesin 1.9 liter TDI dan ditawarkan mulai harga Rp. 450 juta sampai Rp. 980 juta off the road Jakarta.
Read more >>

Akankah Penjualan Volkswagen di Indonesia Dapat Menyamai Cina?

Sepanjang periode Januari - Maret 2008, penjualan Volkswagen group di Cina berhasil membukukan angka sebanyak 268.200 unit dengan perolehan pangsa pasar sebesar 32,5 persen. Jumlah ini dihasilkan dari penjualan di wilayah daratan Cina, Hongkong dan Macao.

Untuk brand VW selama kuartal pertama memperoleh 221.420 unit, sedangkan untuk Audi berhasil meningkatkan penjualan sebesar 25,5 persen menjadi 30.425 unit. Di bulan Maret sendiri, grup mobil asal Jerman ini mampu mencapai 103.200 unit dan hasil ini merupakan yang pertama kali melampaui penjualan di atas 100 ribu unit.

"Kami mengharapkan pertumbuhan penjualan ini tetap terus stabil pada bulan-bulan berikutnya. Hal ini agar pencapaian target sebanyak 1 juta unit mampu tercapai di tahun ini," tutur Winfried Vahland selaku Kepala Bisnis VW di Cina.

Sementara di Indonesia, perolehan penjualan PT. Car & Cars Indonesia (CCI) selaku ATPM VW memang belum dapat menyamai di Negeri Tirai Bambu tersebut. Terbukti pada triwulan pertama 2008, hanya bisa membukukan angka penjualan sebanyak 11 unit. Dan dari jumlah tersebut lebih banyak didominasi oleh varian Golf GTI.

"Cukup diakui penjualan VW di negara Cina memang selalu pada posisi teratas dan jumlah itu dapat dikatakan normal bagi brand kami di sana. Untuk itu kami harapkan dukungan agar penjualan VW di Indonesia akan menjadi sebesar di Cina, yang disertai dengan berbagai strategi yang dilakukan," ungkap Hary Novianto, Marketing Manager CCI.

"Sejatinya kami mengalami kendala pada jalur pendistribusian dari Jerman ke tanah air. Hal inilah yang menghambat diterima pesanan mobil VW hingga ke konsumen. Namun seperti yang pernah kami kemukakan pada setiap pelanggan, karena VW merupakan kendaraan CBU jadi masa inden-nya sekitar 2 - 3 bulan," tuturnya.

Hary menambahkan bahwa sampai sekarang ini Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang berhasil terkumpul sekitar 30 unit dan keseluruhan SPK tersebut akan sampai ke garasi konsumen sekitar bulan Mei 2008. Terkait target penjualan VW tahun ini adalah sebanyak 190 unit.
Read more >>

Mitsubishi Capai Target di Triwulan Pertama

PT. Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), ATPM Mitsubishi di Indonesia tahun lalu menutup angka penjualan terbanyak dan meraih peringkat dua di pasar otomotif nasional. Mengawali tahun ini, KTB kembali membukukan peningkatan penjualan sebesar 15,6 persen di triwulan pertama dengan angka penjualan sebesar 7.276 unit. Angka tersebut melebihi target yang dicanangkan KTB sebesar 7.000 unit dengan pertumbuhan 15 persen setiap bulannya.

Pertumbuhan angka penjualan Mitsubishi tahun ini masih didominasi oleh produk Light Commercial Vehicle (LCV) dan Commercial Vehicle (CV), KTB tahun ini merasa yakin mampu mencapai target yang telah dicanangkan melalui peningkatan penjualannya pada produk L300, Strada serta Colt Diesel. Khusus untuk produk LCV hampir seluruh varian di kelas ini meraih pangsa pasar di atas 50 persen, sementara kelas CV memiliki peningkatan sebesar 58,6 persen dari tahun lalu.

Melalui perolehan penjualan yang cukup baik di bulan Maret, maka pada triwulan pertama tahun 2008, Mitsubishi kembali meraih posisi nomor dua dengan total penjualan sebesar 19.878 unit dan market share sebesar 14,7 persen untuk pasar otomotif nasional.

Pada tahun ini KTB baru akan memperkenalkan produk-produk terbarunya pada IIMS 2008 pertengahan tahun nanti. Sedangkan untuk langkah awal revitalisasi kendaraan penumpang, KTB telah meluncurkan Grandis facelift yang diperkenalkan pada awal April lalu.
Read more >>

Perubahan Radikal The All New Volvo S80

New Perfection (kesempurnaan baru). Yup, konsep inilah yang ingin dikedepankan oleh PT. Indobuana Auto Raya (IBAR) selaku ATPM Volvo di Indonesia melalui produk terbarunya The All New Volvo S80. Dengan segala kemewahan, desain dan teknologi yang baru sekaligus tingkat keamanan yang melegenda, kini The All New Volvo S80 menjelma sebagai kendaraan sedan paling mewah di antara jajaran produk Volvo lainnya.

Dalam sambutannya, Gunadi Shinduwinata selaku President Director PT. Indomobil Sukses International Tbk. mengatakan, "Sejak peluncurannya di ajang Geneva Motor Show hingga saat ini, The All New Volvo S80 memang mendapat respon yang cukup positif dari masyarakat. Hal ini dibuktikan dari volume penjualan yang mencapai 70 ribu unit di seluruh dunia."

Sedangkan Paulus B. Suranto, CEO PT. IBAR, mengungkapkan bahwa, "Dari target total penjualan Volvo selama tahun 2008 yang mencapai 180 unit, diharapkan The All New Volvo S80 mampu mendominasi penjualan hingga 120 unit sampai dengan akhir tahun ini."

Secara keseluruhan, baik eksterior maupun interior plus teknologi yang diusung dari generasi kedua S80 ini sangat berbeda dengan model sebelumnya. The All New Volvo S80 memiliki dimensi panjang yang sama yakni 4.850 mm, tetapi lebih lebar 27 mm dan lebih tinggi 34 mm dibandingkan dengan pendahulunya. Desain eksteriornya menampilkan kesan elegan dan dinamis yang tercermin dari garis-garis bodi yang halus. Aura sporti dan bertenaga pun tergambarkan melalui kombinasi lampu dengan desain gril depan yang lebih lebar dan tinggi berpadu dengan lekuk bonet berbentuk "V". Dilihat dari belakang, lampu stop khas Volvo dibuat lebih ramping untuk memberikan kesan yang sporti namun tetap terlihat lembut. Terlihat All New S80 sudah meninggalkan bentuk 'kotak'-nya.

Beralih ke dalam interior, desain ala Skandinavia All New S80 menawarkan aura kemewahan dan kenyamanan. Warna dan corak dirancang dengan aksen "Quarts", sebutan yang diberikan Volvo Cars khusus untuk model ini. Quarts sendiri adalah kombinasi interior baru antara anthracite black sebagai warna dari interior dan kursi yang dibalut kulit dengan warna coklat, begitu juga dengan pintunya.

Sebagai bentuk kesempurnaan baru sebagai pelengkap kemewahan kabin All New S80, Volvo juga mengaplikasikan inovasi teknologi terbaru. Antara lain, Volvo IAQS (Interior Air Quality System), yang secara efektif meredam jumlah partikel, serbuk, gas dan beberapa aroma tidak menyenangkan yang memasuki ruang kabin. Selanjutnya sistem Clean Zone Interior Package, dimana sistem ini mampu memperbaiki kualitas udara di dalam kabin, sehingga sangat baik bagi Anda yang menderita penyakit asma.

Di balik bonnet The All New Volvo S80, tertanam mesin 2,5 L 5 silinder turbocharged. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 200 hp pada 4.800 rpm dan torsi maksimal 300 Nm yang dicapai pada putaran mesin 1.500 hingga 4.500 rpm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 6-percepatan Geartronic dimana transmisi ini memungkinkan Anda untuk memilih transmisi otomatis atau manual sesuai kebutuhan.

Pihak Volvo mengklaim untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari titik diam hanya membutuhkan waktu 7,7 detik. Sementara konsumsi bahan bakarnya adalah 9,5 km/liter, dan direkomendasikan untuk memakai jenis bahan bakar minimal Pertamax.

Jika berbicara mengenai sistem keamanan, Volvo memang juaranya. Layaknya mobil premium lainnya, mobil ini juga dilengkapi dengan airbag dan SIPS-bag (Side Impact Protection bag) dan IC (Inflatable Curtains) sebagai pelindung kepala akibat benturan dari samping. Ditambah lagi dengan WHIPS (Whiplash Protection System), untuk menghindari cedera pada leher.

Sementara lampu depan menggunakan active Bi-Xenon, membuat sorotan lampu bergerak mengikuti lekuk jalan, sehingga memberikan pencahayaan ekstra dan maksimal pada malam hari. Sedangkan sistem keamanan yang berkaitan dengan pengendalian adalah DSTC (Dynamic Stability and Traction Control), dimana sistem ini mampu mereduksi resiko mobil tergelincir.

Selain sistem keamanan di atas, mobil CBU Thailand ini juga memiliki sistem keamanan yang tidak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya. Salah satunya PCC (Personal Car Communication), sistem pengendali mobil berbentuk kotak yang bisa disimpan di saku. Selain berfungsi sebagai kunci, perangkat ini mampu mengontrol situasi dari jarak jauh seperti apakah mobil Anda sudah terkunci atau belum, apakah alarm mobil sudah diaktifkan. Hebatnya, perangkat ini mampu mendeteksi adanya orang di dalam kendaraan (saat kendaraan dalam keadaan terkunci) dalam radius sekitar 100 meter berkat adanya sistem heartbeat detector.

Untuk pasar Indonesia The All New Volvo S80 yang akan berseteru dengan Mercedes-Benz E-Class dan BMW 5-Series ini dijual dengan harga Rp. 750 juta (On The Road Jakarta). Harga tersebut sudah termasuk paket VolvoGold selama tiga tahun. Warna yang ditawarkan ada tiga yaitu Silver Metallic, Electric Silver Metallic dan Black Saphire Metallic. Selain itu, Volvo juga menawarkan varian All New S80 3.2L V6 secara by order dengan harga sekitar Rp. 1,1 M. Pihak Volvo menjelaskan bahwa konsumen akan memperoleh mobil idaman pesanannya ini dalam waktu 3 bulan.

Untuk Anda yang penasaran, acara peluncuran The All New Volvo S80 dilanjutkan dengan pameran dan sesi test drive hingga 6 April 2008 di Senayan City GF06. Siapa tahu anda menjadi orang keenam yang memiliki kendaraan ini[]


All New Volvo S80

HargaRp. 750 juta (On The Road Jakarta)
Dimensi (PxLxT)4.851 mm x 2.106 mm x 1.493 mm
Mesin5-Silinder Turbocharged
Kapasitas2,5 liter
Tenaga Maks.200 hp @ 4.800 rpm
Torsi Maks.300 Nm @ 1.500 - 4.500 rpm
TransmisiOtomatis 6-Percepatan Geartronic
Radius Putar11,7 meter
Akselerasi 0 - 100km/jam7,7 detik (Klaim Volvo)
Konsumsi BBM9,5 km/liter (Klaim Volvo)
Kelas LingkunganEuro5
Rekomendasi BBMPertamax atau setara (Oktan min. 92)
Read more >>

Mesin Berbahan Bakar Air Itu Akhirnya Sukses dalam Ujicoba

"Penemuan Ini untuk Selamatkan Manusia dari Monster Enterophy"
Banyak orang tak percaya jika air dapat menggantikan bahan bakar minyak sebagai pengerak mesin. Dan itu dibuktikan oleh I Nyoman Lingga. Mesin yang dipatenkan dengan nama aouto hydrodinamika itu bahkan sudah diujicoba, dan berhasil. Bagaimana cara kerjanya?

Penemu mesin mobil berbahan bakar air, I Nyoman Lingga, pernah dianggap sinting saat melontarkan ide tersebut sembilan tahun silam. Namun berkat kegigihannya bergelut dengan ilmu Fisika dan thermodinamika, kini yang menuduhnya "gila" itu malah berdecak kagum.

Lingga sudah berhasil membuktikan besaran daya yang dihasilkan system sebagai hasil penambahan massa air. Artinya, pelipatgandaan energi kinetik aliran air menjadi energi mekanis berdaya guna dalam poros mesin, sudah dapat dibuktikannya lewat ujicoba beberapa waktu lalu.

Dia juga berhasil membuktikan bahwa ampere meter (alat ukur arus listrik, red) bisa turun antara 1 hingga 1,5 ampere meski dengan tekanan yang sama, yakni 1,4 bar. Dalam eksperimen ini Lingga menggunakan empat katup pipa dan kran penyalur air ke system mesin. Jika satu kran dibuka, ampere meter menunjuk angka delapan. Namun jika kran yang lain dibuka, maka ampere meter turun ke angka 6,5. Pun demikian seterusnya.

Rumus hasilnya yaitu; E-in = P3/2 + (n-1) P. Kemudian E-out = nP3/2. Di E-out menunjukkan energi yang sudah dihasilkan secara berlipat. "Ini membuktikan bahwa memang benar dengan cara mekanika fluida sejumlah massa air dapat berubah menjadi energi, begitu pula sebaliknya," jelasnya ketika ditemui wartawan koran ini di kediamannya jalan Danau Beratan 87 Sanur, kemarin.

Dari serangkaian ujicobanya akhirnya disimpulkan bahwa air lah yang berperan utama menjadi energi sesuai teori energi kinetik tak berhingga yang dikembangkannya. Pembuktian ujicoba tahap pertama ini dinyatakan selesai sesuai jadwal, yakni 27 Maret 2008 lalu. Kini berlanjut ke ujicoba tahap II yang meliputi singkronisasi antara debit pompa dan turbin. Sebab besarnya kemampuan mesin harus diimbangi dengan debit pompa yang tepat. Kemudian ujicoba tahap III, lebih mengarah pada penyempurnaan konsep dan rancangan. Tujuannya agar diperoleh kapasitas system maksimum atau energi berdaya guna pada putaran poros mesin sebesar-besarnya. "Pada tahap ini aplikasi mesin sudah dapat ditentukan, apakah sebagai pembangkit listrik stasioner atau portable, alat transportasi darat, laut maupun niaga," ungkapnya. Setelah semua tahapan ujicoba tuntas, maka proyek ini segera diumumkan resmi di tingkat internasional.

Dalam temuan ini, Lingga secara tegas menggugat alias melawan konsep ilmiah entrophy sebagai dasar produksi energi masal yang kini terbukti merusak. Seperti produksi bahan bakar minyak, batubara dan nuklir. "Dalam ujicoba tahap awal ini saya baru sebagian menujukkan dan mengungkap adanya kebenaran ilmiah tentang rahasia terpendam dalam air," ungkapnya bangga.

Temuan ini dianggap sebagai pengulangan sejarah satu abad lalu. Dimana saat itu Albert Einstien mampu membuktian konsep ilmiah tentang hukum kekekalan masa dari teori relatifitasnya. Dia juga yakin penemuan ilmiah ini akan menjadi tonggak sejarah dan jalan menuju zaman baru, dimana manusia dan seluruh makhluk akan terbebas dari polusi sebagai sumber pencemar dan konflik akibat konsep entrophy di semua system produksi energi.

"Setelah pembuktian dapat ditujukkan secara faktual, orang yang dulu menganggap saya sinting kini tidak lagi dan inilah manfaat ilmu pengetahuan yang amat sedikit orang mau membuka rahasia di baliknya," ungkap sarjana pertambangan penekun mesin ini.

Menurutnya, air adalah anugerah Tuhan yang penuh rahasia. "Karena itu, temuan ini saya dedidikasikan untuk ilmu pengetahuan demi penyelamatan alam dan manusia dari moster entrophy," tandasnya.
sumber : www.jawapos.co.id
Read more >>

Mazda Indonesia Semakin Optimis Di Usia Dua Tahun

PT. Mazda Motor Indonesia (MMI), ATPM Mazda di Indonesia pada 19 April lalu merayakan hari jadinya yang kedua. Acara yang diadakan di salah satu mal kawasan Jakarta Selatan ini dihadiri oleh Presiden Direktur MMI - Yoshinori Nishihara, Direktur Marketing & Sales - Yoshiya Horigome serta Brand Ambasador MMI - Ruth Sahanaya.

Dalam pidatonya Nishihara menjelaskan, "Kami merasa bangga dengan kemajuan yang telah dicapai Mazda selama dua tahun ini di Indonesia, karena dalam kurun waktu dua tahun kami telah berhasil menghadirkan rangkaian produk berkualitas yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan". Lebih lanjut Nishihara menjelaskan produk-produk Mazda saat ini sudah mulai diterima dengan baik oleh pasar Indonesia, oleh karenanya ke depan kami akan terus meluncurkan produk-produk terbaru kami. Karena itu kami optimis dengan perkembangan MMI ke depan di pasar Indonesia.

Dalam perayaannya, MMI mengemas acara dengan sangat meriah. Para undangan dan wartawan dari beberapa media larut dalam hiburan yang dikemas melalui games dengan berbagai macam hadiah menarik. Selain itu secara khusus MMI juga menyelenggarakan test drive produk terbarunya New Mazda 6 kepada para pengunjung.

Sebagai tambahan informasi, untuk lebih memperkuat layanan kepada konsumen, MMI hingga akhir tahun ini berencana akan membangun sembilan jaringan dealer di seluruh Indonesia.
Read more >>

Jadwal Kejuaraan Dunia Supermoto

Bagi yang mengaku mania supermoto, ada berita bagus. Trans 7 mulai april 2008 telah menayangkan seri kejuaraan dunia supermoto yang berlangsung di berbagai negara. ok, yang penasaran bisa liat jadwalnya di bawah ini :




19 April pkl. 17.00-19.00 WIB (Torino, Italia)
25 April pkl. 20.00-22.00 (Castello di Branduzo)
12 Juli 18.30-20.30 (Alcarras, Catalunya)
19 Juli 18.30-20.30 (Sankt Wendel, Jerman)
24 Agustus 20.00-22.00 (Greinbach, Austria)
27 Sept. 18.30-20.30 (Spanyol)
11 Oktober 18.30-20.30 (Alpi Del Mare, Italia)
12 Oktober 19.00-21.00 (Pleven, Bulgaria; Supermoto of Nations)
19 Oktober 19.00-21.00 (Athena, Yunani)
Read more >>

10 TIPS Merawat AC Mobil

Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja sempurna. Sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar seperti Jakarta kalau AC ngadat atau tak dingin, keadaan pun jadi serba salah kaca jendela kalau dibuka, masalah keamanan, debu dan asap kendaraan akan masuk, namun jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap,gangguan pada AC biasanya lantaran kurang perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:
1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.

2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.
3.Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
4.Perisalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup bila Ac dihidupkan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor rusak atau selang high press bisa meledak.
5.Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
6.Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.
7.Sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau matikan mesin.
8.Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok ke grill sebab sering terjadi patah. (karena sebagian Grill susah dapat dibeli dipasaran).
9.Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya tinggi.
10.Lakukan perawatan rutin AC. Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar.

sumber :www.tips-afuacmobil.blogspot.com
Read more >>

Chevrolet Captiva 2.0L VCDi, Tenaga dan Torsi Lebih

Setelah sukses mengisi pasar otomotif nasional melalui varian bensinnya, Rabu (16/4) pagi tadi bertempat di salah satu cafe kawasan kemang, PT. General Motors AutoWorld Indonesia (GMAI), ATPM Chevrolet di Indonesia secara resmi meluncurkan varian terbarunya Chevrolet Captiva Diesel 2.0L VCDi.

Dalam sambutannya, Mukiat Sutikno selaku Managing Director PT. GMAI menuturkan bahwa, "Peluncuran Captiva diesel pada hari ini tak luput dari fokus utama GM. Fokus utama GM itu sendiri antara lain mengembangkan sebuah produk dengan desain yang menarik untuk menciptakan brand yang baik, plus membangun sebuah kendaraan yang dapat menggunakan bahan bakar alternatif dan hemat bahan bakar."

"Chevrolet Captiva 2.0L VCDi memberi peluang bagi kami untuk meningkatkan volume pasar Captiva di tanah air. Dengan berbagai keunggulannya, Chevrolet bermesin diesel ini akan menjadi pilihan tepat bagi konsumen yang membutuhkan kendaraan untuk mendukung mobilitas sehari-hari," lanjut Mukiat yang mengharapkan dapat menjual 600 unit Captiva diesel sampai dengan akhir tahun ini.

Secara keseluruhan, baik eksterior, interior maupun sistem keamanannya, kendaraan yang mengusung tag line "Family Adventure SUV" ini tidak memiliki perbedaan dibandingkan dengan versi bensinnya. Yang membedakan hanya pada sektor mesin dan sebuah emblem kecil yang terletak di sisi kanan dan kiri pintu bertuliskan "VCDi" yang memiliki kepanjangan "Variable-turbo Commonrail Direct injection".

Beralih ke dapur pacu, Captiva Diesel dibekali dengan mesin berbasis diesel commonrail 2.0 liter SOHC turbo intercooler dengan kontrol elektronik geometri variabel turbin atau Variable Turbine Geometry (VTG). Dengan demikian, Captiva diesel mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 150 hp pada 4.000 rpm, dan torsi 320 Nm pada 2.000 rpm. Melalui serangkaian teknologi terbaru yang dianutnya, mesin Captiva diesel tidak menciptakan suara yang kasar dan getaran tinggi seperti kebanyakan mesin diesel.

Suwadji Wirjono, Aftersales Director PT. GMAI menjelaskan, "Bahan bakar yang direkomendasikan untuk Captiva diesel minimal Pertadex. Tetapi, pelanggan bisa juga menggunakan Solar biasa. Namun bagi konsumen yang menggunakan Solar biasa, dianjurkan untuk melakukan perawatan secara berkala. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti oli setiap mobil menempuh 7.500 km dan melakukan pergantian filter Solar sekaligus membersihkan injektor dari endapan karbon dengan teknologi "Ultra Sonic Cleaner" setiap 15.000 km. Kemudian, dianjurkan pula untuk menguras tangki bahan bakar secara periodik (6 bulan sekali)."

GMAI menawarkan pilihan sistem transmisi otomatis 5-percepatan tiptronik, untuk menghadirkan kesan berkendara yang sporti sekaligus memberikan kepraktisan kepada penggunanya. Sementara itu, sistem suspensinya sudah mengaplikasikan model independent sehingga ikut menciptakan kenyamanan di berbagai medan lintasan.

Salah satu kelebihan Captiva yang tidak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya adalah Auto Self Levelizer Rear Suspension. Fitur ini mampu mengembalikan posisi kendaraan saat dimuati tujuh penumpang menjadi datar kembali dan tidak mendongak ke atas. Sehingga kenyamanan mengendara bersama tujuh penumpang pun menjadi lebih optimal.

Chevrolet Captiva Diesel 2.0L VCDi A/T akan dilempar ke pasaran Indonesia dengan harga Rp. 289,5 juta. Layaknya varian bensin, GMAI menawarkan 6 pilihan warna yaitu Merah, Hijau, Gold, Hitam, Silver dan Royal Grey. Dan tak ketinggalan jaminan after sales service dengan garansi 3 tahun tanpa batasan kilometer.

Hingga acara peluncuran Captiva Diesel siang tadi, tercatat sudah 126 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) berhasil terbukukan. Bagi yang ingin merasakan kenikmatan di balik kemudi Chevrolet Captiva diesel, Anda dapat mendatangi Mal Senayan City pada tanggal 22 hingga 27 April 2008 mendatang.


Chevrolet Captiva 2.0L VCDi Diesel

Deskripsi SUV 7-seater
Dimensi4635mm x 1850mm x 1726mm
Transmisi 5-percepatan otomatis dengan GM Tiptronic
Mesin Diesel, 4 Silinder segaris SOHC 16 katup
Kapasitas 1.991 cc
Fuel SystemCommonrail Direct Injection with Variable Geometry Turbo Intercooler
Fuel Capacity 65 liter
Tenaga Maksimum 150 hp @ 4.000 rpm
Torsi Maksimum 320 Nm @ 2.000 rpm
Suspensi McPherson Strut (Depan) & Multilink (Belakang)
Rem Depan Ventilated Disc 4Channel with ABS/EBD
Rem Belakang Solid Disc 4Channel with ABS/EBD
Tipe dan Ukuran Ban Alloy Wheel 215/70 R 16
Read more >>

BMW Produksi Micro-car Mirip Tata Nano India

Sebuah gebrakan besar akan dilakukan oleh principal BMW di India. Produsen kendaraan asal Jerman ini akan mengikuti kebutuhan pasar khusus India dengan meluncurkan micro-car yang saat ini banyak diminati konsumen di negara tersebut.

Secara tampilan micro-car yang akan diproduksi oleh BMW memiliki bentuk serta desain yang sangat mirip dengan Tata Nano, produk yang dikembangkan oleh perusahaan TATA Motor India. Jika kita melihat tampilan Nano dengan Micro-car milik BMW, bagai pinang dibelah dua. Namun tentunya kendaraan milik BMW tetap tampil lebih baik dengan detail desain secara keseluruhan lebih mewah dan elegan. Pada tampilan depan, kidney grill yang menjadi ciri khas BMW tersemat pada bagian bonnet, sayangnya proporsi penempatan dan besaran bentuknya agak sedikit kurang proporsional.

Dalam keterangan yang dirilis Worldcarfans, President BMW India, Peter Kronschnalb menegaskan,"Produk micro-car ini memang memiliki tampilan yang sama dengan Nano, namun kendaraan produksi kami memiliki pangsa pasar tersendiri". Menurut rencana kendaraan mungil ini akan dijual seharga 2 juta Indian Rupee, atau sekitar US$ 49.000 (sekitar Rp. 450 juta lebih).

Sebagai informasi tambahan, pertumbuhan BMW di India telah mencapai 80 % dengan total penjualan sebanyak 1.400 unit. Selain itu BMW India juga berencana akan menambah kapasitas produksinya menjadi 3.000 unit, dengan nilai pertumbuhan sebesar 76 %. Penjualan terbesar di India masih didominasi oleh varian BMW seri 3 dan 5.
Read more >>

Mercedes-Benz Driving Experience 2008, Rasakan Keamanan Di Balik Kemudi Mercedes-Benz

Sistem keamanan pada sebuah kendaraan memang sangat penting. Di luar sistem yang diciptakan manusia tersebut, "Man behind the gun" jauh lebih penting. Cara mengemudi yang baik dan tahu bagaimana mengatasi kendaraan dalam keadaan darurat, dibutuhkan pemahaman terhadap mobil dan sistem keselamatan yang terdapat di dalamnya.

Minggu (13/4) lalu bertempat di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI) mengadakan sebuah acara bertajuk "Mercedes-Benz Driving Experience 2008". Program ini digelar mulai dari tanggal 10 hingga 17 April mendatang. PT. MBI mengundang kurang lebih 300 peserta dari beberapa kalangan antara lain pelanggan, rekan-rekan dan juga pecinta Mercedes-Benz.

Rudi Borgenheimer selaku Presiden Direktur PT. MBI menjelaskan, "Tujuan utama diadakannya even ini adalah, untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran yang lebih kepada pelanggan mengenai fitur-fitur keselamatan yang ada di dalam produk kami. Sekaligus membantu pengendara untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika pengendara sedang menghadapi situasi yang kritis saat berkendara menggunakan berbagai macam kendaraan Mercedes-Benz."

Pada kesempatan itu, beberapa rekan wartawan dari media cetak maupun elektronik termasuk BeritaATPM.com diberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai macam pelatihan khusus yang didampingi oleh tim instruktur berpengalaman seperti slalom, curve skid pad, lane change, track lane dan off-road dengan 24 unit kendaraan Mercedes-Benz.

Program ini sangat cocok bagi Anda yang berencana untuk membeli produk keluaran Mercedes-Benz. Jadi sebelum membelinya anda dapat merasakan kenyamanan dan keamanan di balik kemudi Mercedes-Benz. So, tunggu apa lagi?
Read more >>

Audi Q7 3.0 TDI Diesel, Sophisticated SUV

Isu mobil ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan. Kedua hal ini, membuat Audi yakin untuk memperkenalkan mobil diesel di pasar Indonesia. Rabu (19/3) lalu, PT. Garuda Mataram Motor selaku ATPM Audi di Indonesia kembali meluncurkan varian SUV premiumnya bernama Audi Q7, namun kali ini menggunakan mesin diesel.

Dalam sambutannya, Gunadi Sindhuwinata, President Director PT. Indomobil Sukses International Tbk. Mengatakan, "Kami melihat perkembangan ekonomi semakin baik, khususnya pasar otomotif nasional. Kami berharap Audi Q7 sebagai SUV level tertinggi, akan mendapatkan tempat yang baik di pasar otomotif nasional."

Jika dilihat secara kasat mata, desain eksterior maupun interior Audi Q7 diesel memang tidak jauh berbeda dengan versi bensinnya. Sedikit yang membedakan hanya pada velg, sound system dan fitur. Pada Audi Q7 diesel menggunakan velg berukuran 19 inci, Audi Sound System, tanpa menggunakan TV dan telepon dengan teknologi Bluetooth. Sedangkan pada Audi Q7 bermesin bensin menggunakan velg berukuran 20 inci, Bose Sound System, TV dan Audi Telephone.

Pada bagian atap, Q7 diesel dilengkapi dengan open sky system yang merupakan gabungan antara sunroof dan panoramic. Sementara, four-zone climate control memberikan kesejukan keseluruh penumpang baik di baris kedua maupun ketiga. Lainnya, terinstal Adaptive air suspension, yang memiliki 5 mode berbeda yang dapat dipilih melalui Multi Media Interface (MMI) dan selanjutnya secara otomatis akan mengatur karakteristik ataupun ketinggiannya. 5 mode tersebut antara lain Comfort, Automatic, Dynamic, "Off-road" mode dan "Lift" mode.

Berbicara mengenai dapur pacu, kali ini Audi Q7 dibekali dengan mesin 3.0 liter V6 TDI (Tubrocharged Direct Injection), plus Common Rail Fuel Injection sistem generasi ketiga dengan Piezo Injector. Yang menarik disini adalah Piezo Injector yang bertugas sebagai pengganti injektor dengan solenoid valve. Piezo valve mampu melakukan multiple injection untuk sekali pembakaran. Kuntungannya, mesin menjadi lebih responsif namun tetap mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Kendaraan yang didatangkan langsung dari Jerman ini memiliki tenaga maksimum sebesar 233 hp pada 4.000 rpm, dan torsi 500 Nm sudah dapat dicapai pada saat putaran mesin 1.750 rpm sampai 2.750 rpm. Penggunaan material vermicular graphite cast iron, membuat bobot mesin Q7 dapat berkurang hingga 15 %, sehingga bobot untuk mesin 3.0 TDI hanya 226 kg. Berkat pengaplikasian Diesel Catalysed Soot Filter, Q7 3.0 TDI sudah memenuhi standar emisi Euro IV. Mesin V6 diesel teringan saat ini dipadukan dengan transmisi tiptronik 6-percepatan, yang memberikan pilihan fully automatic drive style atau manual drive style melalui steering wheel pedal shift.

Audi Q7 3.0 TDI juga ditunjang oleh fitur-fitur keselamatan yang terbilang lengkap yaitu 2 airbags di depan dengan dual stage activation, 2 side airbags pada bagian kursi baris pertama, 2 side airbags pada bagian kursi kedua, 2 side airbags pada bagian kursi ketiga dan 2 curtain airbags yang memanjang dari depan hingga kebelakang. Tak ketinggalan, teraplikasi pula ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), ASR (Anti-Slip Regulation), EDL (Electronic Differential Lock), EBA (Engine Brake Assist), HBA (Hydraulic Brake Assist) dan Hill Decent Assist, Trailer Stabilisation Control plus RSP (Roll Stability Program).

Mengenai bahan bakar, pihak Audi menyarankan agar Audi Q7 3.0 TDI menggunakan bahan bakar solar yang memiliki Cetane Number 51 yang terdapat pada Pertadex, Shell Diesel dan Petronas Diesel. Selain itu, dalam keadaan darurat mobil ini juga bisa minum solar biasa yang dijual oleh Pertamina, namun Anda harus menambahkan zat additive seperti octane booster.

Audi Q7 3.0 TDI masuk ke pasar indonesia dengan harga Rp. 1.525 miliar (On the Road Jakarta), lebih murah sekitar Rp. 400 jutaan dibandingkan dengan versi bensinnya. Secara keseluruhan terdapat 8 warna eksterior yang ditawarkan, namun saat ini yang baru masuk ke Indonesia baru ada 6 warna yaitu putih, biru, emas, hijau metallic, hitam dan silver. Pihaknya menargetkan penjualan Q7 3.0 TDI per tahun sebanyak 24 unit. Mampukah Q7 bersaing dengan kompetitornya? Kita lihat saja score penjualan di akhir tahun ini.


Audi Q7 3.0 TDI Diesel


HargaRp 1.525 milyar
Dimensi (PxLxT)5.086mm x 1.983mm x 1.737mm


Mesin3.0 TDI Quattro
Kapasitas2.967cc
Tenaga Maksimum233hp @ 4.000 rpm
Torsi Maksimum500Nm @ 1.750 rpm - 2.750 rpm
0 – 100 km/jam9,1 detik
Kecepatan maksimum210 km/jam
Ukuran Ban265/50 R19

Read more >>

Jaguar XF, Kendaraan Terbaik Versi Majalah What Car?

Bagi sebuah perusahaan, penghargaan memang menjadi motivasi tersendiri untuk mereka bekerja lebih kreatif dan inovatif. Salah satu produk Jaguar bernama Jaguar XF belum lama ini meraih sebuah penghargaan "Car of the Year" dari sebuah ajang "2008 What Car? Awards" di London. Dalam kategori ini, BMW seri 5 dan Mercedes-Benz CLS harus mengakui keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Jaguar XF.

Steve Fowler, editor majalah What Car? di London mengatakan, "Bagi kami, XF merupakan produk terbaik yang dimiliki Jaguar dibandingkan dengan produk-produk sebelumnya. Dan semakin menyemarakkan persaingan di kelas sedan kelas atas. Sangat adil jika dikatakan bahwa XF merupakan kendaraan yang terbaik yang pernah dibuat oleh Jaguar."

"XF memang memiliki segalanya. Eksterior yang sensasional dan mengombinasikan interior dengan kesenangan sekaligus memanjakan pengendaranya dalam ukuran yang sama. Di atas itu semua, kendaraan ini mampu menarik perhatian agar kita membeli dan memilikinya," ujarnya lagi.

Mike O'Driscoll, Managing Director Jaguar menambahkan, "Kami sebagai pihak Jaguar merasa sangat senang dapat meraih tempat teratas dari penghargaan ini. Apalagi jika melihat majalah "What Car?" sudah menjadi ikon bagi pelanggan di Inggris."

Beliau menambahkan, "Melalui XF, Jaguar ingin melahirkan sebuah generasi terbaru yang sempat dimulai oleh Jaguar XK. Jaguar XF sebuah kendaraan empat pintu yang mampu mengakomodasi lima orang penumpang. Dibalik itu semua, mobil ini memiliki jantung dari sebuah kendaraan sport. Layaknya XK, XF juga memberikan visualisasi pengendaraan yang menggemparkan."

Selain penghargaan di atas, XF juga pernah meraih beberapa penghargaan seperti "Car of the Year" dari harian The Sun, "Limo of the Year" dari majalah Top Gear, "Interior of the Year" dari majalah CAR dan "Design Award" dari majalah Autocar.

Mobil seharga �33,900 (sekitar Rp. 624 juta) ini, dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.7-liter. Perangkat standar XF dilengkapi dengan berbagai spesifikasi yang inovatif, termasuk all-new JaguarDrive Selector, JaguarSense, proximity-sensing control untuk bagian lampu konsol dan glovebox release. Sebagai perangkat opsional, Jaguar menyediakan sistem speaker keluaran Bowers & Wilkins berdaya 400 Watt yang mampu memberikan performa yang bertenaga.
Read more >>

Toyota All New Corolla Altis V A/T, Munculnya Era Kebangkitan Corolla

Sudah sewajarnya, liburan panjang akhir pekan lalu dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat-tempat hiburan di Jakarta. Tapi justru pada kesempatan itu tim kami mengisinya dengan menguji lineup terbaru Toyota, New Corolla Altis 1.8L V A/T berkelir Beige Metallic yang dibanderol dengan harga Rp. 309,5 juta on the road Jakarta.

Saat kunci kontak kami terima dari PT. Toyota Astra Motor (TAM), pertama yang kami lakukan adalah memupus bayang-bayang Camry dari generasi Corolla ke-10 ini. Pasalnya agar dalam pengujian nanti kami tidak mensejajarkannya dengan sedan yang memiliki tingkat lebih tinggi dari Altis. Lalu apakah benar kehadiran New Altis dengan berbagai fitur-fitur terkini menjadikannya satu level dengan sedan premium?

Sepintas aura kemewahan plus keunggulan detail-detail yang revolusioner, langsung terasa saat melihat sisi eksteriornya. Dan memang, aura New Camry beberapa kali muncul kala mencermatinya. Mengakomodir filosofi global design Vibrant Clarity, tampilan New Altis seolah mewakili sosoknya yang dinamis dan sporti. Bodi yang padat dengan lekukan garis berkarakter, mempertegas kesan orisinalitas dari sebuah sedan menengah. Secara keseluruhan dari detail desain ini All New Altis memiliki nilai cofficient of drag yang cukup baik dengan 0,295, dan angka ini sedikit lebih baik dari generasi pendahulunya.

Saat kami mengatur posisi duduk yang paling pas, sambil lalu BeritaATPM.com coba menyapu seluruh isi ruang kabin. Kesan stylish, dan elegan yang bertaburkan kemewahan plus mudah dalam pengoperasian panel-panelnya, memberikan sugesti bagi bahwa New Altis nyaman saat dikendarai. Sayangnya pengaturan kursi secara elektrik hanya terdapat pada jok driver. Meski begitu Toyota mengklaim sistem ini merupakan yang pertama di kelasnya. Tak ketinggalan untuk keselamatan pasif terinstal 5 sabuk pengaman dan juga dual SRS airbag untuk penumpang depan.

Setelah sabuk pengaman terpasang dan posisi spion diatur sesuai jarak pandangnya, mesin langsung kami hidupkan. Performa mesin 1ZZ-FE 4 silinder DOHC 16 valve VVTi berkapasitas 1.8 liter sedikit menyapa ruang kabin. Namun masih dalam batas wajar, terlebih setelah terdengar alunan musik dari audio system yang terdengar syahdu. Selepas dari kantor TAM, mobil segera diarahkan ke jalan bebas hambatan menuju Pondok Indah untuk menjajal akselerasinya.

Ternyata handling dan stabilitasnya saat berpindah jalur dan menyalip mobil di depan cukup baik pada kecepatan 80 - 100 km/jam. Meski begitu kami sedikit mengkoreksi sisi limbungnya, ketika dicermati besar kemungkinan muncul dari sistem suspensinya yang berkarakter medium soft.

Saat BeritaATPM.com mencoba performa, tampaknya akselerasi yang dihasilkan All New Altis tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Menurut data spesifikasi yang kami dapatkan, tipe mesin memang tidak ada perubahan namun keluaran tenaga sedikit lebih kecil. Dan tercatat untuk berakselerasi 0 hingga 100 km/jam, New Altis membutuhkan waktu 10,9 detik. Selain itu, saat memacu kecepatan maksimal, CBU Thailand ini dapat menyentuh 190 km/jam. Sebenarnya masih ada sedikit tenaga yang harusnya dapat dimaksimalkan, hanya mengingat kondisi jalan saat itu kami urung melakukannya. Keselamatan tentunya menjadi hal yang utama. Acungan jempol juga layak dilayangkan untuk grip ban Dunlop yang melekat mantap dengan aspal.

Kinerja pengereman juga tergolong bekerja dengan sempurna. Dengan dukungan ABS, EBD dan BA posisi dan kecepatan kendaraan dapat dikontrol dengan mudah baik saat jalan kering maupun basah.

Puas memacu performa, BeritaATPM.com keluar dari jalan tol dan selanjutnya melakukan pengujian di jalan-jalan umum. Di sini karakter suspensi medium soft sangat berguna dalam meredam guncangan, terlebih melewati jalan ibukota yang belakangan rusak. Selain itu, teraplikasinya sensor lima titik pada bagian depan dan belakangnya cukup memberikan kami jarak aman dengan kendaraan lain dan juga ketika melakukan parkir. Walau hal tersebut mengharuskan kami sedikit berdamai dengan bunyi yang terkadang sering terdengar.

Di akhir pengujian, BeritaATPM.com menyimpulkan, All New Altis layak dijadikan salah satu Best Buy di kelas mid sedan. Hal ini didasari dari basic produk dan kelengkapan fitur yang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Belum lagi resale value dan after sales service yang tentunya tak perlu diragukan lagi dari Toyota. Namun akhir kata, pilihan kembali berada di tangan Anda



Toyota All New Corolla Altis V A/T


Harga (OTR) Jakarta
Rp. 309,5 juta
Dimensi (P x L x T)
4.540 x 1.760 x 1.465 mm
Wheelbase
2.600 mm
Radius Putar
5,3 m
Tipe Mesin
1ZZ-FE 4 silinder sejajar, 16-katup DOHC, VVT-i
Kapasitas
1.794 cc
Tenaga Maks.
141 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maks.
188 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi Manual
Otomatis 4-percepatan
Kapasitas tangki
55 liter
Suspensi Depan
Mac Pherson Strut with coil spring & stabilizer
Suspensi Belakang
Torsion Beam with coil spring & stabilizer
Rem Depan
Cakram Berventilasi ABS+EBD
Rem Belakang
Cakram V A/T
Ukuran Ban
205 / 55 R16

Read more >>

Penjualan Toyota di Segmen Sedan Meningkat Drastis

Sepanjang kuartal pertama 2008, posisi penjualan produk Toyota semakin kokoh di urutan teratas pada pasar otomotif nasional. Selama periode bulan Januari - Maret 2008, Toyota membukukan angka penjualan sebanyak 45.096 unit. Dari jumlah ini, sumbangan terbesar didominasi dari kendaraan di segmen 4x2 non-komersil yang mencatatkan angka penjualan sebesar 37.306 unit dengan penguasaan pangsa pasar 43,1 persen.

Untuk kendaraan segmen ini, angka penjualan tertinggi tetap dipegang oleh Avanza dengan total 16.158 unit, serta Kijang Innova sebanyak 14.033 unit. Tak hanya dari segmen kendaraan 4x2, segmen sedan secara signifikan mengalami peningkatan hingga 308 persen yakni sebesar 3.548 unit dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan jumlah tersebut masih lebih besar dari perolehan pasar segmen sedan secara nasional, yaitu tercatat hanya 177 persen.

Tampilnya dua varian terbaru Toyota yakni New Altis dan Yaris J Grade berhasil mencatatkan hasil positif sejak keduanya hadir di hadapan masyarakat Indonesia. Bahkan di bulan Maret, kontribusi penjualan yang diberikan oleh keduanya adalah 143 persen untuk New Altis dan 52,6 persen dari Yaris.

Sementara untuk total penjualan nasional sepanjang Q1 2008 adalah 135.607 unit, atau meningkat 160,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dilihat dari komposisi tiga besar penjualan pasar otomotif nasional, Toyota tetap diposisi puncak yang disusul oleh Mitsubishi dengan 19.878 unit dan Suzuki 18.706 unit.

"Meskipun masih tetap ada tantangan dalam menghadapi dampak dari kondisi perekonomian global yang kurang pasti, kami berharap pasar otomotif nasional akan tetap stabil, didukung dengan aneka product movement yang akan hadir tahun ini," komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. Selain itu Johnny juga memastikan keikutsertaannya di pameran otomotif nasional, Indonesian International Motor Show (IIMS) pada bulan Juli mendatang. "Kendati seperti tahun-tahun sebelumnya keiikutsertaan Toyota adalah tanpa target penjualan. Melalui even seperti IIMS tersebut kami yakin dapat menyumbangkan gairah baru dalam pasar dan industri otomotif nasional maupun regional," tutup Johnny
Read more >>

Stoner Ancam Pedrosa

Dani Pedrosa (Repsol Honda) benar-benar menjadi local hero di Motor Grand Prix di Sirkuit Jerez, Spanyol, tahun ini. Sejak kualifikasi Sabtu, Pedrosa dielu-elukan publiknya.
Sebelumnya, adalah Lorenzo yang paling memberi harapan karena sejak sesi latihan bebas sudah memimpin.
Namun, cerita jadi lain saat balapan berlangsung. Pedrosa tampil gemilang sejak start hingga menyudahi total 26 lap dengan finis di posisi pertama, dengan catatan waktu 45 menit 35,121 detik.
Podium gemilang itu membuat juara dunia kelas 250 cc 2005 ini langsung disambut hangat seluruh warga Spanyol dan beberapa petinggi wilayah Jerez.

“Saya tak menyangka bisa juara. Ini berkah buat saya, tim, dan warga Spanyol. Terima kasih Tuhan,”ucap Pedrosa sambil menenggak sampanye saat perayaan kemenangan itu. Sayangnya, pembalap Spanyol lain, Toni Elias yang juga berharap berkah di hari jadi ke-25, justru harus gigit jari lantaran finis di posisi 15. Elias yang memacu Ducati ini lebih banyak membuat kesalahan sendiri sehingga sulit memperbaiki posisi.
Akan tetapi, dua Spanyol di podium –Pedrosa dan Lorenzo-- cukup jadi kebanggaan bagi warga Spanyol, termasuk beberapa petinggi di Spanyol yang juga hadir di Sirkuit untuk menyaksikan pentas balap bergengsi ini.

Podium Ke-100
Sementara pembalap Fiat Yamaha lain, Valentino Rossi yang finis kedua dengan hanya terpaut 2,883 detik tetap merayakan podium keduanya itu bak juara. Pasalnya, podium Jerez merupakan podium ke-100 bagi Rossi sepanjang menjalani kariernya di pentas MotoGP.
“Ini hari bersejarah bagi saya. Pemain sepakbola sering merayakan pentas ke-100 atau 200 dalam karier mereka. Saya pun ingin seperti itu. Ini adalah cara terbaik bagaimana kita menghargai diri kita sendiri dan karier kita,” kata Rossi.
Sejumlah rekan, kerabat dan orangtuanya pun datang langsung dari Italia untuk bersama-sama merayakan podium ke-100 itu. Usai balapan, Rossi dan nyaris seluruh kru Yamaha dan Fiat buru-buru menggelar pesta perayaan balapan ke-100 itu dengan jamuan makan malam bersama di hotel tempatnya menginap di Jerez.
Sementara juara dunia 2007 Casey Stoner (Ducati Marlboro) benar-benar apes di balapan kali ini. Stoner yang memacu Ducati Desmosedici hanya bisa terpaku dengan pencapaiannya yang finis di urutan ke-11.
Stoner pun menyiapkan dendam khusus bagi Dani dan berharap bisa membalasnya di GP Motor Portugal, dua pekan mendatang. Meski begitu, Stoner tetap harus bekerja ekstra hati-hati jika tak ingin terganjal lagi
Read more >>

Stoner terburuk di Jerez

Menyelesaikan balapan di posisi 11 menjadi hasil terburuk Casey Stoner sejak berlaga di Moto GP. Si pembalap menyebutnya sebagai bencana, tapi petinggi Ducati mengaku justru tak kaget.

Setelah tampil memuaskan di Qatar dengan menduduki podium teratas, Stoner menjalani seri kedua Moto GP dengan hasil sangat mengecewakan. Memulai balapan di posisi tujuh, pembalap muda Australia itu tak mampu bersaing dengan Dani Pedrosa, Valentino Rossi serta Jorge Lorenzo yang akhirnya menjadi penghuni podium.

“Kami sudah tahu itu (akan tidak memuaskan). Itu adalah sirkuit tersulit buat kami tahun lalu. Dan posisi lima musim lalu adalah hasil terburuk kami di samping Motegi dan Sachsenring, di mana kami mendapat masalah di sana,” ungkap bos Ducati, Livio Suppo, di Autosport.

Jerez sudah menjadi momok buat Stoner sejak musim lalu. Sirkuit sepanjang 4,428 km tersebut menjadi salah satu dari empat lintasan di mana Stoner tak mampu naik podium. Kalau saat itu dia duduk di posisi lima, kali ini posisinya melorot drastis ke urutan 11.

Hasil ini membuat Stoner kehilangan pucuk pimpinan yang kini menjadi milik Pedrosa. Dia sendiri untuk sementara tertahan di posisi empat dengan selisih 11 poin dari si pembalap Spanyol.

“Stoner menunjukkan kalau dia juga manusia. Hingga sekarang Stoner sudah melakukan hal yang luar biasa, meski hari ini juga membuat kesalahan. Sangat disayangkan, karena meskipun ada masalah, jika tidak bersentuhan dengan Nakano mungkin dia akan berada di posisi lima,” lanjut Suppo.

Dengan baru dua seri terlewati, kegagalan di Jerez jelas bukan kiamat buat tim asal Italia itu. Setiap tim disebut Suppo punya masalah sendiri di sirkuit yang berbeda, dan keunggulan tenaga mesin Desmosedici GP8 diyakininya masih akan mendatangkan banyak keunggulan.

Read more >>

AstraWorld Gelar Pameran Otomotif di Bandung

Untuk mengulang kesuksesan pameran otomotif yang diadakan AstraWorld di berbagai kota-kota besar di Indonesia pada tahun lalu, kini even serupa kembali dilaksanakan. Pada pameran bertemakan "AstraWorld Automotive Expo (AAE) 2008" yang akan berlangsung di kota Bandung, atau tepatnya Bandung Supermal, 18 - 20 April 2008, AstraWorld akan menghadirkan beragam produk terbaru ke hadapan publik Bandung.

Seperti Innova, Vios, Camry keluaran Toyota, atau Terios, Sirion dari Daihatsu, serta Panther jebolan dari Isuzu dan sepeda motor Honda. Selain itu para pengunjung bisa memanfaatkan kesempatan untuk melakukan test drive New Altis, Fortuner, New Vios, Terios dan Sirion. Untuk pembelian dengan kredit, tersedia beragam paket kredit dengan bunga menarik dari ACC, TAF dan FIF. Sedangkan bagi pengunjung yang membeli mobil secara tunai, Garda Oto memberi gratis asuransi all risk selama 14 hari kerja sejak serah terima. Mobil88 pun memberi kemudahan bagi pengunjung yang akan melakukan trade in (tukar tambah) dengan harga Rp. 1 juta di atas harga pasaran.

"Inilah wujud dari motto AstraWorld "my driving partner". AstraWorld bersama Grup Astra menghadirkan pameran otomotif terlengkap yang diupayakan bisa menjawab kebutuhan berkendara dari ujung ke ujung. Mulai dari merencanakan pembelian mobil, mengendarai dan merawatnya sampai dengan menjual mobil kembali," kata Hendry Yoga, Chief Executive Officer AstraWorld dalam rilisnya.

Acara yang dikemas dengan konsep "End to End Automotive Expo" juga menampilkan produk-produk pendukung otomotif lainnya seperti Shop & Drive dan Astra Otopart. Keistimewaan lainnya adalah untuk setiap pembelian mobil Isuzu berhak mendapatkan hadiah langsung berupa TV 21 inch. Sedangkan bagi pengunjung yang membeli sepeda motor Honda melalui FIF, terbuka peluang memboyong DVD, TV maupun handphone melalui lucky draw.

Yang tidak kalah menarik pada pameran kali ini adalah tersedianya kegiatan uji emisi dan oli gratis untuk 60 kendaraan pertama di setiap harinya. Dengan kegiatan ini, AstraWorld sekaligus berharap anggota AstraWorld dapat berperan sebagai duta untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan cara menjaga emisi kendaraan bermotor. Selain itu, pengunjung dapat melakukan konsultasi seputar permasalahan dengan kendaraannya.

Sebagai hiburan, beragam musik-musik pilihan dari The Most, Inikustik, Sir Rooney, Malika, No More dan lainnya akan menemani para pengunjung selama pameran. Di dukung pula dengan street dancer dan fun games seperti putting golf, children basket ball dan quiz. Juga ada announcer singing contest, children fashion show competition untuk anak usia 7 - 12 tahun, serta lomba mewarnai untuk anak berumur 4 - 6 tahun dengan tema "Go Green with Astra". Lomba untuk anak-anak ini gratis bagi anggota AstraWorld, dan bagi non anggota cukup membayar Rp. 25.000.

Pendaftaran lomba Fashion Show, Lomba mewarnai, dan Announcer Singing Contest pada acara AAE 2008 ini, dapat dilakukan dengan menghubungi CALL AstraWorld 89 898 (ponsel) atau 500-898 (fixed line). Atau bisa juga datang langsung ke lokasi pameran pada 18 April 2008 mendatang.
Read more >>

Jadwal F1 2008

16 Maret : Australia (Melbourne)
23 Maret : Malaysia (Sepang)
6 April : Bahrain (Sakhir)
27 April : Spanyol (Barcelona)
11 May : Turki (Istanbul)
25 May : Monaco
8 June : Kanada (Montreal)
22 June : Prancis (Magny-Cours)
6 Juli : Inggris (Silverstone)
20 Juli : Jerman (Hockenheim)
3 Agustus : Hongaria (Hungaroring)
24 Agustus : Europe (Valencia, Spain)
7 September : Belgia (Spa-Francorchamps)
14 September : Italia (Monza)
28 September : Singapura (evening)
12 Oktober : Jepang (Mont-Fuji)
19 Oktober : Cina (Shanghai)
2 November : Brasil (Sao Paulo)
Read more >>

Jadwal MotoGP 2008

- 09-03-2008 - Qatar -Losail
- 30-03-2008 - Jerez -Jerez
- 13-04-2008 - Portugal -Estoril
- 04-05-2008 - Cina -Shanghai
- 18-05-2008 - Prancis -Le Mans
- 01-06-2008 - Italia -Mugello
- 08-06-2008 - Catalunya -Montmello
- 22-06-2008 - Inggris -Donington Park
- 28-06-2008 - Belanda -ssen
- 13-07-2008 - Jerman -Sachsenring
- 20-07-2008 - AS -Laguna Seca
- 17-08-2008 - Republik -Ceko Brno
- 31-08-2008 - San Marino -Misano
- 14-09-2008 - AS -Indianapolis
- 28-09-2008 - Jepang -Motegi
- 05-10-2008 - Australia -Phillip Island
- 19-10-2008 - Malaysia -Sepang
- 26-10-2008 - Valencia -alencia
Read more >>

F1 di GP Bahrain 2008

Felipe Massa akhirnya memenangi seri ketiga F1 di GP Bahrain. Pembalap milik tim Ferrari itu mendominasi jalannya race dari awal hingga akhir.

Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Sakhir, Minggu (6/4/2008), Massa yang terlihat cepat sejak free practice I dan II, langsung memimpin di awal-awal lomba. Memulai balapan dari posisi dua, pembalap asal Brasil itu langsung memimpin selepas tikungan pertama.

Bagi Massa ini seperti ulangan sukses musim lalu setelah tahun lalu ia juga menjadi juara di sirkuit yang sama. Sementara rekan setimnya, Kimi Raikkonen, finis tepat di belakangnya. Hasil ini membuat Ferrari meraih poin 18 setelah menempatkan pembalapnya di posisi 1-2.

Adapun pesaing utama Ferrari, McLaren gagal menempatkan pembalapnya di podium. Jika Heikki Kovalainen hanya menempati posisi lima, lewis Hamilton malah lebih parah karena tercecer di posisi 13.

Khusus bagi Hamilton, balapan kali ini memang tidak berjalan baik baginya. Setelah melorot ke posisi 10 selepas start, ia pun bersenggolan dengan Fernando Alonso di lap pertama yang membuatnya harus masuk pit lebih awal. Setelah insiden tersebut posisinya pun tak pernah beranjak dari peringkat belasan.
Hasil GP Bahrain
1. Massa Ferrari (B) 1h31:06.970
2. Raikkonen Ferrari (B) +3.339
3. Kubica BMW Sauber (B) +4.998
4. Heidfeld BMW Sauber (B) +8.409
5. Kovalainen McLaren-Mercedes (B) +26.789
6. Trulli Toyota (B) + 41.314
7. Webber Red Bull-Renault (B) +45.473
8. Rosberg Williams-Toyota (B) +55.889
9. Glock Toyota (B) +1:09.500
10. Alonso Renault (B) +1:17.181
Read more >>

Honda Launching City Sport One

PT Astra Honda Motor (AHM) Indonesia, distributor Honda terbesar di Indonesia kembali meluncurkan produk terbaru Honda City Sport One (CS 1). Secara nasional, motor pertama buatan Honda yang menggunakan suspensi monoshock ini diluncurkan di Surabaya, hari ini (6/4). Jika anda tak berkesempatan hadir, peluncuran ini bisa anda saksikan melalui siaran Trans TV sekitar pukul 20.00-21.00 WIB. Seiring dengan peluncuran Honda CS 1 dengan ikon “The Top City Ride” comfort (kenyamanan), speed (kecepatan), action (penampilan) ini maka pelanggan sepeda motor Honda di Indonesia, kini sudah bisa mendapatkan Honda keluaran terbaru tersebut.

Khusus untuk Sumbar, Honda CS 1 ini telah hadir di main dealer sepeda motor Honda terkemuka di Sumbar CV Hayati, Jalan Pemuda No 35 Padang. Pelanggan sepeda motor Honda yang ingin memiliki Honda CS 1 sudah bisa mendaftar di seluruh jaringan CV Hayati yang ada di kabupaten kota di Sumbar. “Honda CS 1, sepeda motor impian para city riders yang memiliki berbagai keunggulan. Kendaraan bermotor keluaran terbaru tersebut kini sudah hadir di CV Hayati dan dapat dipesan melalui jaringan CV Hayati yang ada di kabupaten kota di Sumbar dengan harga relatif terjangkau,” kata Direktur CV Hayati H Jefri Ali didampingi Marketing Officer Alex Iskandar Dinata, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Jefri menuturkan motor Honda CS 1 ini tampil dengan gaya sporty dengan desain futuristik serta aerodinamik untuk melengkapi ketangguhannya. Inilah kekuatan mesin Honda CS 1 berkompresi tinggi yang dilengkapi kecanggihan teknologi digital. ”Untuk itu, rasakan kehebatan luar biasa saat kenyamanan kendali dalam genggam pengendara. Saatnya tunjukkan performa maksimum,” tutur Jefri seraya menyebutkan empat tipe warna Honda CS 1 yaitu, cosmic black, lightning silver, hornet gold dan burning red. Dalam hal action (penampilan), jelas Jefri, desain Honda CS 1 ini tampil sporty dan futuristik serta aerodinamis. Garis body yang tegas membuat semua mata menaruh perhatian pada Honda CS 1. “Oleh karena itu, penampilan pengendara sempurna saat unjuk gigi dengan kesempurnaan desain dari Honda CS 1,” sebut Jefri.

Jefri menuturkan untuk comfort (kenyamanan), dengan Honda CS 1 segalanya menjadi mungkin. Honda ini memiliki kelebihan yang tak dimiliki kendaraan bermotor lain. Mampu melesat kencang tanpa melupakan kenyamanannya saat dikendarai. “Apapun keadaan jalannya, bagaimana pun manuvernya, pengendara akan tetap nyaman mengendarai Honda CS 1,” terang Jefri. Dalam hal kecepatan (speed), sebut Jefri, Honda CS 1 siap menggetarkan nyalimu dengan berbagai inovasi teknologi baru. Mesin dengan gerak yang tegak vertikal mengikuti gravitasi dan ditambah lima kecepatan membuat kerja mesin semakin kencang dan berkualitas. ”Performa Honda CS 1 semakin sempurna dengan SOHC 125 CC liquid cooled engine yang mampu menunjang mesin agar suhu lebih stabil. Sehingga, mesin tidak cepat panas,” ucapnya.

Jefri juga menyebutkan keunggulan perangkat Honda CS 1, pertama tampil futuristik dengan kecanggihan panel instrumen digital yang terlihat modern, informatif dan mudah dipantau. Kedua, pengendara akan mendapatkan pengalaman mengendarai motor sport dengan fitur monoshock performa tinggi. Ketiga, Honda CS 1 dilengkapi dua bulb dan multi reflektor, lampu sein, dan lampu senja menyatu dengan elegan dan futuristik.

Keempat, sebut Jefri, stang kemudi bergaya sport dirancang menekuk ke belakang menjadikan posisi pengendara yang nyaman dan mudah dikendalikan. Kelima, Honda ini memiliki console box serbaguna yang terdapat di depan membuatnya mudah dijangkau dan dilengkapi juga dengan tutup dan kunci sehingga dijamin terjaga. Keenam, tampil lebih gaya dan sporty dengan sistem cakram depan dan belakang yang mampu memaksimalkan pengereman. ”Ketujuh, desain lancip memberikan kesan futuristik dan agresif dilengkapi multi reflektor, clear lens dan red lens pada stop lamp,” tukasnya.

Read more >>

4otomotif modifikasi